Kamis, Agustus 29, 2019

10 Peran Penting Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital

- Agustus 29, 2019
Pendidikan Anak Usia Dini
Pic by Farida Asadi
Sudah hampir 6 tahun ini saya mulai akrab dengan dunia pendidikan anak usia dini. Awal mulanya adalah saat saya lulus dari sekolah menengah kejuruan di tahun 2014.

Setelah saya lulus dari sekolah menengah kejuruan di tahun 2014, saya mendapat kesempatan untuk megikuti program magang di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di kampung saya.

Namun saya tidak bisa mengikuti program magang tersebut karena waktu itu saya sedang fokus untuk melamar kerja di pabrik kawasan industri Semarang.

Ketika saya tidak diterima menjadi karyawan pabrik maka saya memutuskan untuk menjadi pengasuh anak. Dan ternyata dari sini saya mulai mengetahui betapa pentingnya pendidikan anak usia dini di era digital ini.

Dan berikut ini adalah peran penting pendidikan anak usia dunia di era digital menurut hasil pengamatan saya yaitu
PAUD
Pic from Pixabay. Edited by Farida Asadi.
1. Mengajarkan Anak untuk Mandiri Sejak Usia Dini

Awalnya setiap anak akan merasa malu saat pertama kali masuk di pendidikan anak usia dini. Namun setelah beberapa minggu maka anak akan bersikap mandiri karena seorang anak di pendidikan anak usia dini dilatih mandiri dengan tidak adanya pendamping karena proses bermain dan belajar sudah dilakukan bersama guru pendidikan anak usia dini.

2. Menanamkan Disiplin Waktu Pada Anak Sejak  Usia Dini

Awal mulanya seorang anak akan susah untuk diajak bangun pagi karena berbagai alasan. Jika sudah memasuki pendidikan anak usia dini maka seorang anak akan terbiasa bangun pagi karena jam masuk di pendidikan anak usia biasanya mulai jam delapan pagi.

Seorang anak yang sudah memasuki pendidikan anak usia dini biasanya akan merasa senang jika bangun pagi karena ingin segera berangkat ke sekolah untuk bermain dan belajar bersama teman-teman dan gurunya.

3. Mengajarkan Sikap Berbagi untuk Sesama Pada Anak Sejak Usia Dini

Setiap anak yang memasuki pendidikan anak usia dini akan diajarkan sikap berbagi kepada teman seperti saat meminjamkan crayon kepada teman atau meminjamkan alat tulis lainnya kepada teman yang membutuhkan.

4. Menanamkan Kerapian Pada Anak Sejak Usia Dini
PAUD
Pic from Pixabay. Edited by Farida Asadi.
Saat memasuki pendidikan anak usia dini maka seorang anak memiliki rasa tanggung jawab karena setiap anak yang masuk di pendidikan anak usia dini dididik untuk mengembalikan mainan pada tempatnya dan menata kembali mainan tersebut dengan rapi.

5. Mengenali Bakat dan Minat Sejak Usia Dini

Kegiatan yang ada di pendidikan anak usia dini biasanya berupa bermain, menyanyi, dan mewarnai. Dengan hal tersebut orang tua dapat mengenali bakat dan minat anak sejak usia dini karena bakat dan minat setiap anak berbeda-beda. 
PAUD
Pic from Pixabay. Edited by Farida Asadi.
Misalnya saja jika seorang anak suka mewarnai maka orang tua bisa mengenali bakat dan minat anak di bidang mewarnai sehingga orang tua bisa mendukung bakat dan minat anak agar berguna bagi anak di masa kini dan masa depan.

6. Mencegah Stunting

Isitlah stunting mungkin sudah tidak asing lagi bagi para orang tua di masa sekarang ini. Lalu apa itu stunting? Stunting adalah keadaan anak-anak tumbuh tidak sesuai dengan usianya karena disebabkan oleh kekurangan gizi.

Beruntunglah para orang tua jika sudah memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan anak usia dini karena di pendidikan anak usia dini sering kali mengadakan acara makan bersama dengan menu makanan piring gizi seimbang yaitu 15% protein, 15% buah, 35% sayur, dan 35% sumber karbohidrat.
Menu Piring Gizi Seimbang
Pic from Pixabay Edited by Farida Asadi.
Makan bersama dengan menu makanan piring gizi seimbang di pendidikan anak usia dini bertujuan agar mencegah stunting dan supaya asupan gizi untuk anak bisa terpenuhi.

7. Sebagai Dasar untuk Menempuh Pendidikan di Sekolah Dasar

Jaman sekarang ini tidak bisa masuk ke sekolah dasar apabila bukan lulusan pendidikan anak usia dini. Hal tersebut ternyata memiliki beragam sebab yaitu jika seorang anak lulusan pendidikan anak usia dini maka anak lebih siap untuk menempuh pendidikan di sekolah dasar karena sebelumnya sudah terbiasa di lingkungan sekolah.

