Thursday, February 25, 2021

Donor Darah Sebagai Bentuk Kepedulian Kepada Sesama

Donor Darah
Pic from Canva.
Darah oh darah. Dari golongan darah hingga donor darah menjadi obrolan WhatsApp grup keluarga kala itu. Lalu, saya pun teringat saat pertama kali saya melakukan tes golongan darah yaitu saat saya masih kelas satu SMP tepatnya di tahun 2008. Saat saya masuk SMK di tahun 2011 maka saya pun melakukan tes golongan darah lagi untuk yang kedua kalinya. Dan golongan darah saya adalah B.

Saat saya masih duduk di bangku sekolah SMK, maka lumayan sering ada kegiatan donor darah. Setiap satu tahun sekali maka akan ada kegiatan donor darah di SMK tempat saya bersekolah. Akan tetapi saya belum bisa melakukan donor darah hingga saat ini karena saya tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti donor darah. Karena berat badan saya hanya 38 Kg. Sedangkan syarat untuk mengikuti donor darah maka berat badan harus lebih dari 40 Kg.

Walaupun belum bisa mengikuti donor darah tapi saya tetap berharap suatu saat nanti bisa mengikuti kegiatan donor darah karena kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian kita kepada sesama yang membutuhkan darah seperti korban kecelakaan yang kehilangan banyak darah.

Darah, golongan darah, dan donor darah. Tiga hal tersebut mengingatkan saya yang pernah mengalami kekurangan sel darah merah atau yang sering kita sebut Anemia. Lumayan sering saya mengalami Anemia dari dulu hingga kini. Maka dari itu, saya pun akhirnya melakukan beberapa hal agar saya terhindar dari Anemia yaitu,

1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa membuat kita terhindar dari Anemia karena jika zat besi dan protein bergabung maka akan membentuk Hemoglobin di dalam sel darah merah.
Bayam
Pic by Farida Asadi.
Beberapa makanan yang mengandung zat besi yaitu daging sapi, daging ayam, berbagai macam kacang, dan sayuran hijau. Kalau saya lebih sering mengkonsumsi sayur bayam agar terhindar dari Anemia karena banyak tanaman sayur bayam di belakang rumah saya.

2. Mengkonsumsi Suplemen Tambah Darah

Setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar terhindar dari Anemia maka selanjutnya adalah mengkonsumsi suplemen tambah darah. Ketika saya terkena Anemia maka dokter yang merawat saya menyarankan saya untuk mengkonsumsi suplemen tambah darah.

3. Mengikuti Seminar Kesehatan Seputar Anemia

Tahun 2019 kala itu. Saya mengikuti seminar kesehatan yang membahas Anemia di Noormans Hotel Semarang. Saya dan rekan-rekan komunitas blogger Gandjel Rel Semarang kala itu merasa senang karena bisa mengikuti acara tersebut.

Sebelum masuk ke ruang acara seminar maka saya melakukan tes HB (Hemoglobin) terlebih dahulu di area masuk seminar tersebut. Saya merasa takut apabila HB saya rendah. Akan tetapi saya merasa bahagia karena HB saya normal yaitu 18.

Setelah selesai mengikuti tes HB maka selanjutnya saya masuk ke ruangan seminar tersebut. Saya senang karena bisa mengikuti seminar tersebut sehingga saya jadi makin banyak tahu tentang anemia, kekurangan zat besi pada tubuh, hingga 1000 hari kehidupan pertama (golden age) bagi seorang bayi.

4. Mencari Informasi Tentang Anemia di Halodoc

Sejak awal tahun 2020 hingga awal tahun 2021 maka saya belum pernah ikut acara seminar tentang kesehatan di Semarang. Kenapa demikian? Karena masih ada pandemi dan semoga pandemi ini akan segera berakhir dengan cepat.
Halodoc
Pic from Website Halodoc.
Maka dari itu, akhirnya saya mencari informasi seputar donor darah dan Anemia di Halodoc. Saya pun membaca artikel di Halodoc tentang manfaat dan efek samping donor darah, 7 syarat yang harus dipenuhi sebelum donor darah, dan cara mencegah anemia.


Lalu, apakah kalian sudah tahu apa itu Halodoc? Seperti yang kita tahu maka kita bisa mencari informasi seputar kesehatan di Halodoc. Dan caranya mudah sekali untuk bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan di Halodoc yaitu kita berkunjung ke alamat website www.halodoc.com dan pilih informasi kesehatan yang kita butuhkan. Selain itu, Halodoc juga merupakan solusi kesehatan terlengkap karena ada fitur chat dokter dan beli obat.

Saya merasa beruntung karena bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan di Halodoc. Semoga kita semua tetap selalu bisa menjaga kebersihan dan kesehatan. Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan saat bepergian mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir!

8 comments:

  1. Hari ini aku lagi sibuk blog walking dan gak sedikit aku temuin postingan yang membahas tentang penyakit dan kesehatan, lalu di sangkut pautkan dengan aplikasi halodoc yang sangat membantu banget untuk seputar informasi dunia kesehatan. Lama-lama aku jadi paham tentang seputar penyakit dan manfaat dari apikasi halodoc nih :D

    Selama aku daftar untuk donor darah, selalu deh enggak bisa. Padahal bb ku sekarang udah sekitar 47 an. Dulu sih paling besar bb ku 42, makanya selalu ditolak / gak bisa ikut donor darah huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kita sama ya, Kak. Aku juga selalu ditolak kalau mau donor darah karena berat badan yang kurang. Mungkin kita harus tambah berat badan lagi ya biar bisa ikut donor darah.

      Delete
  2. waaaahhh halodoc, ini aplikasi paling sering saya buka sejak saya sakit kemaren.
    Memang lengkap sih, dokternya juga banyak dan terjangkau.

    Btw kalau donor darah, entah kapan saya berani ya, orang periksa darah saja saya jejeritan, apalagi diambil darahnya gini, bayangin aja udah ngilu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum pernah ikut donor darah, Mbak. Berharap bisa ikut donor darah suatu waktu nanti. Aku pun banyak cari informasi kesehatan di Halodoc seputar anemia dan donor darah.

      Delete
  3. Temenku ada yg rutin donor darah saking tajinnya kata dia kalo ga donor tu badannya ga enak rasanya. Lha kalo aku malah belum berani hehehe....harus intip info di halodoc biar ga takut2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya kalau bisa rutin donor darah karena bisa menolong sesama yang membutuhkan darah. Apalah dayaku yang belum bisa ikut donor darah karena berat badan yang kurang.

      Delete
  4. Omg I wish I can donate my blood too , how to not be scared with needle ? Bcs I think even just for injection its already make me shaking . But I want to help ppl too

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou for visiting this blog. I also want to donate blood but my weight is less than 40 kilograms so I can't join the blood donation.

      Delete