Sunday, April 19, 2020

7 Tanda-Tanda Masuk Angin

Masuk Angin
Pic from Canva
Saat ini cuaca sedang tidak menentu. Kadang seharian panas dan terang benderang kemudian esok harinya hujan tiada henti. Pernah juga hujan lebat saat malam hari dan terang benderang saat pagi hari.

Cuaca yang tidak menentu tersebut ternyata membuat tubuh kita mudah mengalami sakit. Belum lagi polusi udara yang ditimbulkan dari sepeda motor dan mobil. Sehingga banyak hal yang bisa membuat kita gampang terserang suatu penyakit.

Saya pun sangat terganggu dengan cuaca yang tidak menentu ini karena membuat saya mudah terserang batuk dan pilek. Saya pun akan merasa pusing dan demam apabila saya terkena air hujan, maka dari itu saya selalu memperingatkan diri sendiri untuk selalu melindungi kepala agar tidak terkena air hujan. Biasanya saya melindungi kepala saya agar tidak terkena air hujan dengan helm, payung, jas hujan, dan kadang dengan terpaksa saya memakai kantong kresek untuk melindungi kepala saya dari air hujan.

Belum lagi di bulan April 2020 ini banyak berita yang menayangkan seputar virus Corona yang menyerang warga di banyak negara dunia. Dan di Indonesia pun semakin banyak orang yang terkena virus Corona. Maka dari itu, kita harus selalu senantiasa menjaga kebersihan agar tidak terkena suatu penyakit.

Di cuaca yang tidak menentu ini ternyata bisa membuat kita mengalami masuk angin. Saya pun pernah mengalami masuk angin dan hal tersebut membuat saya harus menunda hal-hal penting yang harus saya kerjakan. Berikut ini adalah 7 tanda-tanda masuk angin yang pernah saya alami yaitu,

1. Demam

Hal yang umum terjadi saat mengalami masuk angin adalah demam. Demam ini ditandai dengan tubuh yang terasa panas dan menggigil. Saya pernah mengalami demam yang ternyata akhirnya saya mengalami masuk angin.

2. Perut Kembung

Perut kembung juga merupakan tanda masuk angin. Perut kembung ini membuat saya merasa tidak nyaman sehingga biasanya saya mengoleskan minyak kayu putih pada perut saya yang kembung agar perut kembung tersebut bisa segera mereda.

3. Pusing

Seseorang yang mengalami masuk angin maka seringkali merasa pusing. Pusing ini selain membuat tidak nyaman juga membuat kita sulit untuk berkonsentrasi sehingga saat kita merasa pusing maka berhenti dulu dengan apa yang sedang kita kerjakan agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

4. Mual

Mual dan ingin muntah juga merupakan tanda masuk angin. Maka dari itu jika mengalami mual dan ingin muntah maka hal ini sangat membuat kita tidak nyaman karena kita ingin muntah tapi terasa sulit muntah sehingga tidak mempunyai selera untuk makan dan kalau makan pun terasa pahit semua.

5. Tenggorokan Kering

Saya seringkali mengalami tenggorokan kering karena saya terlalu banyak minum es dan makan makanan yang digoreng. Maka dari itu, saya berusaha untuk tidak banyak minum es dan tidak banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng agar saya tidak mengalami tenggorokan kering karena tenggorokan kering bisa menjadi tanda masuk angin.

6. Pilek

Pilek ini sering saya alami dan sangat membuat saya tidak nyaman karena seringkali saya harus mengeluarkan cairan berupa ingus yang susah keluar. Maka dari itu, saya pun sedang berusaha agar tidak mengalami pilek dengan memakai masker saat pilek dan tidak berkumpul dengan orang yang terkena pilek karena pilek juga merupakan tanda masuk angin.

7. Panas Dalam

Makan makanan yang terlalu panas dan terlalu pedas ternyata bisa membuat saya mengalami panas dalam dengan ditandai saya susah menelan makanan dan tenggorokan saya terasa panas dan sakit. Panas dalam ini juga merupakan tanda masuk angin jadi kalian harus teliti dalam memilih makanan agar tidak mengalami panas dalam.

Setelah mengetahui 7 tanda-tanda masuk angin, lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa sembuh dari masuk angin? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa segera sembuh dari masuk angin yaitu,

1. Istirahat yang Cukup

Jangan begadang ya jika kalian sedang masuk angin karena hal tersebut akan memperparah keadaan kalian! Maka dari itu istirahatlah yang cukup dengan tidur yang berkualitas seperti tidur dari pukul 21.00 malam sampai pukul 05.00 pagi! Dengan tidur berkualitas dan mengistirahatkan tubuh maka hal tersebut sebagai upaya agar kita pulih dan sehat kembali untum melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih agar tidak mengalami kekurangan cairan. Bisa juga minum air putih hangat agar tenggorokan terasa lega sehingga bisa membuat kita nyaman dan bisa segera sembuh dari masuk angin.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan itu memang harus dan wajib. Maka dari itu, agar kita tidak mudah terserang penyakit maka harus menjaga kebersihan seperti cuci tangan, mencuci piring, mencuci baju dan yang lainnya.

4. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi bisa membuat tubuh kita semakin sehat. Maka dari itu agar tidak gampang sakit maka kita harus mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

5. Minum Obat

Minum obat merupakan cara yang tepat agar bisa segera pulih dan sembuh dari sakit. Untuk bisa segera sembuh dari masuk angin maka seringkali saya minum obat Tolak Angin dari tahun 2015 saat saya masih menjadi kuli pabrik hingga saat ini jika saya mengalami masuk angin.
Tolak Angin
Pic by Farida Asadi
Tolak Angin merupakan obat untuk masuk angin yang sangat populer di masyarakat Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Tolak Angin terbuat dari jahe dan rempah-rempah lainnya. Tolak Angin bisa diminum untuk mengatasi masuk angin dengan gejala perut kembung, mual, pusing, sakit perut dan tenggorokan kering. Di warung terdekat dari rumah saya pun banyak sekali yang menjual produk Tolak Angin. Satu sachet Tolak Angin cair dengan isi 15 ml maka harganya yaitu Rp.3.000. saja.

Tolak Angin ini juga dilengkapi dengan madu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Keterangan produk Tolak Angin juga lengkap sekali dan Tolak Angin juga merupakan produk Indonesia yang diproduksi oleh PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk Semarang - Indonesia.

Itulah tanda-tanda masuk angin yang pernah saya alami. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya agar kita tidak terkena suatu penyakit! Dan jika kalian mengalami masuk angin maka kalian bisa minum Tolak Angin!

4 comments:

  1. Kalau saya mualnya tuh yang nggak nguatin, kalau udah masuk angin rasanya nggak enak banget.
    Kayaknya kudu stock tolak angin nih, sebagai pertolongan pertama saat masuk angin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aku dan ibuku juga sedia Tolak Angin. Tolak Angin ini harganya terjangkau dan bisa dibeli di warung terdekat.

      Delete
  2. Saya juga kalo masuk angin minum tolak utang, eh tolak angin maksudnya.😂

    Gejala masuk angin ya memang seperti itu, demam, pilek, tenggorokan kering dan kadang panas dalam.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kita sama ya kalau masuk angin minum Tolak Angin. Iya, nih cuaca yang tidak menentu kadang yang menjadi penyebab panas dalam. Kadang juga aku yang terlalu banyak makan makanan pedas terus kena panas dalam deh.

      Delete