Sunday, August 08, 2021

Kegagalan Memasak Oseng Mercon Daging Sapi

Oseng Mercon Daging Sapi
Pic by Farida Asadi
Pernahkah kalian mengalami kegagalan yang menyedihkan? Sepertinya rata-rata setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan yang menyedihkan. Lalu, pernahkah kalian mengalami kegagalan saat memasak?

Saya sering sekali mengalami kegagalan saat memasak. Kadang saya capek karena sering coba-coba resep masakan tapi tidak berhasil. Akan tetapi saat semangat belajar memasak maka selalu saya belajar memasak dengan penuh semangat.

Ingatkah kalian saat pertama kali belajar memasak? Dalam ingatan saya maka untuk pertama kalinya saya belajar memasak adalah saat saya kelas satu SMP. Dan memasaknya pun sungguh sangat sederhana sekali yaitu hanya memasak sayur bayam dan tempe goreng.

Saya pernah memasak tempe goreng yang gosong, pernah juga memasak kerupuk yang gosong. Hal itu dikarenakan api yang terlalu besar sehingga tempe dan kerupuk yang saya goreng itu gosong. Kadang saya ingin tertawa sekencang-kencangnya jika mengingat kejadian menggoreng tempe dan kerupuk yang gosong itu.

Pernah juga saya memasak daging sapi yang akhirnya malah membuat saya menyesal dan kecewa. Jadi saya lebih suka kakak ipar saya atau adik sepupu saya saja yang membuat sate sapi karena saya takut gagal membuat sate sapi.

Tahun lalu, pertama kali saya memasak daging sapi dan saya masak oseng-oseng daging sapi pedas manis. Rasanya enak menurut saya tapi dagingnya masih keras. Pernah juga saya memasak soto sapi dan ternyata enak sehingga bisa dijadikan makanan untuk keluarga saya.

Saya pun pernah masak sayur nangka muda dan daging sapi. Sayur tersebut menjadi salah satu sayur favorit keluarga saya. Saya juga pernah memasak BOTHOK daging sapi yang ternyata rasanya kurang cocok untuk saya dan keluarga saya sehingga saya buang BOTHOK daging sapi tersebut. Sebenarnya ya agak gimana gitu buang makanan tapi ya gimana karena rasanya kurang enak sehingga saya pun tidak berani memberikan BOTHOK tersebut untuk tetangga saya sehingga BOTHOK tersebut berakhir di tempat sampah. Lain waktu saya tidak ingin memasak BOTHOK daging sapi lagi karena saya tidak bisa masak BOTHOK daging sapi yang rasanya enak.

Kegagalan Dalam Memasak Oseng Mercon Daging Sapi

Berawal dari obrolan di grup WA keluarga yang kala itu membahas oseng mercon daging sapi maka saya pun akhirnya penasaran apa itu oseng mercon daging sapi. Ternyata setelah saya mencari informasi melalui Google maka saya pun akhirnya tahu kalau oseng mercon daging sapi merupakan oseng daging sapi dengan bumbu pedas menggunakan cabai setan.

Karena saya masih punya daging sapi dan tetelan sapi sebanyak 1 kg maka akhirnya saya memasak oseng mercon daging sapi. Pertama saya rebus dulu daging sapi dan tetelan sapi sampai empuk dan matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Saya pun menghaluskan bumbu yaitu 30 cabai setan, garam secukupnya, gula putih secukupnya, 5 siung bawang merah, dan 5 siung bawang putih. Saya pun menyiapkan 10 cabai yang masih utuh. Kemudian saya menggoreng bumbu halus dan bumbu kasar tersebut sampai matang kemudian saya memasukkan daging sapi dan tetelan sapi. Tambahkan sedikit air dan masak sampai matang. Oseng mercon daging sapi siap untuk dimakan.
Oseng Mercon Daging Sapi
Pic by Farida Asadi
Dari segi penampilan memang oseng mercon daging sapi ini menarik. Akan tetapi dari segi rasa kurang enak menurut saya. Sehingga saya menambahkan bawang goreng dan mentimun saat makan oseng mercon daging sapi ini. Pedasnya memang pedas tapi rasanya tetap kurang enak.

