Sunday, September 05, 2021

Inilah Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi
Pic by Farida Asadi
Mengatur keuangan itu susah-susah gampang menurut saya. Dan banyak susahnya menurut saya. Tapi saya selalu semangat untuk mengatur keuangan agar masalah keuangan pribadi saya bisa lebih baik dari sebelumnya. Di postingan kal ini saya ingin membahas seputar Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi sebagai langkah awal yang saya lakukan untuk mengatur keuangan pribadi agar lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sejak saya masih sekolah dasar maka saya sudah dibiasakan untuk menabung setiap hari. Saat masih sekolah dasar maka saya menabung sebanyak Rp.1.000./hari dan saat saya masih di sekolah menengah kejuruan maka saya menabung sebanyak Rp.5.000./hari. Manfaat dari menabung setiap hari di sekolah maka saat saya butuh uang untuk membayar biaya kenaikan kelas atau untuk melunasi buku sekolah dan administrasi sekolah lainnya. Waktu itu saya jadi belajar untuk menyisihkan uang saku agar saya bisa menabung yang tentunya tabungan tersebut bermanfaat bagi saya.

Lalu, apa saja yang saya lakukan dalam rangka belajar cara mudah mengatur keuangan pribadi? Dan berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan dalam rangka saya belajar cara mudah mengatur keuangan pribadi yaitu,

1. Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran

Mencatat pendapatan dan pengeluaran itu sangat penting karena dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran maka kita bisa tahu uang yang masuk dan uang keluar sehingga kita bisa mengatur dan mengontrol keuangan pribadi dengan lebih baik. Misalnya saja kita mencatat gajian bulanan atau mingguan atau harian sebagai pendapatan. Dan kita mencatat belanja bulanan dan keperluan membeli yang lainnya sebagai pengeluaran. Tujuan dari mencatat pendapatan dan pengeluaran adalah agar pengeluaran lebih kecil dari pendapatan.

2. Berbelanja Saat Butuh

Apakah kalian pernah mengalami tergiur belanja sesuatu karena sedang ada diskon walaupun produk tersebut bukanlah produk yang kalian butuhkan? Saya pernah mengalami hal tersebut dan membuat saya kecewa pada akhirnya. Jadi saat ini saya lebih memilih berbelanja saat butuh dan saya akan senang apabila berbelanja saat saya butuh tersebut sedang ada diskon 50%.

3. Pisahkan Dana Bisnis dan Dana Pribadi

Jika kalian memiliki usaha di bidang tertentu maka pisahkan dana bisnis dan dana pribadi karena jika dana bisnis dan dana pribadi masih menjadi satu maka sulit untuk menghitung keuntungan dari bisnis tersebut. Dengan memisahkan dana bisnis dan dana pribadi maka masalah keuangan dana bisnis akan lebih baik. Memisahkan dana bisnis dan dana pribadi adalah cara yang tepat agar masalah keuangan lebih tertata rapi.

4. Semangat Hidup Hemat dan Tidak Boros

Semangat hidup hemat adalah semangat yang harus dilakukan setiap saat. Hidup tidak boros juga bisa membuat masalah keuangan menjadi lebih baik. Hidup tidak boros ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi jajan atau makan di luar. Ada saat kita makan dan jajan di luar saat harganya sedang promo diskon sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika masalah keuangan ingin lebih baik maka kita bisa mencari penghasilan tambahan misalnya saja dengan berjualan produk skincare, berjualan produk kosmetik, berjualan produk kuliner, hingga berjualan pakaian.

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan seputar hal-hal yang saya lakukan dalam rangka belajar cara mudah mengatur keuangan pribadi. Lalu, bagaimana cara kalian dalam mengatur keuangan pribadi? Apakah cara mengatur keuangan pribadi yang kalian lakukan sama atau berbeda dengan cara saya dalam mengatur keuangan pribadi? Jadi yuk tetap semangat yuk belajar mengatur keuangan agar masa depan lebih baik!

3 comments:

  1. Setuju banget, mengatur keuangan memang penting banget untuk dilakukan.. Kalau gak diatur seperti ini bisa-bisa kita kaget tuh uang yang kita punya hilang kemana aja, dan gak sadar sudah banyak belanja.

    ReplyDelete
  2. Huwaaaa setuju banget, ngatur keuangan itu banyak susahnya daripada gampangnyašŸ˜… Dulu saya termasuk yg rajin catat pengeluaran pas kuliah, tapi sekarang udah jarang. Mungkin karena pengeluarannya makin nggak sebanding dengan pemasukan, padahal udah disetir segala sesuatunya. Dan mungkin juga salah satu alasannya karena masih tercampur dana bisnis sama pribadinya inišŸ¤” Kalau boleh tau, mbak dana pribadi atau tak terduga nya ini berarti disimpan di tabungan terpisah di bank kah? Kayak temen saya banyak yg seperti ini supaya menghindari boros.

    ReplyDelete
  3. betul sekali mba,, mengatur keuangan memang sangat penting, menabung untuk hal-hal yang darurat dan untuk jangka panjang.

    ReplyDelete

 

Farida Asadi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template