8. Membentuk Karakter Anak Agar Berguna Bagi Masa Depan

Jika setiap anak sudah mendapat didikan dan arahan yang baik sejak usia dini maka hal ini sangat bermanfaat di masa depan karena seorang akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, disiplin, dan suka berbagi.

9. Membentuk Karakter Percaya Diri Pada Anak Sejak Usia Dini

Sering kali saya mendengar kabar tentang lomba mewarnai untuk anak usia 3 tahun - 5 tahun. Dan umumnya anak-anak usia 3 tahun - 5 tahun adalah anak-anak siswa pendidikan anak usia dini.

Jika seorang anak mengikuti lomba mewarnai tersebut maka bisa membentuk karakter percaya diri pada anak sejak usia dini karena sudah berani mengikuti lomba mewarnai tersebut.

10. Mengasah Kreativitas Tanpa Batas Sejak Usia Dini

Ketika orang tua sudah mengetahui bakat dan minat anaknya maka selanjutnya adalah mendukung anak untuk terus berkreativitas tanpa batas dengan minat dan bakatnya tersebut.

Misalnya saja jika seorang anak suka menggambar dan mewarnai maka orang tua bisa mengarahkan anaknya untuk menjadi seorang pelukis di masa depan.

Namun di jaman sekarang ini, banyak anak usia dini yang aktif menggunakan handphone dan laptop hanya untuk bermain saja.

Memang penting sekali mengenalkan teknologi berupa handphone dan laptop kepada anak tapi harus dibatasi karena yang berlebihan itu tidak baik.
Desain Grafis
Pic by Farida Asadi.
Seorang anak suka mewarnai, menggambar, dan suka menggunakan handphone atau pun laptop maka orang tua bisa mengarahkan anaknya ke bidang desain grafis. Hal tersebut sangat dianjurkan karena sangat berguna bagi anak baik di masa kini atau di masa depan.

Itulah beberapa peran penting pendidikan anak usia dini di erat digital menurut pengamatan saya. Karena saya sering mencari informasi tentang pendidikan anak usia dini, maka berbahagialah saya ketika saya bisa berkenalan dengan Apple Tree Pre-School BSD City. Lalu apa itu Apple Tree Pre-School BSD City?

Apple Tree Pre-School BSD adalah institusi pendidikan anak usia dini yang didirikan pada bulan Juli tahun 2000. Apple Tree Pre-School BSD City berlokasi di EduCenter Building Lantai 3 dan Lantai 7 Kav. Commercial International School II No. 8 BSD City, Lengkong Kulon, Pagedangan, Tangerang, Banten.

Apple Tree Pre-School BSD  City memiliki visi yaitu menjadi sekolah yang mendorong kepercayaan diri dan kemandirian setiap siswa.
Apple Tree Pre-School BSD City
Pic by Apple Tree Pre-School BSD City.
Apple Tree Pre-School BSD City memiliki lingkungan belajar yang positif dan guru-guru yang berdedikasi. Apple Tree Pre-School BSD  City juga bertujuan untuk membentuk dasar yang solid untuk perkembangan fisik, intelektual, sosial, dan emosional anak. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang saya suka dari Apple Tree Pre-School BSD City yaitu
Apple Tree Pre-School BSD City
Edited by Farida Asadi.
1. Memiliki Website dan Sosial Media

Saat ini akan ketinggalan jaman apabila tidak memiliki sosial media. Untungnya Apple Tree Pre-School BSD City sudah memiliki sosial media di Facebook dan Instagram sehingga kita bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan anak usia dini dan informasi seputar Apple Tree Pre-School BSD City. Selain itu, Apple Tree Pre-School BSD City juga memiliki website yaitu www.appletreebsd.com
Apple Tree Pre-School BSD City
Pic by Apple Tree Pre-School BSD City.
2. Menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin Saat Kegiatan Belajar dan Bermain

Apple Tree Pre-School BSD City menggunakan Adopted Singapore Curriculum dalam kegiatan pembelajarannya. Maka saat kegiatan belajar dan bermain menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
Apple Tree Pre-School BSD City
Kegiatan Belajar dan Bermain di Apple Tree Pre-School BSD City. Pic by Apple Tree Pre-School BSD City.
Apple Tree Pre-School BSD City tepat sekali untuk orang tua yang menginginkan anaknya bisa pandai berbicara menggunakan Bahasa Inggris sejak kecil.

3. Memiliki Banyak Kelas Sesuai Usia Anak

Apple Tree Pre-School BSD City ini adalah pilihan yang tepat karena Apple Tree Pre-School BSD City memiliki banyak kelas sesuai dengan usia anak.

Hal tersebut sangatlah menggembirakan karena terkadang ada banyak orang tua yang takut anaknya tidak mendapatkan kelas di pendidikan anak usia dini.

