Monday, July 26, 2021

Resep Ikan Mujair Goreng Anti Gagal

Ikan Mujair Goreng
Pic by Farida Asadi
Apa lauk favorit kalian? Salah satu lauk favorit saya adalah ikan goreng. Kenapa demikian? Karena enak dan bergizi. Selain itu mudah pula untuk memasak ikan goreng sehingga tidak perlu repot saat menggoreng ikan.

Kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang ikan Mujair? Kalian sudah tahu belum apa itu ikan Mujair? Pasti kalian sudah tahu kan bentuk ikan Mujair? Menurut pendapat saya maka ikan Mujair hampir mirip dengan ikan Nila menurut bentuk tubuhnya.

Sejak saya masih kecil maka saya sudah tidak asing dengan ikan Mujair. Tetangga saya sering memberi ikan Mujair untuk keluarga saya karena tetangga saya tersebut adalah seorang nelayan. Kakak ipar saya yang tinggal di Kaliwungu Utara area pesisir yang dekat dengan tambak dan laut pun sering memberi ikan Mujair untuk saya.

Cara mudah untuk mengolah ikan Mujair adalah dengan cara digoreng. Walaupun banyak juga resep masakan lain dari ikan Mujair. Dan berikut ini adalah beberapa bumbu yang biasanya saya pakai untuk menggoreng ikan Mujair yaitu,

Bawang Putih

Garam

Kunyit

Ketumbar

Setelah mengetahui beberapa bumbu tersebut maka haluskan bumbu tersebut dan balurkan di ikan Mujair yang sudah dicuci bersih. Diamkan beberapa saat agar bumbu lebih meresap sehingga rasanya akan semakin enak.

Panaskan minyak goreng, kemudian jika minyak goreng sudah panas maka goreng ikan Mujair yang sudah dibumbui tersebut. Harap hati-hati saat menggoreng ikan ya! Bisa juga saat menggoreng ikan maka bisa ditutup dengan tutup wajan tersebut.

Setelah ikan Mujair sudah berwarna kecoklatan maka itu pertanda ikan Mujair sudah matang. Setelah ikan Mujair matang maka bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Setelah itu ikan Mujair siap untuk dimakan.

Jangan lupa sajikan ikan Mujair dengan nasi putih, sambal, dan kemangi. Kalau saya memang suka dengan sambal bawang putih dan gula merah jadi saya sering makan ikan goreng dengan sambal tersebut. Sambal tersebut memang sedap karena cabai dan bawang putih sudah digoreng atau dikukus terlebih dahulu.

Saya pun lahap sekali makan nasi putih, ikan Mujair goreng, sambal, dan daun kemangi. Rasanya sedap, gurih, dan enak. Lalu, apakah kalian suka makan ikan goreng dengan nasi putih, sambal, dan lalap daun kemangi?

18 comments:

  1. Memang simpel ya untuk bikin mujair goreng nan gurih dan penuh gizi begini.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mbak resepnya. Dimakan sama nasi panas dan sambel terasi enak nih

    ReplyDelete
  3. Ulalaaa, aku kalo goreng mujaer, kadang suka ambyaarr mba :D

    Mungkin karena blum mateng bener, udah daku balik kali ya?

    ReplyDelete
  4. iyah, mujair dan nila itu mirip. Kalau kami seringnya beli nila. Bumbunya juga sama, mbak. Kalau mau praktis mah pakai bumbu jadi, hehe.

    ReplyDelete
  5. Duuuh jadi pengin. Sudah lama banget nggak ngolah ikan. Biasanya beli dari pasar langsung diolah, nggak suka yg mampir dulu di kulkas. Tapi sejak pandemi jarang ke pasar. Kalaupun ke pasar pasti buru2 sedapatnya. Sedih lah

    ReplyDelete
  6. auto lapeerrr dehh siang-siang mampir kesini..
    ini manteb banget pake lalapan dan sambal terasi atau sambal kecap :D

    ReplyDelete
  7. Ikan mujair adalah salah satu ikan favorit saya sejak kecil. Kalau ikan lainnya tidak terlalu suka. Bahkan jarang banget makan ikan.

    ReplyDelete
  8. Aku suka ikan mujair, enak! Sayangnya bapak tukang sayur langgananku gak pernah bawa ikan mujair, bawanya selalu ikan dorang. Nah, kalau pas aku mudik, dipuas-puasin deh makan ikan mujair. Mamaku suka sekali goreng ikan mujair ini, ditambah sayur asem dan sambal terasi. Hhhhm, nikmat!

    ReplyDelete
  9. Anak-anak saya lebih suka makan ikan daripada ayam. Saya pun mengolah ikan. Tinggal kasih sedikit garam, trus digoreng aja udah enak banget

    ReplyDelete
  10. Bumbunya simpel banget, yaa.. saya sukaaa banget ikan goreng. Tapi nggorengnya memang agak tricky menurut saya. Kadang suka lengket di wajan, kadang minyaknya suka nyiprat-nyiprat. Aduuuh, yang tinggal makan gitu ada ngga? Wkwkwk..

    ReplyDelete
  11. Mak nyus ini, kesukaan aku salah satunya ikan mujair. DIgoreng begini kasih sambal, lalap, habis nasi panas sebakul dah mak wkkwkw. MAkasih ya resepnya, bisa juga diapply ke ikan mas gak sih?

    ReplyDelete
  12. Ikan mujair makanan favorit saya sewaktu kecil mba. Mama saya suka masak dengan di cabe merah. Jadi pengen masak juga nih buat di rumah besok. Moga ada hehe

    ReplyDelete
  13. kalau aku ngolah mujair itu paling penting pas bersihinnya mba.. agak tricky sih biar ga bau tanah. jadi biasanya aku kasih banya jeruk nipis gitu biar segar

    ReplyDelete
  14. Wah jadi kangen emak mertua. Emak suka bikin mujaer goreng sama sambal gini kalau anak mantunya pada kumpul. Yup, bumbu Balur sebelum digoreng gt dah, sama. Enaaakk

    ReplyDelete
  15. Lezat sekali pasti ya Mbak
    Uncalin ke sini mbak hahaha.
    Sudah siap. Jadi istri solehah ini

    ReplyDelete
  16. Paling mantap dipadukan dengan sambal terasi ya, kaa..
    Jangan lupa lalap.
    Uwh~ Sundanese banget.

    ReplyDelete
  17. wah terima kasih mbak tips menggoreng ikan mujair. ternyata bumbunya sederhana saja yaa. beberapa kali saya ngegoreng ikan mujair emang kurang sedap, ternyata kurang bumbu

    ReplyDelete
  18. Makasih sharingnya, mbak. Jadi nambah refrensi resp ikan mujair goreng. Apalagi kalau anti gagal pasti dicoba deh

    ReplyDelete