Friday, June 25, 2021

Drama Korea Law School dan Ingatan Tentang Seorang Teman yang Pernah Magang di Pengadilan

Law School
Pic from www.asianwiki.com
Awalnya saya tidak ingin menonton drama Korea Law School karena drama Korea ini tidak bergenre komedi romantis. Menurut pendapat saya, drama Korea Law School ini membuat saya menebak bagaimana kelanjutan setiap episode drama Korea ini.

Drama Korea Law School menceritakan tentang kehidupan jurusan ilmu hukum di sebuah kampus yang bernama Hankuk University. Para mahasiswa, para mahasiswi, para dosen, dan para profesor di jurusan ilmu hukum sering mengadakan praktek persidangan di meja persidangan pengadilan.

Menonton drama Korea Law School membuat saya teringat dengan salah satu teman saya saat saya masih SMP. Teman saya tersebut setelah lulus SMA maka melanjutkan kuliah di salah satu universitas swasta di Kota Semarang jurusan ilmu hukum.

Selain mengingatkan saya tentang seorang teman yang kuliah di jurusan ilmu hukum, drama Korea Law School juga mengingatkan saya tentang mata pelajaran PPKN saat saya masih sekolah. Sering sekali saat pelajaran PPKN maka harus hafal pasal-pasal dalam UUD, hukum, hak asasi manusia, dan yang lainnya.

Drama Korea Law School juga mengingatkan saya tentang teman magang saya yang dulunya pernah magang di pengadilan. Seringkali teman saya tersebut ikut dalam persidangan. Teman saya pun menceritakan pengalamannya magang di pengadilan kepada saya. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang sering kita jumpai saat membahas pengadilan dan persidangan yaitu,

1. Hakim

Apa yang kalian fikirkan apabila mendengar kata hakim? Jika saya mendengar kata hakim maka yang ada di benak saya yaitu hakim yang merupakan pemimpin persidangan. Selain itu, hakim juga yang memutuskan berat atau ringannya hukuman bagi tersangka.

2. Jaksa


Saat menonton drama Korea maka sering saya menonton drama Korea yang membahas tentang jaksa. Salah satunya adalah drama Korea Suspicious Partner. Jaksa merupakan pegawai pemerintah yang tugasnya menyampaikan dakwaan dalam proses persidangan terhadap orang yang diduga melanggar hukum.

3. Pengacara

Pengacara merupakan salah satu profesi yang sering muncul dalam dunia novel. Pengacara bertugas untuk memberikan nasihat dan memberikan pembelaan kepada orang-orang yang terkait permasalahan dalam melanggar hukum.

4. Terdakwa

Terdakwa merupakan seseorang yang diduga melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum dan ada banyak alasan untuk melakukan pemeriksaan di sidang pengadilan. Lalu, apa pendapat kalian tentang pengertian terdakwa?

5. Saksi

Saksi merupakan orang pertama yang melihat suatu kejadian atau suatu peristiwa. Contohnya saja saksi dalam kasus pencurian atau saksi dalam kasus yang lainnya. Lalu, apakah kalian pernah menjadi saksi dalam suatu kejadian atau suatu peristiwa?

3 comments:

  1. tema ceritanya menarik mba
    apa sepanjang nonton drama ini isinya tegang melulu mbak? atau ada campuran komedinya mungkin

    ReplyDelete
  2. Nonton film ini tuh harus fokus ya mbak. Pernah beberapa episode awal aku coba tonton dan emang gak boleh meleng atau gak fokus gitu karena nanti bisa ketinggalan alur ceritanya yang bener-bener detail sekali

    ReplyDelete
  3. Aku tuh msh blm masukin Drakor ini ke list Krn mikirnya udah berat duluan kayaknya :D. Lagi males nonton yg alurnya mikir banget. Tapi ntahlah, itu tebakanku doang :D. Blm coba cari tahu juga spoilernya gimana :D

    ReplyDelete