Saturday, February 15, 2020

Tips Mengetahui Nomor HP yang Terdaftar Di NIK

Smartfren
Pic by Farida Asadi
Beberapa waktu belakangan, pihak pemerintah atau lebih tepatnya KOMINFO mengeluarkan kebijakan yang isinya pada proses registrasi kartu wajib untuk menggunakan NIK dan No. KK yang valid. Peraturan ini berlaku sebagai bentuk pencegahan adanya penipuan siber yang semakin merajalela. Peraturan ini pula wajib berlaku di semua operator selular tak terkecuali Smartfren.

Dengan adanya kebijakan ini, tidak ada yang bisa dengan mudah menyalahgunakan NIK dan No. KK seseorang. Selain itu, melalui cara ini bisa diketahui dengan mudah siapa pemilik dari kartu tersebut. Lantas bagaimana cara cek nomor yang terdaftar di NIK pada nomor Smartfren?

Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu HP yang Terdaftar di NIK

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan bergonta-ganti kartu tentu akan repot lantaran harus meng-unreg nomor sebelumnya baru kemudian bisa meregistrasi NIK pada nomor baru. Meski men-gunreg nomor mudah dilakukan, namun sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum meneruskan kebiasaan salah ini. Berikut ini cara mudah mengetahui nomor yang terdaftar NIK-nya di Smartfren.

Caranya cukup mudah Anda diharuskan mengakses link https://www.smartfren.com/ dan kemudian memasukkan semua data yang dibutuhkan. Cara lainnya adalah dengan mengetik *4444# pada menu telepon dan ikuti langkah-langkahnya. Di saat menemui kolom NIK Anda wajib mengisi 16 digit NIK baik yang ada di KTP ataupun di KK. Tentu saja NIK ini adalah NIK yang ingin dicek nomornya. Kemudian kirim dan ikuti langkah selanjutnya lagi. Tunggu beberapa saat hingga pihak contact center 4444 mengirimkan pesan yang isinya berapa saja nomor yang terdaftar melalui NIK tersebut. Bagaimana cukup mudah dan cepat bukan?

Itulah cara cek nomor kartu yang terdaftar di NIK dengan mudah dan cepat. Setelah Anda mengecek nomor dan ternyata ada kejanggalan atau ada nomor yang aneh, Anda bisa langsung menghubungi operator Smartfren untuk kemudian dilakukan pemblokiran.

Tak dapat dipungkiri jika Smartfren sebagai operator selular yang kini sangat diminati banyak orang selalu berbenah dan berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada setiap pelanggan setianya. Baik melalui layanan konvensional atau melalui website dan aplikasi. Tak hanya itu, Smartfren juga memberikan penawaran paket prabayar dengan harga terjangkau yang mana ini akan menguntungkan Anda sebagai pengguna. Belum percaya? Segera buktikan sendiri dengan mengunjungi gerai operator Smartfren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kenangan dan Pengalaman Tak Terlupakan Bersama Smartfren

Karena sejak tadi sudah membahas Smartfren, maka saat ini saya ingin menceritakan kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan bersama Smartfren saat saya masih menjadi siswi magang di CV Cycosoft Computama Kaliwungu (Cyco Computer).

Banyak sekali kenangan dan pengalaman yang saya dapatkan saat saya menjadi siswi magang kala itu di tahun 2012. Kurang lebih tiga bulan lamanya saya menjadi siswi magang maka saya pun banyak mendapatkan gambaran seputar dunia kerja di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak dan teknik komputer jaringan.

Untuk tugas saya sebagai siswi magang kala itu adalah di bagian penjualan produk komputer dan perlengkapannya. Maka setiap harinya saya harus mencatat barang yang masuk dan barang yang keluar. Selain itu, saya pun bertugas sebagai kasir.

Saya pun pernah mendapat tugas untuk memperkenalkan beberapa produk komputer terbaru kepada para konsumen yang datang di CV Cycosoft Computama. Awalnya saya malu, namun ternyata saya bisa menjelaskan produk baru tersebut mulai dari keunggulan, harga, dan yang lainnya.

Adapula produk favorit konsumen yang datang ke CV Cycosoft Computama yaitu modem Smartfren. Setiap minggunya modem Smartfren selalu laris dan banyak dibeli oleh para pelanggan setia CV Cycosoft Computama. Kenapa para pelanggan setia CV Cycosoft Computama memilih membeli modem Smartfren? Karena modem Smartfren ini berkualitas bagus dan harganya terjangkau.

Rekan-rekan magang saya dari sekolah lain di CV Cycosoft Computama pun juga menggunakan handphone Smartfren. Rekan-rekan saya tersebut mengatakan kalau mereka memang suka menggunakan handphone Smartfren karena kualitasnya bagus dan harganya juga terjangkau.

Membicarakan magang (praktik kerja industri) membuat saya teringat dengan para rekan-rekan magang dan juga para pembimbing saya di CV Cycosoft Computama. Rasanya rindu dan ingin segera bertemu dengan mereka sambil ngobrol santai seputar kenangan di masa lalu dan impian di masa depan.

Inilah sedikit cerita saya bersama Smatfren. Lalu, apakah kalian juga mempunyai kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan bersama Smartfren? Lalu apa saja nih kenangan dan pengalaman kalian bersama Smartfren?

8 comments:

  1. Wah noted nih, kadang bingung kan ya, apa nomor kita udah terdaftar atau belom, apalagi kalau sering gonta ganti perdana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kalau aku jaman dulu banget suka Gonta ganti perdana saat masih SMP dan SMK.

      Delete
  2. Adanya peraturan mendaftar pakai NIK jadi lebih meminimalisasi tindak kejahatan lewat nomor hape..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kak. Sedih dan resah banget gitu kalau mendengar dan melihat tindakan kejahatan lewat nomor hape.

      Delete
  3. Paling sebal kalau dapat SMS penipian dari nomor yang entah bagaimana bisa dipakai untuk nipu. Saya terganggu karena ngebalatak kotak masuk. Semoga saja kian nketatnya peratiran itu memudahkan masyarakat.
    Saya juga pengguna setia Smartfren. Dulu pakai modem MOBI dan hanya dengan 50 ribu bisa internetan sepuasnya. Lalu rusak gara-gara ada teman-teman keponakan ikutan main ke rumah dan ada yang ngegetokin modem yang tergeletak di dekat komputer, Gemas sekali karena suami malah ngebiarin keponakan main game di komputer saat saya sedang cyci baju di mata air yang jauh dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Aku pun sangat terganggu jika mendapat SMS penipuan. Keponakanku malah pernah membanting handphoneku sehingga handphoneku rusak. Huhuhu. Jadi sedih.

      Delete
  4. Halo, kak Siti.
    Salam kenal balik dari saya.

    Kebetulan banget aku datang berkunjung di artikel tentang smartfren ini, ponakanku baru saja kemarin kebingungan ngga tau caranya mengetahui nomor hp di NIK.

    Terimakasih sharingnya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, kak. Sama-sama. Semoga postingan blog ini bermanfaat ya untuk kita semua.

      Delete