Berikut ini adalah pembagian kelas di Apple Tree Pre-School BSD City menurut usianya dari 1,5 tahun sampai 6 tahun yaitu

#Toddler (jadwal sekolah 2 kali seminggu) usia 1,5 tahun  - 2 tahun dengan jumlah 12 anak per kelas

#Toddler (jadwal sekolah 3 kali seminggu) usia 1,5 tahun - 2 tahun dengan jumlah kelas 12 anak per kelas

#Pre-Nursery  untuk usia 3 tahun – 4 tahun  dengan jumlah 20 anak per kelas

#Nursery untuk usia 3 tahun – 4 tahun dengan jumlah 20 anak per kelas

#Kindergarten 1 untuk usia 4 tahun – 5 tahun dengan jumlah 20 anak per kelas

#Kindergarten 2 untuk usia 5 tahun – 6 tahun dengan jumlah 20 anak per kelas

4. Sekolah yang Tepat untuk Anak Usia Dini

Karena memiliki banyak keunggulan maka ada banyak orang tua menyekolahkan anaknya di Apple Tree Pre-School BSD City. Dan menurut pendapat saya pribadi, Apple Tree Pre-School BSD City memang pilihan yang tepat sekali untuk anak dalam rangka menempuh pendidikan usia dini untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Berikut ini adalah beberapa orang tua murid dari Apple Tree Pre-School BSD City yang merasa bangga dan bahagia karena anaknya bisa bersekolah di Apple Tree Pre-School BSD City yaitu,

I have a 1 year old and a 5 year old who have been attending for a year now. I can not tell you how much i adore and appreciate all of the wonderfull staff - Kenneth M

I have to say that I have 2 childern ages 5 and 2 have used various pre-school and this is by far the very best I have ever used – Cecil Wijaya

This letter is to recognize you and your staff job doing an excellent job teaching my son. His skill level is significantly better since attending Apple Tree Pre-School - Tony Apiaw

Apple Tree Pre-School is a great place for my daughter to start her schooling experience. It’s welcoming and safe and my daughter loves being there – Fanny Husein

5. Menyelenggarakan Acara yang Menarik dan Bermanfaat

Apple Tree Pre-School BSD City menyelenggarakan acara yang tentunya menarik dan bermanfaat untuk para orang tua dan anak.

Lalu acara apakah itu? Acaranya yaitu Open House Apple’s Niegbourhood yang akan diselenggarakan di EduCenter Building Lantai 3 dan Lantai 7 Kav. Commercial International School II No. 8 BSD City, Lengkong Kulon, Pagedangan, Tangerang, Banten. 
Apple Tree Pre-School BSD City
Pic by Apple Tree Pre-School BSD City.
Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 7 September 2019 mulai pukul 08.00 WIB – pukul 11.00 WIB dengan berbagai rangkaian acara yang menarik dan bermanfaat mulai seminar ‘’health day’’, family zumba, free blood test, baby crawling competition, hingga parents neighborly battle.

Itulah sedikit cerita saya tentang pendidikan anak usia dini dan Apply Tree Pre-School BSD City. Semoga pendidikan anak usia dini membawa manfaat bagi generasi muda saat ini untuk masa kini dan masa depan nanti. Lalu bagaimana peran penting pendidikan anak usia dini di era digital menurut pendapat kalian?
Apple Tree Pre-School BSD City
Pic by Apple Tree Pre-School BSD City.
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog competition #appletreebsd

3 komentar:

ogie on Jumat, 30 Agustus 2019 07.24.00 WIB mengatakan...

Di era digital saat ini, saya setuju dengan adanya PAUD, karena sebagai bekal anak-anak/kesiapannya berada di lingkungan sekolah

Hendra Media on Minggu, 01 September 2019 07.44.00 WIB mengatakan...

Kita gak mungkin lepas dari yang namanya gadget di era digital ini. Yang sebaiknya perlu kita lakukan adalah mengenalkan manfaat dari gadget untuk menunjang aktivitas sehari-hari kepada anak, sehingga anak jadi paham bahwasanya gadget juga bisa sangat membantu rutinitas sehari-hari, gak cuma digunakan bermain aja.

Fungsi gadget akan lebih maksimal kalau digunakan secara bijak dan tepat. Dan biasanya anak-anak usia dini juga sudah mulai mengenal gadget untuk bisa menunjang aktivitas belajar mereka, baik di sekolah maupun di rumah.

Amir Mahmud on Minggu, 01 September 2019 20.38.00 WIB mengatakan...

Anak ibarat sebuah komputer dengan program deafult yang bisa di isi berbagai macam aplikasi. Jika kita mengajarkan hal-hal baik tentangnya, maka akan menjadi kebiasaan. Sebaliknya jika kita mengajarkan hal-hal yang kurang baik, pun akan berdampak negatif pada masa depannya

Posting Komentar

 

Farida Asadi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting