Senin, Oktober 21, 2019

Bus Trans Semarang
Pic from Instagram @transsemarang
Bersepeda merupakan salah satu hobi yang masih saya jalani sampai saat ini. Bersepeda juga saya lakukan saat saya masih di sekolah dasar hingga sampai ke sekolah menengah kejuruan.

Karena saat di sekolah menengah kejuruan di tahun 2011 kala itu lokasi sekolah saya jauh dari rumah saya, maka saya memutuskan untuk naik angkutan umum agar lebih menghemat waktu untuk berangkat ke sekolah.

Selama tiga tahun menjadi siswi sekolah menengah kejuruan di Kota Kendal, saya mulai akrab dengan angkutan umum di Kota kendal seperti bus umum. Sayangnya, bus umum tersebut masih banyak memiliki berbagai macam kekurangan seperti kondisi bus yang sudah tua dan tidak layak pakai, ongkos naik bus yang tidak sesuai, hingga sopir bus yang merokok di dalam bus.

Hal-hal yang saya sebutkan tersebut membuat saya gelisah dan berkeinginan untuk menaiki transportasi yang aman dan nyaman sehingga memudahkan dalam perjalanan. 

Saat saya lulus dari sekolah menengah kejuruan pada tahun 2014, saya merasa bahagia karena bisa bekerja di salah satu pabrik di Kota Semarang yang memiliki fasilitas bus antar jemput karyawan yang aman dan nyaman sehingga saya tidak perlu repot memikirkan uang ongkos naik transportasi umum, karena kala itu saya selalu naik bus antar jemput karyawan yang tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis).

Ketika saya sudah tidak lagi bekerja di pabrik tersebut maka saya merasa sedih karena saya harus naik transportasi umum lagi. Dan saya merasa bahagia ketika akhirnya mengenal transportasi umum yang aman, nyaman, memiliki fasilitas yang oke, dan tarif harga yang murah yaitu Bus Trans Semarang.

Berkenalan dengan Bus Trans Semarang

Sebenarnya, awal mula saya mengenal Bus Trans Semarang adalah saat saya masih menjadi siswi magang di tahun 2012. Kala itu saya ke Semarang untuk mengantar teman saya yang ingin berkunjung ke tempat magangnya di area Plaza Simpang Lima Semarang. Demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan maka teman saya tersebut mengajak saya untuk naik Bus Trans Semarang. 
Bus Trans Semarang
Naik Bus Trans Semarang untuk Mengurangi Kemacetan Kota Semarang. Pic by Farida Asadi
Tahun 2018, kala saya sering ke Semarang dalam rangka traveling atau pun menghadiri suatu acara maka saya memutuskan untuk sering naik Bus Trans Semarang. Lalu apa itu Bus Trans Semarang?

Menurut pendapat saya, Bus Trans Semarang (BRT Semarang) adalah bus yang beroperasi di wilayah Semarang yang bisa dinaiki dengan tarif harga yang murah meriah dan memiliki fasilitas yang oke seperti kursi penumpang yang nyaman, pegangan untuk penumpang yang jumlahnya banyak, tempat sampah di dalam bus, AC, bus yang bersih, hingga para staff yang ramah.
Bus Trans Semarang
Kursi Penumpang Bus Trans Semarang. Pic from Instagram @transsemarang
Bus Trans Semarang juga memberikan fasilitas kursi prioritas untuk penumpang dengan kategori disabilitas, wanita hamil, lanjut usia, dan ibu bawa anak. Bus Trans Semarang juga memisahkan kursi penumpang sesuai gender. Kursi penumpang bagian depan untuk laki-laki dan kursi bagian depan untuk perempuan.

Bus Trans Semarang juga terus berbenah dengan selalu melakukan perbaikan seperti perbaikan halte Bus Trans Semarang area Simpang Lima Semarang. Halte Bus Trans Semarang area Simpang Lima Semarang yang baru diperbaiki memiliki fasilitas yang membuat para penumpang Bus Trans Semarang merasa nyaman
Bus Trans Semarang
Halte Bus Trans Semarang Area Simpang Lima Semarang. Pic from Instagram @transsemarang
Fasilitas tersebut seperti kursi tunggu yang banyak dan nyaman, AC, tempat charger handphone (power outlet) di setiap kursi tunggu, pintu keberangkatan sesuai koridor, sign system penunjuk ruang tunggu sesuai koridor hingga tempat yang bersih dan nyaman.

