Sabtu, Mei 18, 2019

Wulan Ningsih
In Frame Miss Wulan Ningsih. Pic by Farida Asadi.
Minggu lalu tepatnya tanggal 12 Mei 2019, saya dan teman saya (Miss Wulan Ningsih) menghadiri talkshow career and entrepreneur gelar karya orang muda 2019 di Saraswati Hall Hotel Candi Indah Jalan Dr. Wahidin 112 Semarang.

Acara ini diawali dengan perkenalan dari mbak-mbak MC yang mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang hadir. Para peserta yang mengikuti acara ini adalah para anak muda mulai dari SMP-SMA. Adapula anak kuliahan dan adapula yang baru saja lulus kuliah.

Karena rata-rata para peserta adalah anak muda yang masih sekolah, jadi saya merasa sebagai peserta yang paling tua dari yang lain karena lima tahun yang lalu saya lulus SMK dan saat ini saya sudah berusia 20++.

Selanjutnya semua peserta menonton film pendek tentang kerjaku.org, untuk kalian yang ingin lebih banyak tahu tentang kerjaku.org maka bisa mengunjungi website kerjaku.org atau bisa juga mendownload aplikasi kerjaku.org pada smartphone kalian melalui Google Play atau Apps Store.

Setelah itu para peserta yang hadir dipersilahkan untuk melihat pameran gelar karya orang muda 2019 sambil mendengarkan life music.

Ada banyak stand di pameran gelar karya orang muda 2019 seperti berbagai macam sayuran (bayam, sawi, seledri, dan yang lainnya), buah-buahan, produk make up, produk fashion, modifikasi  sepeda motor dan masih banyak lagi stand-stand yang lainnya.

Yang paling saya suka adalah stand berbagai macam sayuran karena hal ini mengingatkan saya yang saat ini juga menanam sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan saya sehari-hari.

Acara ini dibuka dengan penampilan dua penari cantik yang menari tarian Gambang Semarang dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Mulai dari sambutan dari ketua pengurus YKKS, sambutan dari ChildFund Indonesia, dan sambutan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang.

Yang paling saya tunggu adalah talkshow career and entrepreneur dengan beberapa narasumber dengan materi menarik  yang sudah saya rangkum berikut ini,

1. Mbak Theresia Kartika Wardhani (Owner and CEO PT Indonesian People Power)

Mbak Theresia Kartika Wardhani menyampaikan materi tentang peluang kerja orang muda di era saat ini. Intinya pesan yang saya tangkap saat materi ini disampaikan yaitu menggunkan media sosial (Facebook, WhatsApp, Instagram) untuk memasarkan produk. Bisa juga menggunakan Instagram yang sudah memiliki banyak follower untuk mendapatkan endorsement.

2. Mbak Ika Sakti  (Retail Manager and Asesor Kompetensi)

Mbak Ika Sakti menyampaikan materi tentang bisnis retail. Saya baru mengetahui fungsi retail setelah mengikuti acara talkshow ini.

Lalu apa saja fungsi retail? Fungsi retail yaitu menyediakan produk barang atau jasa, memecah ukuran produk, penyimpan persediaan, dan meningkatkan nilai produk atau jasa.

Saya juga mengetahui format retail. Dan format retail dibagi menjadi dua yaitu modern (minimarket, supermarket, dan department store) serta tradisional (pasar tradisional dan toko kelontong).

Setelah pukul 17.30 WIB, penyampaian materi talkshow telah selesai dan dilanjutkan dengan kultum menjelang buka puasa. Setelah waktu berbuka puasa tiba maka seluruh peserta menikmati hidangan buka puasa di Hotel Candi Indah Semarang.

Terimakasih banyak kepada semua pihak yang sudah menyelenggarakan acara ini. Saya merasa bahagia ketika bisa mengikuti acara ini.

Hal yang membuat saya senang mengikuti acara ini adalah bisa berkumpul dengan para anak muda di kota Semarang dan bisa mendapat semangat agar saya tetap menjadi reseller produk kosmetik dan produk fashion yang sudah saya jalani sejak tahun 2018 dan telah mengalami banyak pasang surut.

Semoga para anak muda di kota Semarang bisa mendapat inspirasi dan motivasi setelah mengikuti acara ini. Lalu sudah pernahkah sobat mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk memulai berwirausaha?

1 komentar:

Senangnyaaaa ikutan acara bermanfaat kayak gini,
Saya selalu ketinggalan kalau acara kayak gini, soalnya biasanya di weekday hiks, manalah bisa emak-emak rempong kayak saya ngevent di weekday :D

REPLY

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates