Sunday, July 11, 2021

Potong Rambut Pendek, Sebuah Kebiasaan dari Dulu Hingga Kini

Potong Rambut Pendek
Design by Canva
Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang sering dilakukan. Entah itu kebiasaan bangun pagi, kebiasaan lari pagi, atau kebiasaan yang lainnya. Salah satu kebiasaan yang sering saya lakukan dari dulu hingga kini adalah potong rambut pendek dengan model rambut pendek sebahu. Tapi kadang saya lebih suka model rambut pendek di atas leher karena terlihat lebih rapi.

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar maka saya tidak pernah berambut pendek. Selalu saja saya berambut panjang karena ibu saya tidak memberi izin kepada saya untuk potong rambut pendek. Sehingga selama enam tahun menjadi siswi sekolah dasar maka rambut saya selalu panjang.

Ketika memasuki bangku sekolah menengah pertama maka saya mulai mempunyai kebiasaan potong rambut pendek. Setiap tahun maka selalu saja saya potong rambut pendek. Banyak juga teman-teman saya yang rambutnya pendek waktu itu.

Saat memasuki bangku sekolah menengah kejuruan maka saya pun masih saja punya kebiasaan potong rambut pendek. Dan potong rambut pendek sebahu selalu menjadi model potong rambut pendek favorit saya waktu itu.

Setelah lulus dan bekerja kemudian kini menjadi seorang freelancer (pekerja lepas), maka saya pun masih saja memiliki kebiasaan potong rambut pendek. Potong rambut pendek selalu saja menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi saya.

Saya pun juga memiliki pengalaman yang tak terlupakan sampai sekarang ini. Saat masih duduk di bangku sekolah menengah pertama dan sekolah menengah kejuruan maka saya pun pernah potong rambut sendiri di rumah dengan modal gunting, sisir dan kaca. Dan tentu saja potong rambut sendiri di rumah itu hal yang menyenangkan karena kita bisa belajar bagaimana cara memotong rambut sesuai dengan keinginan.

Lalu, kenapa saya memiliki kebiasaan potong rambut pendek? Kenapa saya selalu senang jika potong rambut pendek? Kenapa potong rambut pendek selalu menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi saya. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat saya suka dengan potong rambut pendek yaitu

1. Mengikuti Tren Model Rambut yang Sedang Hits

Awalnya saya memiliki kebiasaan potong rambut pendek itu karena mengikuti tren model rambut yang sedang hits. Banyak para teman, saudara, dan tetangga yang memilih potong rambut pendek sehingga saya pun akhirnya tertarik untuk potong rambut pendek.

2. Demi Menghindari Kutu Rambut

Banyak orang mengatakan kalau memiliki rambut panjang lebih rentan terkena kutu rambut. Maka dari itu, solusinya adalah memiliki rambut pendek dan rutin menjaga dan merawat kebersihan dan kesehatan rambut agar terhindar dari kutu rambut.

3. Agar Lebih Mudah Saat Mencuci Rambut

Dulu saat masih memiliki rambut panjang maka saya pun agar ribet saat mencuci rambut karena butuh waktu yang agak sedikit lama. Tapi setelah saya memiliki rambut pendek maka rambut saya lebih mudah saat dicuci.

4. Agar Lebih Mudah Ditata

Memiliki rambut panjang memang butuh perhatian khusus karena butuh waktu yang agak lama untuk menyisir dan menata rambut. Setelah saya berambut pendek maka rambut saya lebih mudah untuk ditata sehingga saya merasa bahagia.

5. Lebih Irit Dalam Pemakaian Shampoo

Jika memiliki rambut panjang maka sudah pasti membutuhkan pemakaian shampoo dengan jumlah lebih banyak. Karena saat ini saya berambut pendek maka saya pun lebih irit dalam pemakaian shampoo.

Itulah beberapa alasan yang membuat saya suka dengan kebiasaan potong rambut pendek. Lalu, apakah potong rambut pendek adalah salah satu hal yang membuat kalian bahagia? Atau kalian lebih suka rambut yang panjang? Apapun model rambut favorit kalian tetap saja setiap orang memiliki model rambut yang berbeda. Ada yang suka model rambut pendek. Dan adapula yang suka model rambut panjang.

15 comments:

  1. Toosss. Akupun LBH suka rambut yg pendek sebahu. Krn ga susah di rawat. Apalagi rambutku megar bak singa hahahaha . Jadi punya rambut pendek udh paliing bener mba :D.