Peran Bus Trans Semarang di Bidang Ekonomi dan Pariwisata

Bus Trans Semarang sangat banyak membantu warga Semarang yang ingin beraktivitas dan bepergian seperti bekerja, pergi ke sekolah, hingga jalan-jalan ke Semarang. Tarif naik Bus Trans Semarang yaitu Rp.1000. untuk pelajar, mahasiswa dan pemegang kartu identitas anak (KIA).
Bus Trans Semarang
Tiket Naik Bus Trans Semarang. Pic by Farida Asadi.
Sedangkan tarif untuk umum yaitu Rp.3500. Dengan tarif harga yang terjangkau tersebut membuat semua warga Semarang bisa menghemat uang agar bisa menabung sehingga mampu membantu perekonomian warga Semarang semakin membaik.

Karena Bus Trans Semarang memiliki banyak armada bus dan juga halte bus yang banyak, maka Bus Trans Semarang membutuhkan tenaga kerja untuk pengoperasian Bus Trans Semarang.

Maka dari itu Bus Trans Semarang banyak merekrut warga Semarang untuk dijadikan staff dan karyawan Bus Trans Semarang. Dengan banyaknya warga Semarang yang menjadi staff dan karyawan Bus Trans Semarang sehingga angka pengangguran di Semarang bisa semakin berkurang dan tingkat perekonomian warga Semarang semakin membaik.

Bus Trans Semarang juga berperan penting dalam bidang pariwisata di Semarang. Bus Trans Semarang membantu para penumpang baik dari dalam Kota Semarang atau pun dari luar Kota Semarang agar memudahkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kota Semarang.

Sebaiknya, tanya terlebih dahulu kepada karyawan Bus Trans Semarang jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Kota Semarang saat naik Bus Trans Semarang. Karena nantinya karyawan Bus Trans Semarang akan menjelaskan dan memberitahu tentang tempat tujuan dan tempat pemberhentian Bus Trans Semarang.
Bus Trans Semarang
Turis Mancanegara Naik Bus Trans Semarang. Pic from Instagram @transsemarang
Bukan hanya para warga Semarang saja yang bangga naik Bus Trans Semarang, turis dari mancanegara juga bangga dan suka naik Bus Trans Semarang karena memiliki banyak fasilitas dan keunggulan sehingga memudahkan setiap perjalanan saat jalan-jalan ke kota Semarang.

Pengalaman Seru Bersama Bus Trans Semarang

Sejak tahun 2018, saya mulai sering berkeliling kota Semarang dengan naik Bus Trans Semarang. Bus Trans Semarang sering menemani saya untuk jalan-jalan di Kota Semarang seperti saat saya ingin ke Simpang Lima Semarang, Mall Ciputra Semarang, Plaza Simpang Lima Semarang, Kota Lama Semarang, Java Mall Semarang, Paragon Semarang, Gramedia Pandanaran Semarang hingga ke Noormans Hotel Semarang.
Bus Trans Semarang
Memotret Lawang Sewu Semarang dari Kejauhan Saat Naik Bus Trans Semarang. Pic by Farida Asadi.
Saat naik Bus Trans Semarang saya bisa melihat kota Semarang melalui kaca Bus Trans Semarang sehingga hal tersebut membuat saya tahu tentang beberapa tempat penting dan tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Seperti hari kemarin saat saya naik Bus Trans Semarang, maka saya memotret Lawang Sewu Semarang dari kejauhan saat saya masih naik Bus Trans Semarang.

Pencapaian Bus Trans Semarang

Bus Trans Semarang sudah banyak membantu Kota Semarang untuk mengurangi kemacetan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya para penumpang Bus Trans Semarang setiap harinya. Karena sudah membantu kota Semarang untuk mengurangi kemacetan maka saya bangga sebagai penumpang setia Bus Trans Semarang.
Bus Trans Semarang
Bus Trans Semarang Meraih Penghargaan di Ajang Indonesia Road Safety Award 2018. Pic from Instagram @transsemarang.
Pada tanggal 13 Desember 2018, Bus Trans Semarang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia Melalui Kementerian Perhubungan sebagai "Kota Terbaik Pada Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Angkutan Umum" pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018.

