Thursday, April 23, 2020

Day 2 - Dongeng Favorit di Masa Kecil

Dongeng
Pic from Instagram Stiletto Book
Masa kecil menjadi masa yang paling indah bagi saya karena masa kecil saya penuh dengan suka dan canda tawa. Masa kecil adalah saat dimana saya hanya memikirkan hal-hal sederhana saja seperti berangkat sekolah, belajar, mengaji, bermain dan kadang-kadang membantu pekerjaan orang tua.

Membahas masa kecil mengingatkan saya tentang beberapa dongeng favorit saya di masa kecil saya. Berikut ini adalah beberapa dongeng favorit saya saat saya masih kecil yang menjadi dongeng kesukaan saya yaitu,

1. Kancil dan Pak Tani

Dongeng Kancil dan Pak Tani ini menjadi dongeng favorit saya karena almarhum bapak saya sering menceritakan dongeng Kancil dan Pak Tani sebelum saya tidur. Dongeng Kancil dan Pak Tani juga mengingatkan saya dengan profesi seorang petani karena bapak dan ibu saya adalah seorang petani. Saya rindu bercocok tanam di sawah bersama kedua orang tua saya seperti dulu saat saya masih kecil. Semoga suatu saat nanti saya bisa membeli sawah dan bisa bercocok tanam lagi seperti dahulu.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Siapa yang suka dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih? Dari dulu hingga kini dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih ini selalu menjadi dongeng kesukaan anak-anak. Saya pun juga suka dengan dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih.

3. Timun Mas

Masih ingatkah kalian dengan dongeng Timun Mas? Kalau kalian masih ingat dengan dongeng Timun Mas maka kita sama karena saya juga masih mengingat dongeng Timun Mas. Saya pernah membaca buku cerita tentang Timun Mas, menonton kartun Timun Mas, hingga menonton film Timun Mas.

Mengingat masa kecil dengan dongeng-dongeng favorit di masa kecil membuat saya teringat saat menonton film kartun dongeng bersama para tetangga dan adik sepupu. Momen berkumpul bersama sambil menonton film kartun dongeng bersama menjadi waktu yang sangat menyenangkan kala itu.

Selain itu, saya pun menjadi suka membaca buku terutama buku dongeng yang dilengkapi gambar karena saya lebih tertarik dengan buku dongeng yang disertai gambar karena lebih menarik dan jalan cerita lebih mudah dipahami.

Membaca buku dongeng juga membuat saya menjadi menyukai mata pelajaran Bahasa Indonesia karena seringkali banyak buku dongeng yang harus dibaca demi memenuhi suatu tugas atau pekerjaan rumah.

Dengan membaca dongeng-dongeng favorit saya ketika saya masih kecil maka hal tersebut membuat saya ingin lebih banyak membaca buku seputar dunia anak-anak. Saya pun akhirnya berkeinginan untuk membaca buku dongeng melalui perpustakaan digital iPusnas.

Anak-anak usia sekolah dasar di kampung saya pun rata-rata memiliki dua sampai tiga buku dongeng. Maka dari itu saya merasa bahagia karena anak-anak usia sekolah dasar di kampung saya menyukai buku dan dongeng.

Buku dongeng dan cerita anak-anak juga menjadi buku yang sering dicari oleh banyak orang. Saya pun sering mencari buku cerita anak saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan saya sering membaca majalah anak-anak yang lumayan banyak memiliki cerita anak.

Saya pun ingin sekali menjadi reviewer buku cerita anak-anak karena saya masih ingin terus belajar mereview buku terutama buku yang sesuai untuk anak-anak. Saya pun pernah ke toko buku yang ada di Kota Semarang dan saya merasa bahagia sekali karena bisa melihat langsung banyaknya buku-buku cerita anak.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang dongeng favorit saya di masa kecil. Lalu, apakah kalian memiliki dongeng favorit di masa kecil? Dan apakah kita memiliki dongeng favorit yang sama atau malah justru berbeda?

2 comments:

  1. Saya masih suka membacakan dongeng pak tani dan kancil untuk anak saya, tiap mau tidur saja pasti minta di ceritakan sebuah dongeng atau cerita.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asik ya bisa membacakan dongeng untuk anak. Kalau aku lebih suka dibacakan dongeng waktu aku masih kecil. Hehehe.

      Delete