Saturday, June 20, 2020

3 Poin Penting Dalam Ilmu Dasar Akuntansi Bagi Pemula

Akuntansi
Pic from Pixabay
Saat memutuskan untuk memulai bisnis, alangkah baiknya memulai juga dengan menyusun pembukuan keuangan sederhana terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah dan dengan memanfaatkan aplikasi BukuKas. Sehingga tidak perlu lagi membuat file atau query khusus untuk sebuah laporan pembukuan bisnis.

Meskipun penggunaan dari aplikasi BukuKas sangat sederhana dan mudah, tetapi ada suatu hal yang harus dipahami terlebih dahulu. Hal itu adalah memahami ilmu akuntansi.

Untuk ilmu akuntansi yang harus dipahami, tidak harus yang secara mendalam dan detail sesuai dengan ilmu akuntansi yang diajarkan di sekolah maupun perguruan tinggi. Hal yang harus dipahami tentang ilmu akuntansi hanya tentang pengertian akuntansi, baik dalam pengertian secara umum hingga berdasarkan Undang Undang.

Setelah memahami pengertian akuntansi, berikutnya memahami akan dasar dasar ilmu akuntansi. Dasar yang harus dipahami ialah tentang tata cara pembukuan dan pencatatan.

Untuk pembukuan yang harus dipahami adalah laporan laba dan rugi serta neraca keuangan. Sementara itu untuk pencatatannya meliputi tugas dan kewajiban, modal, penghasilan, hingga biaya biaya.

Dari semua dasar akuntansi yang ada, ada 3 buah poin yang menjadi sangat penting daripada poin lainnya. Poin tersebut yaitu :

1. Pembukuan Buku Kas

Pembukuan adalah gabungan catatan antara pemasukan dan transaksi keuangan. Buku kas sering kali disebut juga dengan catatan kas.

Pembukuan keuangan sederhana ini sangat mudah untuk dilakukan. Hal yang diperlukan hanya mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas usaha. Mulai dari pembelian bahan, penjualan, pemasukan, operasional, administrasi, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Dengan buku kas dapat dengan mudah untuk menyusun suatu perencanaan yang bertujuan untuk membuat usaha atau bisnis menjadi lebih berkembang. Lalu dapat juga untuk memantau pencapaian target usaha dan persentase besarnya modal yang kembali.

2. Pembukuan Persediaan Bahan Baku

Poin penting yang kedua yaitu pembukuan akan persediaan bahan baku. Untuk hal ini tidak harus terfokus pada bahan baku semata, namun juga persediaan barang yang telah siap untuk dijual. Hal ini khusus usaha dalam bidang produksi rumahan dan tidak menjadi reseller barang jadi.

Keuntungan dalam pembukuan persediaan bahan baku bukan hanya sekedar mengetahui persediaan barang yang telah siap untuk dijual. Namun juga dapat menghindari resiko kecurangan yang dilakukan oleh seorang karyawan.

Dengan ini akan terlihat jelas jika ada suatu barang yang hilang. Untuk lebih jelasnya dapat melengkapi ruang dengan CCTV. Jadi dapat mencari bukti kuat jika terjadi suatu kecurangan.

3. Pembukuan Inventaris Barang

Poin yang terakhir yaitu pembukuan atas barang yang diinventasi untuk keperluan bisnis. Baik berasal dari diri sendiri maupun orang lain. Semua hal itu sangat penting untuk kelancaran operasional usaha. Jadi harus dijaga sebaik mungkin.

Itulah 3 poin penting pembukuan keuangan sederhana dalam akuntansi yang harus dipahami. Semua pembukuan itu dapat dicatat dengan mudah dan efektif hanya dengan satu aplikasi yang bernama BukuKas.

2 comments:

  1. Jujur saya agak musuhan dengan akutansi, kadang berpikir akutansi itu ribet amat, masa selisih 50 rupiah aja dicari hahaha.

    Padahal ya ilmu akutansi itu menarik dan bermanfaat banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nggak begitu suka akuntansi karena berhubungan dengan hitung menghitung dan keuangan. Tapi ya kadang pengen belajar akuntansi juga sih.

      Delete