5 Tahun Kinerja Bus Trans Semarang dan Menteri Perhubungan

Selama lima tahun ini, Bus Trans Semarang selalu berbenah agar menjadi transportasi umum yang bermanfaat bagi masyarakat Semarang. Kerja keras seluruh karyawan Bus Trans Semarang tak lepas dari kerja keras dan kerja cerdas Kementerian Perhubungan.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari website www.dephub.go.id, Menteri Perhubungan yaitu Bapak Budi Karya Sumadi menyatakan, dalam kurun waktu 5 tahun ini, dilakukan pembangunan infrastruktur transportasi dengan pendekatan Indonesia Sentris untuk membuka keterisolasian yaitu dengan memberikan dukungan aksesbilitas terhadap daerah 3TP (Terluar, Terdepan, Tertinggal, dan Perbatasan).

Menteri Perhubungan juga mengatakan, "Pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan agar membuka ruang ekonomi baru di setiap daerah. Seperti misalnya, melalui dukungan atas pengembangan kawasan wisata dengan penyediaan akses transportasi dari dan menuju kawasan wisata, baik sarana maupun prasarana pendukung".

Selama lima tahun Pemerintahan Kabinet Kerja, sudah ada banyak pencapaian yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan mulai dari sektor transportasi darat, laut, dan udara. Untuk pencapaian sektor perhubungan darat yaitu pembangunan BRT (Bus Rapid Trans) dan terminal, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan pembangunan kapal.

Kementerian Perhubungan juga telah melakukan pengembangan transportasi perkotaan. Sehingga pengembangan angkutan massal di wilayah perkotaan mampu memindahkan sebagian pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah ke angkutan umum.

Harapan Sederhana Bersama Bus Trans Semarang dan Kementerian Perhubungan

Harapan saya bersama Bus Trans Semarang yaitu semoga Bus Trans Semarang selalu berbenah agar selalu bisa menjadi transportasi umum favorit warga kota Semarang. Saya berharap akan ada rak buku di setiap halte Bus Trans Semarang agar bisa membaca buku saat menunggu Bus Trans Semarang. Sehingga semua orang bisa mempunyai kebiasaan baik untuk menggunakan waktu luang dengan membaca buku.

Harapan lainnya yaitu semoga suatu saat nanti saat hari Jumat akan ada program naik Bus Trans Semarang bisa membayar tarif ongkos naik Bus Trans Semarang dengan sampah botol plastik agar masyarakat Semarang tidak membuang sampah botol plastik secara sembarangan.

Sedangkan harapan saya bersama Kementerian Perhubungan yaitu saya ingin pembangunan halte BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal bisa segera selesai sehingga BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal bisa segera beroperasi di bulan Oktober tahun 2019 agar Kota Kendal lebih maju dengan adanya BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal.

Saya sudah tidak sabar menanti untuk bisa menaiki BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal yang akan launching resmi beroperasi mulai tanggal 28 Oktober 2019 dengan tarif gratis naik BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal selama empat hari pertama.

Terima kasih banyak saya ucapkan untuk Kementerian Perhubungan yang sudah berupaya melakukan yang terbaik untuk transportasi umum di Kota Kendal dengan adanya BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal. Saya merasa bahagia karena akhirnya di Kota Kendal akan ada fasilitas transportasi umum yang aman dan nyaman seperti BRT Trans Jateng rute Semarang-Kendal.

Untuk kalian yang ingin mendapatkan informasi terbaru dan terkini dari Kementerian Perhubungan maka jangan lupa untuk mengikuti Kementerian Perhubungan di sosial media dan jangan lupa juga untuk mengunjungi website Kementerian Perhubungan yaitu,





Tulisan Ini Diikutsertakan dalam Lomba Blog Bersama Kemenhub dengan Tema ‘’Transportasi Unggul, Indonesia Maju’’

3 komentar

Busnya keren dan bersih ... haltenya lebih keren lagi.

Smg dengan semakin banyakny transportasi massal, pengguna kendaaran pribadi menjadi makin berkurang

REPLY

Keren emang capaian kemenhub di 5 tahun terakhir ini. Kira² siapa ya yang jadi MenHub yang baru?

REPLY

wahh mbak org semarang... enak yaa biaya murah udah bisa keliling semarang mbakkkk

REPLY

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates