Rabu, Januari 22, 2020

QR Standar, Pembayaran Digital Ala Milenial

Pic by Farida Asadi
Saat saya masih kecil, tukar menukar barang dengan barang (barter) masih sering dilakukan di kampung saya. Berbeda denga sekarang ini karena semua transaksi pembayaran menggunakan uang. Karena perkembangan zaman, pemakaian uang tunai untuk transaksi pembayaran mulai sedikit ditinggalkan karena kini sudah ada dompet digital yang memudahkan para pemakainya.

Saat ini, penggunaan dompet digital untuk pembayaran membawa dampak positif bagi para penggunanya. Menurut pendapat saya, dompet digital adalah tempat menyimpan uang yang berbentuk digital dengan menggunakan smartphone dan internet untuk proses pembayaran dan salah satunya adalah menggunakan kode QR?

Lalu apa itu kode QR (Quick Respon)? Menurut pendapat saya, kode QR adalah kode yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran digital agar pembayaran semakin mudah dan cepat dengan cara scan (pindai) dari smartphone dengan vending machine yang digunakan untuk transaksi pembayaran.
QR Standar
Design by Canva.
Karena memiliki banyak keunggulan, maka penggunaan dompet digital dengan scan kode QR makin banyak digunakan oleh sebagian besar orang terutama para generasi milenial. Lalu apa saja keuntungan menggunakan scan kode QR untuk transaksi pembayaran digital? Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan scan kode QR yang digunakan untuk transaksi pembayaran digital yaitu,

1. Memudahkan Dalam Transaksi Pembayaran

Dengan menggunakan dompet digital scan kode QR maka bisa memudahkan para pembeli maupun penjual. Misalnya saja sebagai pembeli tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak karena membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa berpotensi menimbulkan kejahatan pencurian. Sebagai penjual maka tidak perlu lagi menghitung uang si pembeli dan juga tidak perlu memberikan uang kembalian karena transaksi menggunakan dompet digital scan kode QR itu pas dan pasti.

2. Mendukung Program Pemerintah Dalam GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai)

Pemerintah Indonesia memiliki program GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) yaitu suatu gerakan untuk membuat masyarakat beralih menggunakan uang non tunai yang digunakan sebagai transaksi pembayaran dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat untuk menggunakan uang non tunai dalam kegiatan sehari-hari.

3. Bisa Digunakan untuk Pembayaran Transportasi Umum

Pernahkah kalian merasakan kesulitan saat akan membayar tiket transportasi bus umum karena tidak adanya uang receh? Hal tersebut membuat saya kesusahan sehingga hal tersebut selalu membuat saya waspada untuk menyiapkan uang receh saat akan naik transportasi bus umum.

Sebagai generasi milenial, saya merasa beruntung karena akhirnya bisa menggunakan dompet digital dengan scan kode QR untuk transaksi pembayaran digital tiket naik transportasi bus umum. Sekarang saya tak perlu khawatir lagi ketinggalan dompet dan khawatir tidak mempunyai uang receh karena saat ini saya sudah menggunakan dompet digital dengan scan kode QR untuk transaksi pembayaran digital tiket naik transportasi bus umum.

4. Bisa Digunakan Sebagai Media Promosi

Transaksi menggunakan dompet digital dengan scan kode QR banyak digunakan di beberapa minimarket dan hal tersebut merupakan salah satu promosi dari minimarket untuk membuat pembeli tertarik untuk berbelanja di minimarket tersebut karena berbelanja menggunakan dompet digital dengan scan kode QR memiliki banyak promo yang menarik.

5. Sebagai Upaya untuk Menghemat Uang

Menggunakan dompet digital dengan scan kode QR membuat saya bisa mengontrol keuangan. Karena jika berbelanja atau jajan dengan menggunakan uang tunai maka saya akan boros dalam berbelanja.

Berbelanja menggunakan dompet digital dengan scan kode QR membuat saya lebih menghemat uang karena saya akan berbelanja barang-barang yang memang penting dan sedang saya butuhkan. Selain itu, saya juga akan berbelanja saat ada promo menarik yang pastinya sebagai upaya untuk menghemat uang.

Pengalaman Seru Saat Transaksi Pembayaran Digital Menggunakan Kode Scan QR

Saat itu ada seorang teman yang memberi kabar baik kepada saya tentang dompet digital yang praktis dan bisa menghemat uang. Lalu setelah mendengar kabar tersebut maka saya langsung ingin menggunakan dompet digital untuk transaksi pembayaran digital.

Perjalanan pulang dari Semarang saat naik Bus Trans Semarang membuat saya sadar tentang keuntungan dan kemudahan menggunakan dompet digital scan kode QR. Waktu itu uang saya hanya tersisa Rp.10.000. dan saya merasa kebingungan apakah saya bisa sampai pulang ke Kendal dengan uang yang hanya tersisa Rp.10.000. tersebut?

Akhirnya saya mendownload aplikasi dompet digital dan isi saldo dompet digital terlebih dahulu.  Kemudian saya menggunakan dompet digital scan kode QR saat transaksi pembayaran untuk naik Bus Trans Semarang.

Karena saat itu sedang ada promo menarik jika naik Bus Trans Semarang menggunakan metode pembayaran dompet digital scan kode QR maka saya hanya membayar Rp.10. saja karena saya menggunakan dompet digital dengan scan kode QR. Akhirnya saya bisa berhemat uang karena telah menggunakan dompet digital dengan scan kode QR.

Pengalaman lainnya adalah saat saya berbelanja di minimarket terdekat dari rumah saya yaitu untuk berbelanja sikat gigi dan pasta gigi. Karena saya menggunakan dompet digital dengan scan kode QR saat transaksi pembayaran maka saya mendapat cashback yang jumlahnya lumayan sehingga bisa membuat saya lebih berhemat.

Membicarakan scan kode QR membuat saya teringat dengan acara seru yang memiliki banyak ilmu bermanfaat bagi para pesertanya. Lalu apakah acara tersebut? Apakah acara tersebut memang benar bermanfaat bagi pesertanya? Acara tersebut adalah #FesKaBI2019. Lalu apa itu #FesKaBI2019?

Sekilas Info Tentang #FesKaBI2019

#FesKaBI2019 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. #FesKaBI2019 merupakan festival edukasi yang membahas tentang QRIS (QR Indonesia Standard). Acara tersebut digelar di Universitas Sebelas Maret Solo pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019. #FesKaBI2019 dihadiri oleh lebih dari 1900 mahasiswa di area Kota Solo.

#FesKaBI2019 memiliki berbagai rangkaian acara yang menarik seperti talkshow tentang #GairahkanEkonomi dengan narasumber Ussy Sulistyowati (Owner Dissy Cosmetic dan Lurik Coffee and Kitchen), dan Yukka Harlanda (Founder and CEO of Brodo).

Adapula acara workshop video dan blog yaitu cara asik bikin konten kreatif dengan narasumber Agung Hapsah (Conten Creator) dan Santi Utami (Blogger). Ada juga penampilan spesial dari Ricky Wattimena (Stand Up Comedian dan Creativepreneur), dan JAZ.

#FesKaBI2019 bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa tentang manfaat penggunaan QRIS (QR Indonesia Standard) sebagai untuk #MajukanEkonomiYuk dengan cara #PakaiQRStandar sebagai pembayaran digital bagi para generasi milenial yang memiliki banyak keuntungan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog competition yang diadakan oleh Bank Indonesia dengan tema ‘’QR Standar Pembayaran Digital Ala Milenial’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar