Thursday, August 20, 2020

Cara Termudah Menghitung Kalkulasi Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk
Pic from Canva.
Cara Cepat Menghitung Kalkulasi Asuransi Mobil All Risk

Banyak sekali pemilik kendaraan yang masih menganggap asuransi atau pertanggungan tidak perlu. Padahal, keuntungan yang didapatkan tergolong besar. Bahkan, saat ini sudah tersedia banyak pilihan produk. Salah satu produk terbaik dan banyak direkomendasikan adalah asuransi mobil all risk.

Salah satu alasan kenapa mereka tidak mau mengasuransikannya karena berat dalam pembiayaan. Nah, di sini, kami akan menjelaskan cara penghitungan kalkulasi asuransi mobil komprehensif. Tujuannya agar Anda tahu jumlah pembiayaan, dan apa saja risiko yang dilindunginya.

Apa yang Dilindungi oleh Asuransi Mobil All Risk?

Hingga saat ini, kecelakaan lalu lintas masih sulit dicegah dan dikendalikan. Meski pemerintah sudah mengeluarkan banyak kebijakan, kecelakaan lalu lintas masih sering terjadi. Bahkan dari tahun ke tahun angkanya kian meningkat.

Begitu juga dengan tingkat kejahatan terhadap kendaraan. Sebut saja misalnya pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Hingga saat ini, pencurian kendaraan khususnya mobil masih kerap terjadi.

Itulah kenapa asuransi mobil all risk bisa menjadi solusi perlindungan risiko kerugian finansial Anda. Semua kerugian kendaraan yang membebankan finansial, akan di-cover oleh pihak asuransi. Artinya, Anda bisa mengalihkan kerugian ke perusahaan asuransi. Adapun perlindungan asuransi mobil all risk yaitu meliputi:


  • Kerusakan akibat kecelakaan


  • Tuntutan dari pihak ketiga akibat kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian nasabah


  • Kehilangan mobil akibat tindak pelaku pencurian


  • Kerusakan mobil akibat kebakaran


  • Kerusakan mobil akibat banjir


  • Dan lain-lain

Bayangkan jika seseorang memiliki mobil seharga Rp500.000.000. Kemudian mobil tersebut hilang. Maka uang yang telah dikeluarkan untuk membelinya pun ikut hilang. Namun tidak demikian halnya jika Anda melindunginya dengan asuransi mobil all risk.

Biaya Asuransi Mobil All Risk

Sebagai informasi asuransi mobil all risk komprehensif memiliki nilai premi termahal. Namun jangan dulu dilihat dari nominalnya. Lihatlah jumlah perlindungan yang ditawarkannya kepada nasabah. Karena besaran biayanya berbanding lurus dengan perlindungan yang didapatkan.

Namun untuk pembayaran asuransi mobil all risk berbeda dengan jenis pertanggungan pada umumnya. Jika pertanggungan lain dibayar satu bulan sekali maka all risk hanya satu tahun sekali saja.

Sementara itu penilaian pembiayaannya pun berbeda-beda. Misalnya biaya asuransi mobil all risk di Jakarta beda dengan di Sumatera. Sederhananya, jumlah biayanya tergantung dari wilayah di mana anda mengajukan asuransi tersebut. Untuk wilayahnya sendiri umumnya dibagi menjadi 3, yaitu:


  • Wilayah 1: Sumatera dan kepulauan yang berada di sekitarnya.


  • Wilayah 2: Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.


  • Wilayah 3: Semua daerah yang ada di seluruh Indonesia (tidak termasuk untuk wilayah 1 dan 2).

Sementara untuk besaran biaya diberlakukan dari nilai beli mobil itu sendiri. Kisarannya mulai dari 2% hingga 4%. Misalnya Anda membeli mobil seharga Rp500.000.000. kemudian diasuransikan dengan komprehensif. Maka, Anda harus membayar sekitar 2,5% dari nilai beli mobil tersebut.

Besaran biaya tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi mobil all risk itu sendiri. Silahkan Anda survei pembiayaan masing-masing perusahaan untuk menemukan nilai yang diinginkan.