    ReplyDelete
  2. DUlu pas kecil suka pendek terus beranjak SMP dipanjangin akhirnya pas SMA potong pendek lalu dijilbab manjangin rambut ternyata rontok parah akhirnya pendekin nah sekarang belum potong2 karena males ke salon hahaha

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya saya juga suka berambut pendek, tetapi sekarang ini malas cukur jadinya rambut saya panjang. Tidak panjang-panjang amat sih, hanya sebatas bahu, tapi lumayan susah juga merawatnya. Habis baca postingan ini, langsung deh punya niat cukur rambut pendek lagi besok.

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka rambut pendek, Mbak. Soalnya lebih nyaman aja kalau pakai jilbab. Terus juga jadi nggak mudah rontok. Alasan terakhir bener banget sih, Mbak. Irit shampoo :))

    ReplyDelete
  5. Kalo aku pendek, panjang, sedang rambutnya Gonta ganti gimna mood hati aja. Lagian akan tampak jelas beda kalo potong rambut, berbagai macam karakter tampak.
    Tapi kalo pas rambut pendek, iya bangeeud alasan2 diatas, terutama irit sampoo

    ReplyDelete
  6. aku awal tahun kemarin habis potong rambut juga mbaa.. tapi ga pendek2 banget sih karena suami gak suka hehe. sekalian ngecet warna rambut. ini mau ngecet ulang tapi kok ppkm huhu

    ReplyDelete
  7. Saya dan adik-adik perempuan selalu dilarang berambut pendek sebelum menikah. Setelah menikah mah bebas begitu kata ibu. Kalau orang minang jaman dulu gak boleh rambut pendek saat menikah krn akan kesulitan memasang suntiang. Padahal kami semua berjilbab hahaha gak ngefek pas pake suntiang. Tapi demi menyenangkan ortu jadi ngikut aja. Sekarang pengen rambut pendek malah suami yang gak suka. Dia suka rambut panjang. Ya sabar lagi aja rambut panjang sampai suami dinas luar kota hahaha

    ReplyDelete
  8. Saya juga sejak SD rambutnya selalu pendek, klupun panjang lewat sebahu, gk akn lama potong rambut lagi

    ReplyDelete
  9. Aku dulu selalu panjang, tapi setelah punya anak sedang2 aja karena ga bisa pendek, yang penting bisa diikat hehe... enak sebenarnya pendek itu lebih praktis, iya bangetlah alasan di atas itu :D

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat dari kecil sudah dibiasakan sama mama rambut pendek jadi sampai besar gini lebih sering rambut pendek daripa panjang. Lebih nyaman juga sih

    ReplyDelete
  11. Ak baru sekarang2 aja nih rambut panjang, biasanya rambut pendek forevahhh hahaha, krn emang rambut panjang itu lbh cuco sih memang tp lebih berat rasanya plus boros sampo hehe

    ReplyDelete
  12. Yaa...setuju banget.
    Aku juga lebih senang rambut pendek. Padahal anakku pengennya rambutnya panjang, karena memang rambutnya tebal dan berkilau. Hanya kan...kalau keramas jadi menghabiskan air dan shampoo. Itupun kadang aku gak yakin bersih atau engga..huhuu..
    Soalnya kalo mandi kaya cuma sedetik.

    Menurutku, rambut pendek juga membuat wajah terlihat fresh.

    ReplyDelete
  13. Ini bunda banget nih yg suka

    potong rambut pandek. Selzma madih jd wanita karir sampai szat berjilba (2005) bunda selalu potong rambut pendek hingga kelihatan tengkuk. Tp selama pandemi bunda gak pernah potong rambut. Maklum ada Covid 19 jd kl potong rambut kan sekalian krimbat dan enak banget setelah rambut diberi EXQUISIT kan kulitnya dipijit-pijit sampe bisa beberapa menit terlelap. Eeiitt! Ini kan gak boleh terjadi --lagi Covid booo! Oiya, makanya rambut udzh sampe punggung bunda tuh. Bisa disanggul....heeeaahh.

    ReplyDelete
  14. aku juga selalu pendek nih mba sejak botak karena kemo di tahun 2015. So far aku menikmati sekali rambut pendek yang ngga pakai ribeet

    ReplyDelete
  15. Hemat shampo kalau kata suamiku. Dulu aku lebih suka rambut panjang, tapi karena beberapa waktu lalu sempat rontok parah, akhirnya potong pendek terus sampai sekarang. Lebih praktis sih memang kalau rambut pendek

    ReplyDelete