Wednesday, March 31, 2021

Blogger Atau Youtuber? Mana Pilihanmu?

Blogger
Pic from Canva

Kenapa kamu nggak coba bikin video tutorial make up terus upload di Youtube gitu seperti kebanyakan orang saat ini? Kan lumayan tuh bisa dapat uang untuk beli jajan dan untuk biaya hidup.

Beberapa kali saya mendengar kalimat itu dari para orang-orang yang ada di sekitar saya. Mereka mengatakan hal tersebut memang tujuannya baik agar saya bisa dapat penghasilan tambahan untuk bisa beli jajan dan untuk memenuhi biaya hidup.

Akan tetapi saya termasuk tipe orang yang sangat sulit untuk membuat konten video yang menarik sehingga saya enggan untuk menjadi Youtuber untuk saat ini. Saya pun senang melihat para tetangga yang berlomba-lomba membuat konten video di Youtube sehingga mereka bisa terkenal dan mendapat penghasilan tambahan yang hasilnya sangat lumayan.

Jadi kalau harus memilih antara menjadi blogger atau youtuber maka saya lebih memilih menjadi blogger karena saya suka menulis. Apapun hal yang disuka pasti akan dilakukan dengan gembira dan sepenuh hati.

Menulis di blog bagi saya adalah salah satu cara saya mengatasi rasa bosan, melatih kemampuan diri, mencurahkan isi hati, dan sebagai kegiatan mencari uang tambahan. Kebahagiaan ngeblog memang bukan semata-mata karena uang. Akan tetapi jika bisa mendapatkan uang tambahan dari ngeblog ya memang itu bisa membuat bahagia.

1. Mengatasi Rasa Bosan

Semua hal pasti akan ada titik jenuh yang membuat kita bosan. Ketika saya lelah dengan keadaan maka saya pun berusaha mengatasi rasa bosan tersebut dengan menulis di blog. Kenapa demikian? Karena menulis di blog memiliki banyak manfaat untuk saya.

2. Melatih Kemampuan Diri

Menulis di blog menjadi cara untuk melatih kemampuan diri. Pertama, dengan menulis maka kita melatih jari kita untuk bisa lihai dalam mengetik. Kedua, kita seperti menjadi anak sekolah lagi karena saat kita mengetik maka kita akan belajar susunan kata dan kalimat dalam paragraf seperti dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

3. Mencurahkan Isi Hati

Awalnya saya menulis di blog karena tugas sekolah. Tapi setelah itu kemudian saya menulis di blog karena untuk mencurahkan isi hati saya entah saat saya galau ataupun saat saya bahagia. Rasanya lega bisa mencurahkan isi hati melalui tulisan di blog.

4. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Saya tidak menyangka jika bisa mendapatkan hadiah dan penghasilan tambahan dari ngeblog. Pertama kali saya dapat hadiah dari ngeblog adalah saat saya ikut giveaway menulis di blog dalam rangka hari blogger nasional di tahun 2016. Saat itu saya senang sekali karena mendapatkan hadiah berupa buku dan topi.

Semenjak saat itu maka saya pun mulai aktif ngeblog dengan mengikuti beberapa lomba blog. Dan di tahun 2018 maka saya pun memberanikan diri dengan alamat blog baru agar mudah diingat yaitu www.farida-asadi.com

Mulai dari tahun 2018 itulah saya semakin banyak kemajuan di dunia ngeblog karena saat itu untuk pertama kalinya saya ikut event blogger di kota Semarang. Rasanya senang bisa ikut event blogger karena bisa bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang sering berjumpa di dunia maya.

Manfaat lainnya adalah saya belajar untuk menjadi pribadi yang tidak pemalu lagi karena mengikuti event blogger akan membuat saya mengenal lebih banyak orang sehingga hal itu perlahan-lahan membuat saya menjadi pribadi yang tidak pemalu lagi.

Mendapatkan penghasilan tambahan saat mengikuti event blogger juga menjadi berkah ngeblog yang bisa membuat bahagia. Senang rasanya jika saya menghadiri event blogger yang bisa membuat saya mengetahui hal baru sehingga saya pun banyak belajar tentang hal baru saat mengikuti event blogger.

Demikianlah pilihan saya saat ini untuk tetap menjadi seorang blogger karena saya suka menulis. Jadi, pilihlah hal yang kalian suka dan bisa membuat bahagia karena kebahagiaan itu seringnya datang karena hal-hal yang sederhana!

Salam sayang dari saya, Siti Faridah si Blogger Remahan Bakwan yang suka menulis

2 comments:

  1. Tulisan menarik, karena sekarang saya lagi nyoba dua-duanya, blog dan youtube. Terutama untuk tulisan tema staycation, saya tulis reviewnya di blog, dan video di youtube sebagai tambahan visualisasinya.

    ReplyDelete
  2. Kalau aku ditanya pilih mana, antara blog sama YouTube, aku bakal pilih ngeblog aja. Sama seperti Mbak Farida, aku lebih suka dan lebih leluasa ketika menulis 😍. Dan sebaliknya, ketika tampil depan kamera tuh aku jadi canggung dan gak tau harus ngomong apa. Jadi memang sepertinya aku gak bakat jadi youtuber. 😂

    Jujur awal ngeblog, aku cuma ngetik sesuka hati tanpa ada ekspektasi apa-apa. Tapi lama-lama aku menemukan banyak hal positif yang aku terima saat ngeblog. Bisa dapat teman online baru, dan dapat mengetahui sudut pandang orang lain tentang suatu masalah. Dengan begitu pengetahuan sedikit-sedikit juga bertambah dan lebih bisa berempati ke orang lain. 😄

    ReplyDelete