Kategori Pembiayaan Asuransi Mobil All Risk

Sebelum menghitung kalkulasi asuransi mobil all risk, ketahui kategori pertanggungan terlebih dahulu. Ada 3 wilayah yang sudah kami jelaskan di atas. Masing-masing wilayah dibagi ke dalam beberapa kategori berikut:


Kategori Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 1 Rp 0 hingga Rp 125 juta 3,82% - 4,20% 3,26% - 3,59% 2,53% - 2,78%
Kategori 2 Rp 125 hingga Rp 200 juta 2,67% - 2,94% 2,47% - 2,72% 2,69% - 2,96%
Kategori 3 Rp 200 hingga Rp 400 juta 2,18% - 2,40% 2,08% - 2,29% 1,79% - 1,97%
Kategori 4 Rp 400 hingga Rp 800 juta 1,20% - 1,32% 1,20% - 1,32% 1,14% - 1,25%
Kategori 5 Rp 800 juta 1,05% - 1,16% 1,05% - 1,16% 1,05% - 1,16%

Dari tabel di atas, bisa kita simpulkan bahwa semakin besar harga mobil maka semakin kecil biaya preminya. Selanjutnya jika ingin mengajukan asuransi mobil all risk silahkan cek wilayah Anda terlebih dahulu.

Apakah Anda masuk ke wilayah 1, 2, atau 3? Karena, biaya asuransi mobil all risk di masing-masing wilayah berbeda-beda. Tabel di atas juga bertujuan untuk menghitung estimasi biaya. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan finansial untuk pembayaran jika memilihnya.

Kalkulasi Asuransi Mobil All Risk

Sejauh ini kini Anda sudah tahu pembiayaan dan sistem pembayarannya. Nah, selanjutnya mari kita lakukan penghitungan kalkulasi asuransi mobil all risk. Tujuannya agar Anda bisa menghitung besaran biaya yang harus dikeluarkan setiap tahunnya.

Mari kita buat simulasi sederhana. Misalnya Anda memiliki mobil seharga Rp800.000.000. Kemudian diasuransikan dengan asuransi mobil all risk. Maka besaran biayanya adalah 1,05% dari nilai beli kendaraan. Berikut cara menghitungnya:

1,05% x Rp800.000.000 = Rp8.400.000 per tahun

Itulah nominal biaya yang harus Anda keluarkan untuk asuransi mobil all risk setiap tahunnya. Silahkan hitung sesuai dengan harga mobil Anda.

Faktor yang Memengaruhi Biaya Asuransi Mobil All Risk

Selain wilayah, ada faktor lain yang juga memengaruhi besaran biaya asuransi mobil all risk. Selain harga mobil, tahun produksi mobil juga dapat memengaruhinya. Semakin mahal mobil maka biaya premi pun akan semakin besar.

Namun, dipertimbangkan juga tahun produksinya. Semakin tua usia mobil biasanya preminya pun akan bertambah. Pasalnya, pihak asuransi mobil all risk tidak ingin menanggung risiko besar. Karena semakin tua umur kendaraan akan semakin banyak risiko kerusakan maupun kecelakaan.

Selain itu, untuk jenis mobil seharga Rp 2 M lebih, biasanya ada asuransi khusus. Artinya kebanyakan asuransi mobil all risk hanya melayani perlindungan dengan maksimal harga mobil Rp800.000.000.

Tertarik untuk mengajukan asuransi mobil all risk? Yuk cari perusahaan dan polis yang cocok di https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/. Cekaja.com akan membantu Anda dalam memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Lindungi mobil kesayangan Anda dengan perlindungan asuransi sekarang juga!

2 comments:

  1. Waaahh jujur saya selalu pusing kalau diminta ngitung yang gini-gini, mending ngitung pakai aplikasi aja deh hahaha.
    Tapi intinya kalau pakai asuransi all risk jadi lebih nggak degdegan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun nggak begitu suka dengan hal hitung menghitung karena bikin pusing. Jadi dulu pas jaman sekolah pun aku nggak begitu suka pelajaran matematika.

      Delete