Sunday, May 17, 2020

Tips Betah di Rumah Selama Bulan Ramadhan

Tips Betah di Rumah
Pic from Instagram Blogger Perempuan
Tak terasa sudah tiga pekan kita menjalani ibadah puasa Ramadhan. Dan kurang satu pekan lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri. Bulan Ramadhan kali ini terasa berbeda karena sepi. Virus Corona yang menjadi penyebab bulan Ramadhan kali ini terasa sepi karena kita dihimbau untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah saja demi memutus penyebaran Virus Corona.

Lalu, apa saja yang saya lakukan saat di rumah saja? Tentu saja ada banyak hal yang saya lakukan agar saya tidak merasa bosan selama berada di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara betah di rumah saja selama bulan Ramadhan yang sudah pernah saya lakukan yaitu,

1. Bermain dan Belajar Bersama Keponakan

Keponakan saya yang pertama merupakan siswa kelas tiga sekolah dasar dan karena ada himbauan untuk belajar di rumah maka saya pun sering mendampingi keponakan saya untuk belajar di rumah seperti mengerjakan soal-soal latihan hingga mendampingi keponakan saya untuk membuat masker dari kain.

Selain belajar di rumah, saya dan keponakan saya pun sering bermain bersama. Saya, keponakan saya yang pertama, dan keponakan saya kedua yang masih berusia satu tahun maka seringkali saya dan keponakan-keponakan saya bermain layang-layang, membuat perahu kertas, dan yang lainnya.

2. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah bisa menjadi rutinitas yang membuat saya merasa tidak bosan saat di rumah saja. Lalu saya pun membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel, hingga mencuci piring.

3. Berkreasi Membuat Menu Makanan

Selama bulan Ramadhan ini saya banyak belajar membuat menu makanan yang belum pernah saya masak sebelumnya seperti soto dan gulai untuk menu makanan berbuka puasa dan sahur. Dan saya mencoba membuat es ijo biji selasih di hari pertama bulan Ramadhan tahun ini, akan tetapi rasanya kurang segar menurut saya sehingga di lain waktu saya ingin membuat es ijo biji selasih lagi agar rasanya segar enak dan pas.

4. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an menjadi rutinitas setiap hari bagi saya. Akan tetapi selama bulan Ramadhan ini maka saya lebih banyak membaca Al-Qur'an. Dan seketika saya teringat dengan bulan Ramadhan saat saya masih sekolah waktu itu karena setiap bulan Ramadhan maka diwajibkan untuk membaca Al-Qur'an terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar di sekolah.

5. Mencari Informasi Terkini Melalui Televisi

Selain menonton kartun dan sinetron komedi untuk hiburan agar tetap betah di rumah selama bulan Ramadhan, maka saya pun sering menonton berita terkini seputar hal-hal update yang sedang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia.

6. Membaca Buku

Saya suka membaca buku namun di tahun 2020 ini saya masih jarang membaca buku. Maka agar betah di rumah saya pun akhirnya membaca buku seputar ilmu pengetahuan dan kadang saya membaca novel bergenre komedi.

7. Menonton Film

Saya suka menonton film-film karya Indonesia yang memang bagus dan memiliki banyak pesan baik untuk para penonton. Saya menonton film-film Indonesia di televisi, laptop, dan smartphone. Semoga keadaan segera membaik agar saya bisa segera menonton film di bioskop.

Film-film Indonesia yang pernah saya tonton yaitu Aruna dan Lidahnya, 212 The Power of Love, Laskar Pelangi, Super Didi, Wedding Agreement, Surga yang Tak Dirindukan, Surga yang Tak Dirindukan 2, dan film-film Indonesia yang lainnya.

Itulah hal-hal yang saya lakukan agar saya betah di rumah selama bulan Ramadhan ini. Lalu, apa saja yang kalian lakukan agar tetap betah di rumah? Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya agar kita sehat selalu!

2 comments:

  1. hahaha nonton drakor! terus nulis reviewnya hahaha.
    Kalau saya betah-betah aja sih, orang memang anak rumahan.
    Cuman karena sekarang jadi mamak-mamak, sungguh saya bosan, pengen sesekali bebas dari anak-anak dan masak huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Lagi on going nonton drama Korea The World of The Married nih aku. Aku pun udah kangen pengen pergi kemana gitu biar bisa liburan.

      Delete