Saturday, August 14, 2021

Apa Itu Seni Rupa Terapan?

Seni Rupa Terapan
Pic by Farida Asadi
Sejak masa SD-SMK maka saya tidak begitu suka mata pelajaran matematika. Saya lebih suka mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain itu, saya juga suka mata pelajaran seni budaya walaupun saat mengerjakan tugas menggambar atau membuat suatu karya seni maka karya saya selalu saja biasa saja.

Saya tidak mahir menggambar tapi saya suka mewarnai gambar. Kalau harus memilih menggambar atau mewarnai maka saya lebih suka mewarnai. Karena bagi saya mewarnai itu bukan hanya menggoreskan warna saja akan tetapi warna tersebut bisa menjadikan semangat bagi yang mewarnai.

Sejak kelas 7 SMP, maka saya mulai semakin suka mata pelajaran seni budaya. Saat SMP itulah maka seringkali saya menggambar pemandangan, peringatan HUT RI, pasar, dan gambar-gambar yang lainnya. Pernah juga saat kelas 7 SMP maka membuat gitar ala-ala dari kayu dan senar yang dirakit sendiri. Tak hanya itu saja, saat kelas 7 SMP pun maka saya mendapatkan tugas untuk membuat bingkai foto dari kayu dan kardus.

Saat kelas 8 maka saya harus mengerjakan tugas membuat batik cap dan batik tulis yang kemudian batik tersebut digunakan menjadi taplak meja. Lalu, apakah kalian punya taplak meja dengan motif batik yang menarik?

Sedangkan saat kelas 9 SMP maka saya harus mengerjakan tugas membuat kerajinan tangan dari bahan yang ada di alam ini misalnya daun, biji-bijian, dan kayu. Dan pada akhirnya saya membuat tempat pensil dari batang pisang yang sudah dikeringkan.

Selain itu, saat ujian praktik sekolah SMP mata pelajaran seni budaya maka setiap siswa harus menggambar dan mewarnai di atas kanvas. Kanvasnya gratis dari pihak sekolah sedangkan cat air dan kuasnya maka para siswa beli secara mandiri atau beli sendiri.

Lain halnya saat saya mengikuti ujian praktik mata pelajaran seni budaya saat kelas 12 SMK. Waktu itu saya harus mengerjakan ujian praktik yaitu membuat sketsa wajah dengan kertas putih dan pensil saja. Dan hasilnya bukan sketsa wajah manusia yang saya gambar. Dan sepertinya saya mengambar wajah hantu karena terlihat seram.

Membahas seni budaya salah satu mata pelajaran favorit saya maka membuat saya teringat dengan beberapa hal seputar karya seni yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu, apa itu seni rupa terapan? Dan apa itu seni rupa murni?

Seni rupa murni merupakan seni rupa yang khusus untuk dilihat keindahannya saja seperti contohnya lukisan. Lalu, apakah kalian suka melukis? Jika kalian suka melukis lalu gambar apa nih yang biasanya kalian lukis?

Pengertian Karya Seni Rupa Terapan

Dalam ingatan saya, saat saya kelas 9 SMP waktu itu maka seni rupa terapan ada di mata pelajaran seni budaya semester satu dan Seni Rupa Terapan adalah seni rupa yang memiliki keindahan sekaligus memiliki kegunaan. Jadi selain bisa melihat keindahannya tersebut maka karya seni rupa terapan memiliki kegunaan dalam kegiatan sehari-hari.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Lalu, apa nih contoh seni rupa terapan? Ada banyak sekali seni rupa terapan yang ada di sekitar kita. Contohnya keranjang buah dari bambu dan rotan, tempat nasi yang terbuat dari bambu, taplak meja motif batik, kursi dari rotan, piring dari kayu, topi dari rotan, tas dari rotan, dan masih banyak lagi contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar kita.
Seni Rupa Terapan
Pic by Farida Asadi
Kenapa keranjang buah yang terbuat dari bambu dan rotan termasuk seni rupa terapan? Karena selain bisa dilihat segi keindahannya maka keranjang buah yang terbuat dari bambu dan rotan memiliki fungsi untuk meletakkan buah agar buah lebih tertata rapi. Keranjang buah yang terbuat dari bambu dan rotan biasanya sering digunakan dalam acara lamaran yang membawa parsel buah dengan bentuk keranjang buah yang menarik.

Belajar Membuat Karya Seni Rupa Terapan

Ingin mencintai lingkungan dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai lagi? Caranya adalah siapkan terlebih dahulu kardus wadah tisu yang sudah tidak terpakai, lem kayu, dan daun yang sudah kering. Daun yang digunakan misalnya daun jambu, daun nangka, atau daun jati.

Pertama maka bersihkan dahulu kardus tisu tersebut, oleskan lem pada semua bagian kardus dan kemudian tempelkan daun kering di atas lem. Tunggu sampai kering dan jika sudah kering maka wadah tisu dengan motif daun kering sudah bisa digunakan. 

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan seputar seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu, apakah kalian pernah membuat karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan? Dan apa nih karya seni favorit kalian?

22 comments:

  1. bikin keranjang buah gitu ga mudah loh mba, aku pernah coba soalnya, yang ada kesal sendiri hahaaa

    ReplyDelete
  2. Aku selalu salut dengan orang-orang yang kreatif dan bisa membuat kerajinan kaya gitu, Mbak. Soalnya aku paham banget itu nggak mudah dan butuh ketelatenan.

