Thursday, April 30, 2020

7 Tips Mudah Memulai Bisnis Ekonomi Kreatif di Era Digital

Ekonomi Kreatif
Pic from Canva
Semakin hari semakin canggih teknologi sehingga memudahkan kita dalam membangun dan memulai bisnis ekonomi kreatif di era digital. Lalu, hal apa saja yang harus kita lakukan dalam memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital? Berikut ini adalah tips mudah memulai bisnis ekonomi kreatif di era digital yaitu,

1. Menentukan Tujuan Membangun Bisnis Ekonomi Kreatif di Era Digital

Langkah awal dalam memulai sebuah bisnis adalah kita harus menentukan tujuan dari bisnis yang akan kita jalankan. Tujuan utama membangun bisnis adalah memperoleh keuntungan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pemilik bisnis.

Selain itu, ada juga tujuan lain dari membangun dan memulai bisnis ekonomi kreatif di era digital yaitu menjadi seorang pengusaha yang terkenal, bisa membantu tetangga terdekat yang membutuhkan pekerjaan dengan memberikan pekerjaan dari usaha yang kita bangun kepada tetangga tersebut.

2. Cerdas Melihat Peluang Bisnis Ekonomi Kreatif di Era Digital

Dalam memulai bisnis dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital maka kita harus cerdas melihat peluang yang ada seperti peluang bisnis yang bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa yang bisa membuat bisnis ekonomi kreatif semakin sukses.

3. Menentukan Target Konsumen

Menentukan target konsumen merupakan hal yang penting dalam memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital karena dengan menentukan target konsumen kita bisa lebih tepat dalam memasarkan produk dan lebih tepat penggunaan produk tersebut. Misalnya saja mempromosikan produk baju dan perlengkapan bayi kepada para ibu hamil dan para ibu yang mempunyai anak balita.

4. Membangun Ciri Khas

Membangun ciri khas merupakan hal yang penting saat memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital. Ciri khas ini akan membuat suatu bisnis gampang dikenal masyarakat dan lebih diingat oleh masyarakat. Misalnya saja menonjolkan suatu produk atau jasa dengan menunjukkan ciri khas kualitasnya yang unggul dan terbaik.

5. Memasarkan Produk atau Jasa

Memasarkan produk atau jasa merupakan hal yang sangat penting dalam memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital. Memasarkan produk dan jasa ini bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada seluruh masyarakat. Selain memasarkan produk atau jasa secara offline maka wajib juga memasarkan produk atau jasa secara online melalui media sosial Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram dan yang lainnya.

6. Harus Selalu Semangat Belajar Mengasah Kemampuan

Sebagai seseorang yang sedang memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital ini maka kita harus selalu semangat belajar mengasah kemampuan agar kita bisa memperbaiki kesalahan kita. Kita juga harus menerima saran dan kritik dari orang lain tentang bisnis yang kita mulai dan kita bangun agar bisnis tersebut terus bertahan dan memperoleh banyak keuntungan.

7. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Menjaga kebersihan dan kesehatan bagi pengusaha bisnis ekonomi kreatif ini sangatlah penting karena dengan menjaga kebersihan maka akan menjadi nilai tambah bagi para konsumen yang memakai produk atau jasa usaha kita. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan yaitu selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang bersih, istirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi agar kita sehat selalu sehingga bisa menjalankan bisnis ekonomi kreatif di era digital ini.

Itulah tujuh tips memulai dan membangun bisnis ekonomi kreatif di era digital ini. Lalu, apakah kalian sudah memiliki gambaran tentang bisnis ekonomi kreatif di era digital yang akan kalian jalankan sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan?

2 comments:

  1. Membangun ciri khas itu penting dan itu amat sangat berkaitan dengan konsistensi.
    Secara sekarang tuh saingan berjubel, kalau nggak punya ciri khas ya sulit buat ebrsaing apalagi berkembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Membangun ciri khas itu memang penting banget ya. Dan ciri khas itu memang erat kaitannya dengan konsistensi.

      Delete