Monday, June 22, 2020

Kebiasaan Baik Selama Pandemi Corona dan Berkenalan dengan Halodoc

Cuci Tangan dengan Sabun
Pic from Canva
Sejak wabah virus Corona mulai membuat semua orang resah maka saya pun juga merasakan keresahan tersebut. Semua orang merasakan dampak buruk dari adanya virus Corona ini. Dan demi memutus penyebaran virus Corona maka para pelajar diwajibkan belajar di rumah saja. Sedangkan untuk para pekerja dihimbau untuk bekerja di rumah saja bagi beberapa pekerjaan tertentu saja.

Virus Corona menyerang sistem pernafasan manusia. Tanda-tanda seseorang terkena virus Corona yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan, demam, dan pusing. Maka dari itu kita harus waspada dan tetap menjaga kesehatan karena virus Corona mudah sekali menular.
Semakin hari makin banyak orang yang meninggal dunia karena terkena virus Corona dan setiap hari pula semakin bertambah banyak orang-orang yang positif terkena virus Corona. Pasar tradisional menjadi tempat penularan virus Corona yang paling cepat sehingga saat ini diadakan covid test bagi para pedagang dan pembeli di pasar.

Untuk di daerah Kabupaten Kendal maka sudah dilaksanakan tes cepat virus Corona di beberapa pasar seperti pasar Gladak, pasar Pagi Kaliwungu, hingga pasar Sidorejo. Dan selama tiga hari ini pasar Gladak dan pasar Pagi Kaliwungu tutup selama tiga hari demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

Selama masa pandemi virus Corona ini maka saya pun memiliki kebiasaan baik terutama kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Berikut ini adalah kebiasaan baik yang saya lakukan selama masa pandemi virus Corona yaitu,

1. Memakai Masker Kain Saat Bepergian
Masker Kain
Edited by Farida Asadi.
Sebenarnya sudah sejak tahun 2015 saya sudah rutin memakai masker kain saat bepergian. Namun terkadang saya lupa untuk memakai masker kain saat bepergian. Selama masa pandemi virus Corona ini maka saya pun selalu mengingatkan diri saya sendiri untuk selalu memakai masker kain saat bepergian agar terhindar dari virus Corona. Saya pun selalu mengingatkan keluarga saya untuk selalu memakai masker kain saat bepergian.

2. Rutin Mencuci Baju Setiap Hari

Biasanya saya mencuci baju setiap dua hari sekali. Akan tetapi selama masa pandemi Corona ini saya selalu rutin mencuci baju setiap hari agar baju yang saya pakai bersih dan wangi serta tidak ada bakteri, kuman, dan virus. Semoga kebiasaan baik mencuci baju setiap hari akan terus berlanjut hingga saya terbiasa mencuci baju setiap hari.

3. Rutin Cuci Tangan dengan Sabun

Saya sudah rutin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setelah melakukan aktivitas ataupun sebelum melakukan aktivitas. Saya pun juga selalu mengingatkan seluruh anggota keluarga saya untuk rutin cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Saya juga memiliki kebiasaan yang baik selama masa pandemi virus Corona ini yaitu selalu membawa hand sanitizer jika hendak bepergian.

4. Belajar Hemat

Banyak yang resah dan gelisah selama masa pandemi virus Corona ini karena banyak usaha yang tutup sehingga banyak karyawan yang terkena PHK. Masa pandemi virus Corona ini juga membawa dampak buruk bagi keluarga saya karena harga sayur semakin murah dan tidak ada pembeli sayur di pasar akibat dari pasar yang tutup. Maka dari itu, selama masa pandemi virus Corona ini maka saya dan keluarga saya belajar berhemat karena kondisi keuangan yang memburuk.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Demi menjaga kesehatan tubuh agar selalu sehat maka saya dan keluarga saya harus menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Misalnya saja dengan mengkonsumsi sayur dan buah hasil memetik dari kebun seperti sayur bayam dan buah jambu. Selain itu, saya dan keluarga saya juga mengkonsumsi daging ayam hasil ternak sendiri dan daging ayam tersebut harus matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Saya dan keluarga saya juga sering mengkonsumsi wedang jahe untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Karena membahas seputar kebersihan dan kesehatan maka saya teringat dengan situs website yang sering saya kunjungi untuk mencari informasi seputar kesehatan. Situs website yang saya maksud adalah Halodoc (www.halodoc.com).

Berkenalan dengan Halodoc

Menurut pendapat saya, Halodoc (www.halodoc.com) adalah situs website yang bisa kita gunakan untuk mencari informasi seputar dunia kesehatan. Ada banyak sekali artikel kesehatan di Halodoc yang bisa kita baca sesuai dengan urutan abjad A-Z.

Awal mula saya mengenal Halodoc yaitu saat beberapa bulan yang lalu ketika adik sepupu saya merekomendasikan saya untuk membeli sirup obat batuk Allerin Ekspektoran. Saat itu juga saya mendapatkan informasi seputar Allerin Ekspektoran mulai dari harga, manfaat, dan yang lainnya melalui Halodoc.

Sejak saat itu maka saya pun sering mencari informasi seputar dunia kesehatan melalui Halodoc. Untuk kalian yang ingin mendapatkan informasi kesehatan maka kalian bisa mencari informasi seputar dunia kesehatan melalui Halodoc.

10 comments:

  1. Iya pakai masker sangat penting untuk menghindari penularan ya mbak, terutama saat keluar rumah. Saat ini masker kain banyak model, warna dan sangat menarik. Bahkan ada dengan karakter tertentu yang lucu-lucu. Harganyapun sangat terjangkau. Jadi nggak ada alasan untuk tidak memakai masker kain yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Betul banget. Kalau aku suka memakai masker kain motif Doraemon. Tapi kadang aku juga pakai masker kain tanpa motif.

      Delete
  2. Wah, di halodoc selain bisa memperoleh ilmu kesehatan dan berkonsultasi gratis dengan dokter, ternyata bisa juga ikut tes covid secara online ya mb. jadi lebih mudah dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kalau aku lebih suka cari informasi seputar artikel kesehatan di Halodoc karena artikelnya lengkap dan jelas.

      Delete
  3. Halodoc ini jadi sering banget saya buka terutama sejak pandemi ini, soalnya banyak membantu banget sih ya, terutama mencari tahu tentang ilmu kesehatan, mana yang mitos, mana yang enggak.
    Semua lebih asyik bacanya di halodoc :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Aku pun suka baca-baca artikel kesehatan di Halodoc karena lengkap dan diurutkan sesuai abjad.

      Delete
  4. Sebelum ada Corona saya malas pakai masker soalnya tidak terlalu perlu, tapi sejak ada korona sekarang kalo keluar rumah pakai masker.

    Iya ya, gara gara Corona ini ekonomi jadi memburuk. Banyak karyawan kena PHK, pasar juga sepi karena orang pada ngirit semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sudah sering pakai masker kain sejak tahun 2015 sampai sekarang ini. Tapi aku belum pernah pakai masker medis.

      Delete
  5. Samaaa. Aku juga menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik di atas untuk beradaptasi dengan new normal. Semoga sehat-sehat selalu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya agar kita tetap sehat selalu dan terhindar dari virus Corona.

      Delete