Selasa, Desember 24, 2019

Kartun Anak
Pic from www.pixabay.com
Selain menyerang orang dewasa, penyakit kanker juga bisa menyerang anak-anak. Hingga saat ini pengobatan yang ampuh untuk membunuh sel kanker adalah dengan kemoterapi. Kemoterapi yang dijalani oleh anak dan orang dewasa sama, namun dosis yang diberikan berbeda. Kemoterapi pada anak dilakukan sebaik mungkin agar anak tidak merasakan sakit yang luar biasa.

Jika pasien kanker yang memerlukan pengobatan kemoterapi adalah anak-anak, perlu cara-cara agar anak Anda tidak ketakutan serta tetap menikmati pengobatan kemoterapinya. Hal tersebut dilakukan karena terdapat efek-efek tertentu yang ditimbulkan akibat pengobatan kemoterapi ini mengingat pasiennya masih di bawah umur.

Efek Kemoterapi Pada Anak

Mual dan muntah merupakan salah satu efek yag ditimbulkan akibat kemoterapi. Untuk menanggulanginya, obat seperti vometa drop dapat digunakan untuk terapi mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi, dan dapat didapatkan informasi lengkapnya pada link berikut ini https://goapotik.com/produk/vometa-drop-10-ml.

Efek lainnya yang ditimbulkan adalah anak akan merasakan nyeri pada seluruh tubuh selain itu, anak juga akan mengalami demam. Anak yang sedang kemoterapi akan mengalami luka pada bagian punggung karena terlalu banyak berbaring. Ruam dan gatal-gatal di kulit juga akan menjadi efek yang dirasakan oleh anak-anak saat kemoterapi.

Kejang pada anak mungkin terjadi karena kanker yang telah ada pada tubuh anak berpindah ke bagian tubuh yang lain. Selain kejang, diare, konstipasi, serta beser juga dapat terjadi pada anak yang sedang menjalani kemoterapi.

Cara Agar Anak Tidak Takut Kemoterapi

Terdapat beberapa cara oleh perawat yang dapat dilakukan agar anak tidak ketakutan saat kemoterapi. Banyaknya obat yang akan diberikan pada anak saat kemoterapi menjadi tantangan tersendiri karena akan timbul rasa tidak nyaman, serta pastinya akan timbul rasa sakit. Salah satu solusinya dengan memberikan nama-nama unik untuk obat-obatan tersebut.

Salah satu sebutannya dapat jus penyegar untuk tubuh yang dapat mematikan sel-sel jahat pada tubuh anak. Obat orange sebagai pembunuh sel jahat di tubuh anak juga kerap kali disebutkan perawat dan dokter untuk menghindari ketakutan pada anak-anak saat kemoterapi. Info-info lainnya mengenai kemoterapi dapat Anda akses di blog kesehatan

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates