Monday, June 14, 2021

Kesehatan Gigi dan Mulut, Wajib Dirawat dan Dijaga

Kesehatan Gigi dan Mulut
Pic by Farida Asadi

Kesehatan Gigi dan Mulut itu wajib dijaga dan dirawat. Apakah kalian setuju dengan anjuran tersebut? Kalau saya maka tentu saja saya setuju karena menjaga kesehatan gigi dan mulut itu penting karena jika saya mengalami sakit gigi rasanya seluruh tubuh saya juga merasakan sakit semuanya.

Lalu, apakah kalian sudah pernah mengalami sakit gigi? Kalau saya maka tentu saja saya pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi itu bukan hanya giginya saja yang merasakan sakit tapi juga disertai dengan sakit kepala dan demam sehingga rasanya sungguh tidak asik sama sekali. Maka dari itu, penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Masalah selanjutnya yang sering dialami oleh banyak orang adalah permasalahan bau mulut. Pasti ada banyak orang yang pernah mengalami masalah bau mulut. Memiliki permasalahan bau mulut membuat saya tidak percaya diri saat saya berbicara dengan orang lain.

Permasalahan gigi dan mulut yang saya alami mulai dari sakit gigi karena gigi berlubang dan bau mulut yang membuat saya tidak percaya diri. Maka dari itu, saya pun ingin menceritakan pengalaman saya tentang merawat kesehatan gigi dan mulut yang sudah sering saya lakukan yaitu,

1. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan gigi berlubang. Maka dari itu, mulai sekarang ini harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung banyak gula tersebut seperti permen.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Bertekstur Terlalu Keras 

Apakah kalian suka mengkonsumsi makanan yang bertekstur terlalu keras? Saya jarang sekali mengkonsumsi makanan yang bertekstur terlalu keras karena saya takut jika gigi saya ngilu dan bisa membuat gusi bengkak sehingga saya mengalami sakit gigi. Maka dari itu, kalian bisa mengurangi konsumsi makanan yang bertekstur terlalu keras agar tidak mengalami sakit gigi.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Beraroma Menyengat

Permasalahan bau mulut bisa terjadi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang beraroma menyengat. Makanan yang beraroma menyengat tersebut misalnya jengkol dan petai. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang beraroma menyengat agar tidak mengalami bau mulut.

4. Gosok Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Setiap hari itu kalian gosok gigi berapa kali sih? Jujur nih ya, kadang saya itu dalam waktu sehari maka saya 3 sampai 4 kali gosok gigi. Biasanya saya gosok gigi saat mandi pagi, mandi sore, dan menjelang tidur.

Menggosok gigi minimal dua kali sehari adalah cara yang tepat untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dan pilihlah sikat gigi yang lembut sehingga saat digunakan tidak akan terasa sakit dan tidak melukai gusi.

5. Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Setelah memilih sikat gigi yang tepat maka selanjutnya adalah memilih pasta gigi yang tepat. Dan dari dulu hingga kini maka keluarga saya selalu menggunakan pasta gigi Pepsodent karena pasta gigi Pepsodent memiliki banyak keunggulan yaitu,

1. Mudah Dibeli

Sejak saya masih kecil hingga saat ini maka ibu saya selalu membeli pasta gigi Pepsodent karena pasta gigi Pepsodent bisa dibeli di warung terdekat yang ada di kampung saya. Pasta gigi Pepsodent pun bisa dibeli di minimarket dan juga supermarket.

2. Memiliki Beragam Varian

Pasta gigi Pepsodent memiliki berbagai macam varian seperti Pepsodent Siwak, Pepsodent Herbal, Pepsodent untuk gigi berlubang, dan masih banyak lagi varian pasta gigi Pepsodent yang lainnya. Dan yang menjadi pasta gigi Pepsodent favorit ibu saya adalah pasta gigi Pepsodent yang dikhususkan untuk gigi berlubang.

3. Harganya yang Terjangkau

Kenapa ibu saya memilih membeli pasta gigi Pepsodent? Karena pasta gigi Pepsodent harganya terjangkau. Pasta gigi Pepsodent pun sering ada promo beli 1 gratis 1 di minimarket. Dan jika ada promo pasta gigi Pepsodent beli 1 gratis 1 maka saya langsung saja membeli dengan jumlah yang banyak.

1 comment:

  1. Aku juga selalu pakai pasta gigi Pepsodent dari dulu sampai sekarang. Tapi aku belum pernah beli pasta gigi Pepsodent Siwak.

    ReplyDelete