Thursday, October 28, 2021

Tahapan Product Market Fit Pyramid Dalam Bisnis Start Up, Bagaimana Penjelasannya?

Tahapan Product Market Fit Pyramid
Edited by Farida Asadi
Beberapa hari yang lalu, saya menonton drama Korea yang berjudul Start Up. Drama Korea Start Up merupakan drama Korea populer di tahun 2020 karena drama Korea Start Up erat kaitannya dengan bisnis start up yang didirikan oleh para generasi muda karena drama Korea Start Up ini banyak membahas seputar bisnis start up. Melalui drama Korea Start Up ini saya banyak belajar tentang bisnis start up dan akhirnya saya mencari informasi seputar bisnis start up yaitu informasi tentang tahapan product market fit pyramid dalam bisnis start up melalui alamat website https://startupstudio.id, lalu apakah kalian sudah tahu apa itu tahapan product market fit pyramid dalam bisnis start up?

Menurut informasi yang saya dapatkan dari alamat website https://startupstudio.id, tahapan product market fit pyramid dalam bisnis start up adalah tahapan penting dimana founder bisnis start up menentukan arah dan tujuan dari bisnis start up tersebut. Dan berikut ini adalah hal-hal penting dari tahapan product market fit pyramid dalam bisnis start up yaitu,

1. Menentukan Target Customer

Sebelum memulai bisnis start up alangkah baiknya menentukan target customer terlebih dahulu. Dengan menentukan target customer maka akan lebih mudah dalam hal mendapatkan keuntungan dan peluang meraih kesuksesan.

Menentukan target customer misalnya jika kita memulai bisnis start up aplikasi jual sayuran maka target customer kita adalah para ibu-ibu rumah tangga. Dengan menentukan target customer maka kita akan lebih tepat dalam melakukan promosi agar mendapatkan customer yang sesuai dengan bisnis start up yang sudah kita mulai.

2. Mengetahui Underserved Needs

Setelah menentukan target customer, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui underserved needs. Lalu, apa itu underserved needs? Underserved needs artinya adalah kebutuhan yang tidak terlayani. Maksudnya adalah saat kita memulai bisnis start up maka bisnis kita harus mempunyai tujuan dan menjadi solusi bagi yang membutuhkan produk dan layanan dari bisnis start up yang kita mulai tersebut.

Contohnya begini, jika bisnis start up yang akan kita mulai adalah aplikasi beli sayur secara online maka tujuan dan solusinya adalah kita menjual sayur yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan customer.

3. Value Proposition

Arti dari kalimat value proposition yaitu proposisi nilai. Maksudnya adalah bisnis start up yang kita mulai menawarkan produk dan layanan yang berbeda dari bisnis yang sudah ada. Misalnya saja bisnis start up yang kita mulai adalah aplikasi beli sayur secara online maka kita harus menawarkan produk dan layanan yang berbeda dari bisnis yang sudah ada. Contohnya adalah kita menawarkan layanan gratis ongkos kirim tanpa minimal belanja dan gratis satu produk dengan minimal belanja Rp.10.000.

4. Feature Set

Feature set artinya kumpulan fitur. Maksudnya adalah membuat fitur-fitur dan layanan dari bisnis start up yang kita mulai. Tapi mohon diingat untuk membuat fitur dan layanan yang dibutuhkan oleh target customer dari bisnis start up yang kita mulai ya!

5. UX 

Menurut pendapat saya, UX (User Experience) ini sama dengan uji coba dengan pengguna. Jadi kita uji coba terlebih dahulu bisnis start up yang kita mulai. Awal-awal bisnis start up sebaiknya sederhana saja dan jangan terlalu berlebihan!

Itulah informasi tentang tahapan product market fit pyramid dalam bisnis start up yang saya dapatkan dari alamat website https://startupstudio.id, bisnis start up yang merupakan bisnis rintisan ini mengingatkan saya dengan aplikasi tumbasin yang merupakan bisnis start up. Lalu, apakah kalian sudah mengenal aplikasi tumbasin?
Tahapan Product Market Fit Pyramid
Pic from IG tumbasin
Aplikasi tumbasin merupakan aplikasi belanja online pasar tradisional yang bisa didownload di Google Play dan Apps Store. Aplikasi ini bisa membuat kita di rumah saja tapi tetap bisa belanja kebutuhan sayur dan dapur yang biasa dibeli di pasar tradisional. Banyak juga pilihan pasar tradisional yang bisa kita pilih saat berbelanja di aplikasi tumbasin. Untuk info lebih banyak tentang aplikasi tumbasin maka bisa berkunjung ke alamat website tumbasin.id dan mengikuti @tumbasin.id Instagram.

0 comments:

Post a Comment

 

Farida Asadi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template