Karena terlalu sering gagal memasak daging sapi maka hingga saat ini saya akan lebih suka memasak sayur nangka dan daging sapi saja yang rasanya enak dan bisa dimakan untuk saya dan keluarga saya. Ya, memang begitu ya kita tidak pernah tahu memasak suatu masakan kalau kita tidak mencoba untuk memasak. Lalu, pernahkah kalian mengalami kegagalan saat memasak makanan?

12 comments:

  1. lomboknya gede dan banyak, ya. Kebayang deh pasti bikin mulut meledak rasanya.

    ReplyDelete
  2. waduuuh..ngeri bnget oseng mercon ini, haha.. eh aku pun sering gagal masak..nah utk antisipasinya klo masak menu baru/percobaan aku pakai resep porsi kecil, jd klo pun gagal gak terlalu sayang bahan2 hehe..

    ReplyDelete
  3. Aku kok ngeri masakan yang berbahan baku cabe sampai sebanyak itu, gimana perutnya Ida? Mungkin bagi sebagian orang enggak apa sih konsumsi cabe banyak-banyak.

    Nah aku penasaran malah, kenapa rasanya bisa gak enak? Apakah kurang bumbu, atau mungkin ada bahan yang dirahasiakan di resep yang ada di artikel yang ada di Google ya?

    ReplyDelete
  4. Daging sapi tuh dimasak pake bumbu teriyaki yang siap saji aja Farida, udah pasti enak tuh. Digongso pake bawang bombay dulu, hmmm yuummyyy..

    Sering dong masak gagal, aku ga begitu pintar masak soalnya hehehe.. tapi gapapa, tetap semangat lah. Bagaimanapun juga, ketika kita memasak tuh penuh perasaan cinta loh. Ga enak ya gpp, kan kita tidak sengaja dari awal merencanakan masakan itu berasa ga enak kaaann... take it easy...

    ReplyDelete
  5. Aku donk sering banget gagal masak…hihihi…sekarang jaman canggih,ga masak banyak yang jualan. Hitung2 nglarisi pedagang kaki lima dan bantu perekonomian mereka.hehehe

    ReplyDelete
  6. Duuh itu cabenya guedhe tenan, mesti pedes banget tu. Aku pun sering kok gagal masak sesuatu, kadang klo penasaran ya nyoba lagi tapi ada kalanya males, daripada gagal lagi mending beli hahahha...

    ReplyDelete
  7. aku malah ga pernah masak daging2an. Selain emang nggak pinter masak, suami juga nggak makan daging. Jadi prefer masak yg lainnya yg bisa dimakan semua orang dirumah. Daripada masak daging sendiri, mending beli aja yg sudah jelas enak hehehe....

    ReplyDelete
  8. Kamu suka makanan pedas ya mbak? Wkwwk gede banget itu cabe, meski kurang enak versimu tapi kamu sudah keren loh berani mencoba sesuatu yang baru. Tidak apa gagal, besok coba lagi. Semangat ya

    ReplyDelete
  9. orang bilang kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ya mbak...ayo semangat terus mbak masaknya...aku aja yg udah lama nikah masih suka g pas kalu soal masak hehe

    ReplyDelete
  10. Udah keren lo, aku malah boro-boro bikin kek gini. Malas ya iya, wkwk. Semangaaat, coba lagi lain kali.

    ReplyDelete
  11. Aku sering banget gagal masak haha sampai sekarang pernah coba mau bikin takoyaki jadinya keraaas, iya betul kata Mbak Uniek pakai saus jadi saja pasti enak hihihi

    ReplyDelete
  12. Sepertinya aku nggak akan kuat makan dengan cabe setan berjumlah 30 biji mbak, hehe. Kalau gagal, aku lebih sering gagal masak masakan yang menggunakan santan. Secara aku dan suami mengurangi jenis masakan ini karena ada riwayat gerd dan kolesterol.

    ReplyDelete