Sabtu, September 21, 2019

Obat Alami Diare

Pisang
Pic from www.pexels.com
Diare seringkali menimbulkan rasa yang tidak enak di perut, seperti kram, mual, panas, dan tidak nafsu makan. Diare sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, dimana penyebab utamanya adalah karena terlalu banyak makan cabai. Sehingga kurangilah makan pedas dan minumlah obat diare alami untuk dewasa agar bisa sembuh dari sakit perut yang anda alami tersebut.

Obat Diare dari Bahan Alami

1. Jahe Hangat

Obat diare yang terbukti ampuh adalah jahe hangat, jahe ini memiliki senyawa anti radang dan anti bakteri yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan. Minuman jahe hangat berfungsi untuk mencegah rasa mual, keram, dan rasa panas pada perut.

Cara menggunakan obat alami ini sangatlah mudah dilakukan, cukup siapkan 2-3 ruas jahe yang sudah dibersihkan dan ditumbuk. Lalu masukkan ke dalam gelas dan tambahkan air panas, minumlah obat alami ini 2-3 kali sehari agar diare bisa sembuh dengan cepat.

2. Teh Hangat

Minuman teh ternyata juga telah teruji baik untuk penderita diare, teh ini memiliki senyawa aktif berupa zat anti inflamasi yang bisa membuat perut terasa nyaman. Oleh karena itu obat alami yang satu ini sangat bagus untuk digunakan sebagai pertolongan pertama saat anda mengalami diare.

Selain itu teh hangat juga memiliki zat anti oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari mengatasi flu, batuk, demam, hingga mengatasi sakit kepala berat.

3. Buah Salak

Buah dan sayur adalah makanan yang bagus untuk di konsumsi saat mengalami diare, salah satunya adalah buah salak yang kaya akan serat dan vitamin C. Buah salak ini memiliki kandungan bakaroten, tanin, dan zat besi yang sangat berguna untuk membantu menormalkan pencernaan kembali seperti semula.

4. Buah Pisang

Selain buah salak, buah yang terkenal bagus bagi pencernaan lainnya adalah buah pisang, buah ini memiliki senyawa bernama pektin yang berfungsi untuk mengikat kotoran di dalam usus. Sehingga penderita diare bisa sembuh bila mengkonsumsi buah pisang tersebut secara rutin setiap hari.

4 komentar:

  1. Wah...iya, buah pisang paling okay.
    Kalau jahe saya lebih suka minum kalau lagi sakit tenggorokan.

    BalasHapus
  2. Walah baru tahu kalau pisang termasuk obat alami diare, tak kira cuma daun jambu doang kaya diiklan tv2

    BalasHapus
  3. Kl aku diare pasti dibikinin teh tubruk yg pahit sama ibuk. Kl nggak dikasih salak yg rasanya sepet.. Manjur uy

    BalasHapus
  4. Saya suka banget sama buah pisang dan baguslah kalau memang buah pisang bermanfaat untuk mengatasi diare hehehe. Ketimbang buah salak saya tidak suka.

    BalasHapus