Thursday, September 24, 2020

Kenapa Investasi Jangka Panjang Sangat Bermanfaat Bagi Masa Depan?

Kenapa Investasi Jangka Panjang
Pic by PFI Mega Life Insurance.
Tiga tahun yang lalu, saya belum paham sama sekali tentang hal-hal seputar investasi. Rasanya investasi masih belum saya ketahui sepenuhnya. Kemudian di tahun 2018, saya pun mulai banyak membaca artikel tentang investasi. Di tahun 2018 pula maka saya pun memberanikan diri mengikuti event yang membahas seputar investasi. Kemudian saya pun penasaran kenapa Investasi jangka panjang sangat bermanfaat bagi masa depan sehingga saya pun ingin lagi dan lagi membaca artikel seputar investasi. Saya pun ingin mengikuti event-event lainnya yang membahas seputar investasi.

Lalu, sudahkah kalian tahu apa itu investasi? Menurut pendapat saya, investasi adalah sebuah kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Membicarakan investasi maka saya pun teringat dengan investasi jangka panjang. Lalu, apakah kalian sudah tahu tentang investasi jangka panjang? Menurut pendapat saya, investasi jangka panjang adalah investasi dalam jangka waktu tertentu misalnya lima tahun atau sepuluh tahun demi memperoleh keuntungan di masa depan. Dan berikut ini adalah beberapa investasi jangka panjang yang menguntungkan bagi masa depan yaitu,

1. Investasi Emas

Di kampung saya, setiap bayi perempuan yang sudah berumur satu minggu maka ada tradisi wajib untuk memakaikan anting emas di kedua telinga bayi perempuan tersebut. Keuntungan memakaikan anting emas pada bayi perempuan adalah sebagai tanda kalau bayi tersebut adalah bayi perempuan. Hal tersebut bisa dijadikan investasi jangka panjang karena sepuluh tahun kemudian anting tersebut akan diganti dengan anting yang baru. Maka dari itu hal tersebut menguntungkan karena harga emas setiap tahunnya mengalami kenaikan harga.

Keluarga saya juga memiliki pengalaman investasi emas sebagai investasi jangka panjang. Jadi ceritanya begini, diawali dari ibu saya yang suka membeli perhiasan emas untuk saya seperti kalung, anting, cincin, dan gelang. Kemudian kira-kira sepuluh tahun kemudian ibu saya menjual perhiasan emas tersebut saat ibu saya memerlukan uang untuk menyekolahkan kakak saya. Maka dari itu perhiasan emas bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan karena perhiasan emas mudah dijual.

2. Investasi Properti

Apa yang kalian fikirkan apabila mendengar properti? Jika saya mendengar properti maka saya akan teringat dengan rumah kos, toko, dan juga tanah. Investasi properti juga menjadi investasi jangka panjang karena kita bisa menyewakan rumah kos, toko, dan juga tanah kepada orang-orang yang membutuhkan sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan.

Misalnya saja adik sepupu saya yang mempunyai tiga rumah yang khusus disewakan untuk rumah kos. Setiap bulannya adik sepupu saya mendapatkan penghasilan dari sewa rumah kos tersebut. Hal tersebut menguntungkan karena menyewakan rumah kos akan memperoleh keuntungan dan termasuk investasi jangka panjang.

3. Investasi Tabungan

Sejak masih anak-anak maka kita semua dibiasakan untuk rajin menabung minimal satu sekali seminggu. Menurut pendapat saya, tabungan juga termasuk investasi. Tabungan dalam jangka waktu sepuluh tahun juga menjadi investasi jangka panjang karena kita bisa menggunakan uang yang kita tabung selama sepuluh tahun tersebut untuk keperluan dan kebutuhan kita di masa depan.

Menabung dalam jangka waktu sepuluh tahun belum pernah saya lakukan akan tetapi saya ingin sekali bisa menabung dalam jangka waktu sepuluh tahun. Dengan begitu maka saya pun belajar untuk menyisihkan uang yang saya miliki untuk ditabung selama sepuluh tahun. Sehingga uang tabungan selama sepuluh tahun tersebut akan bermanfaat bagi saya di masa depan.

Itulah beberapa hal seputar investasi jangka panjang. Lalu, apa nih yang kalian ketahui tentang investasi jangka panjang? Dan apa nih investasi favorit kalian dari dulu hingga kini yang tentunya memiliki keuntungan di masa depan?

8 comments:

  1. tos mbak, akupun lg seneng banget investasi emas. wkwkwk
    lumayan kl untuk investasi jangka panjang :D
    kl investasi tabungan masih sering khilaf tiba2 pengen belanja ini itu, hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga gitu. Suka lapar mata kalau lihat diskon dan promo menarik terus belanja ini itu deh. Hehehe.

      Delete
  2. Betul, Mbak. Investasi saat ini sangat penting untuk kebutuhan masa depan, terutama dalam jangka panjang. Saya paling cocok dengan emas, karena modalnya nggak terlalu banyak. Misal punya modal beli 1 gram dulu nggak apa, nggak harus langsung modal banyak. Dan minimal 5 tahun kemudian investasi emas pasti akan menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Investasi emas memang banyak diminati banyak orang ya termasuk kita.

      Delete
  3. saya investasi emas, merasa itu yang paling aman, sudah gitu bisa beli berapapun rupiahnya, gak nunggu harus banyak dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Investasi emas memang menguntungkan ya. Jadi banyak orang yang suka investasi emas.

      Delete
  4. Aku juga lagi giat ngumpulin investasi tabungan nih. Penting banget karena kita ga tau masa depan gimana, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lebih suka investasi emas. Mungkin lain waktu aku pengen juga punya investasi tabungan.

      Delete