Sunday, January 05, 2020

Diagnosis dan Perawatan untuk Luka Bakar Parah

Kue Ulang Tahun
Pic from www.pixabay.com
Luka bakar merupakan salah satu jenis luka bisa dialami oleh semua orang. Musibah ledakan bahan kimia maupun kebakaran patut diwaspadai karena dapat menimbulkan korban luka bakar parah. Walaupun begitu, beberapa penyebab lain seperti tumpahan minyak panas juga dapat menimbulkan luka bakar parah.

Diagnosis Luka Bakar Parah

Walaupun beli obat luka bakar parah bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi lebih lanjut. Namun penanganan luka jenis ini membutuhkan penanganan dari dokter. Oleh karena itu untuk mendiagnosis apakah luka bakar yang Anda alami termasuk ke dalam kategori parah atau tidak, maka dibutuhkan pemeriksaan secara lanjut oleh dokter kulit. 

Jika dokter meyakini adanya gangguan pada organ tubuh lain akibat luka bakar, maka diagnosis dilakukan dengan cara melakukan rontgen di daerah luka serta tes darah.

Perawatan Luka Bakar Parah

Jika perawatan luka bakar ringan bisa dilakukan sendiri di rumah, maka perawatan luka bakar parah membutuhkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit. Jadi walaupun beli obat luka bakar bisa membantu, penggunaannya tetap harus dibawah anjuran dokter. 

Tindakan pertama yang dilakukan untuk merawat korban luka parah adalah dengan memasang alat bantu nafas sehingga korban tetap mendapat asupan oksigen. Jika penderita mengalami syok akibat luka bakar parah, maka dokter biasanya akan menyuntikkan cairan infus untuk mencegah dehidrasi.

Obat luka antibiotik juga diberikan untuk mencegah infeksi pada daerah luka. Luka parut juga diangkat sehingga lapisan baru kulit bisa tumbuh kembali. Jika luka bakar yang dialami penderita cukup dalam, maka dokter juga biasanya menyarankan cangkok kulit dengan menggunakan kulit sehat dari bagian tubuh lainnya. Jika fleksibilitas sendi terganggu, maka tindak operasi juga akan dilakukan.

Luka bakar parah memang sangat berbahaya. Namun jika pertolongan pertama dan perawatan lanjutan dilakukan secara cepat maka risiko yang lebih berbahaya tentu bisa dihindari. Untuk bisa mengatasi luka lain, Anda juga bisa membeli obat luka dengan pembayaran dan pencarian yang lebih mudah di www.goapotik.com. Sedangkan informasi kesehatan menarik seperti cara menyembuhkan luka dengan bubuk kopi juga bisa didapat melalui website www.guesehat.com

No comments:

Post a Comment