    ReplyDelete
  3. Memanfaatkan potensi yg ada dan menghasilkan nilai ekonomi, aku akan katanya bahwa orang hebat itu yg melihat potensi adalah peluang.termasuk kreatif dlm membuat kerajinan.

    ReplyDelete
  4. Aku waktu SPM juga menyukai pelajaran prakarya. Dulu sempat membuat tas sekolah dari bahan batang rumput pimping kering.
    Seni rupa terapan ini membuat kita jadi kreatif memaksimalkan yang ada di sekitar jadi beda bermanfaat ya.

    ReplyDelete
  5. Saya juga nggak suka pelajaran matematika mbak, lebih suka bahasa dan ketrampilan atau bisa juga disebut Seni Terapan ya.

    Saya memang nggak bisa menggambar dan melukis tapi saya senang menikmati lukisan. Jaman sekolah dulu paling senang kalau disuruh bikin anyaman dari kertas warna, bikin dompet dari kain perca gituu

    ReplyDelete
  6. Aku nyerah mba Farida kalau suruh bikin keranjang model itu, aku nggak kreatif sih hiks
    tapi selalu bangga sama mereka yang bisa bikin hasil karya yang tak ternilai harganya.

    ReplyDelete
  7. Ohh, jadi ini ya konsep seni rupa terapan, bentuk karya seni rupa yang juga ada fungsinya, selama ini taunya seni rupa baru sebatas lukisan, pahat patung aja

    ReplyDelete
  8. Mbaaa, dirimu super duper kreatif bangeeettt!
    Duh, aku juga mupeng bisa piawai di seni rupa terapan gini.
    Keren keren!

    ReplyDelete
  9. kalau dulu pelajaran di sekolah dalam merangkai kerajinan adalah muatan lokal, kalau diseriusin mungkin bisa jadi usaha ya mbak, kerajinan tangan yang bakal digemari

    ReplyDelete
  10. Dulu zaman SMP aku dapat pelajaran Seni Rupa dan paling suka deh pas pelajaran itu krn bisa bikin karya2 gtu.
    Keranjang anyaman itu kalau buat kirim2 parcel buah gtu jdnya lbh terlihat cantik bingkisannya hehe

    ReplyDelete
  11. Aku kurang ahli di bidang seni nih mbak, paling sukanya di seni muik tapi bukan nyanyi. Tapi saat sekolah kan mau gak mau pelajaran seni harus diikuti ya, sama nih pernah dapat seni batik gitu juga. Dari bahan-bahan tidak terpakai ternyata bisa dijadikan kerajinan itu namanya seni terapan ya

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka banget ini pelajaran seni yang bikin benda benda fungsional.... Aku jadi pengen bisa bikin batik juga mbaaaa.... dulu ga diajarin kami....

    ReplyDelete
  13. Cantiknyaa..
    Keranjang begini bermanfaat banget di rumah. Bisa ditaruh di ruang tamu juga...sebagai tempat botol minuman dalam kemasan.

    Memang kalau memiliki keterampilan itu gak ada yang kebuang ya...
    Semuanya bisa bermanfaat dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Mbak, aku salut dengan orang-orang yang tangannya kreatif karena aku ngga bisa sama sekali.

    Kemarin anakku tanya, pelajaran apa yang paling ngga Mama suka waktu sekolah dulu? Aku jawab, keterampilan. Kalau seni musik aku suka banget, bahkan aku diikutkan grup padus di SMP dan SMA. Tapi kalau soal kerajinan tangan begini, nyeraaaah...

    ReplyDelete
  15. Aku orangnya kurang nyeni emang punya masalah sepertinya dengan motorik halus aku nih....tapi lagi mengasah ni ternyata kalau diasah bisa juga ya....

    ReplyDelete
  16. Ooo gitu ya perbedaannya. Jadi kalau seni rupa terapan itu ada tambahan punya fungsi untuk digunakan selain dinikmati keindahannya.

    ReplyDelete
  17. jadi inget deh, dulu aku ga suka pelajaran seni, karena menurutku repot aja gitu, harus nyiapi ini itu. eh tapi skrg nyesel. padahal seni itu punya nilai jual yang tinggi ya skrg

    ReplyDelete
  18. Keranjangnya bagus. Aku dari remaja suka semua yang berbau seni, kerajinan tangan dan semacamnya. Dulu pernah bikin tas dari monte sampai dijual-jual segala. Nah aku rasa, keranjang di tulisan Kak Farida ini juga punya nilai ekonomi lho, buat hantaran, hampers, dan lain-lain

    ReplyDelete
  19. Saya juga mendapatkan ilmu karya seni terapan dari ibu mbak dan menerapkannya seperti membuat tas, menjahit dan sebagainya.

    ReplyDelete
  20. wah susah tuh bikin keranjang buah, anakku kemarin cuma bikin tempat tisu dari batang pisang yang sudah kering...

    ReplyDelete
  21. aku baru tau nih istilah seni rupa terapan. bagus ya keranjang buahnya.. biasanya kalau ramadhan, suka banyak lihat keranjang2 seperti ini untuk parcel ^^ ukurannya beragam dan warnanya juga bervariasi.

    ReplyDelete
  22. Aku sejak sd paling suka kalo ada pelajaran seni terapan nih mbak hihi,rasanya kayak me time yang berkualitas banget gitu ya mbak

    ReplyDelete

 

Farida Asadi Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template