Kamis, Mei 02, 2019

Ruru Gayatri
Saat Mbak Ruru Menyampaikan Materi Nge-Vlog. Pic by Farida Asadi.
Setelah mulai serius di dunia perbloggingan di bulan April 2018, maka saya pun mulai belajar konsisten untuk menulis postingan artikel di blog saya minimal satu postingan artikel per bulan.

Namun pada kenyataannya, setelah saya belajar konsisten menulis satu postingan artikel per bulan, blog saya masih sepi oleh pengunjung dibuktikan dengan jumlah pageview yang masih sangat amat sedikit.

Walaupun pageview blog saya masih amat sangat sedikit, ternyata hal tersebut tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap terus menulis postingan di blog.

Ternyata makin ke sini, orang-orang tidak begitu berminat untuk membaca artikel di blog. Mereka lebih suka dan lebih memilih menonton video di Instagram dan Youtube.

Mulai saat itu saya ingin sekali belajar membuat video tentang beberapa hal yang pernah saya alami dan yang pernah saya lakukan.

Dan saya merasa beruntung karena saya bisa menghadiri workshop nge-vlog bersama Mbak Ruru Gayatri pada hari Jum’at tanggal 19 April 2019 yang dilaksanakan di Kampung Pesantren RT 02 RW 05 Sawah Jati, Kaliwungu, Kendal.

Sebelumnya, mari berkenalan terlebih dahulu dengan Mbak Ruru Gayatri. Mbak Ruru Gayatri adalah seorang perempuan yang berprofesi sebagai seorang travel consultant yang bersertifikat BNSP.

Mbak Ruru memulai karier pada tahun 2000 di perusahaan IT (Gramedia Majalah Online). Dan kemudian pada tahun 2006 memulai berkarier di perusahaan telekomunikasi internet. Selain itu, Mbak Ruru menyukai dunia foto, videography, jalan-jalan (traveling), dan membuat video blog.

Setelah saya sampai di tempat acara, maka terlebih dahulu saya mengisi daftar hadir. Dan setelah saya mengisi daftar hadir, kemudian saya disuguhi dengan Sumpil, sambal kelapa dan keripik tempe.

Lalu, apakah sobat sudah tahu apa itu Sumpil? Sumpil adalah makanan khas Kaliwungu yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun bambu. Rasa, tekstur, dan bentuk Sumpil ini hampir mirip dengan lontong. Makan Sumpil dengan sambal kelapa yang pedas dan keripik tempe yang gurih memang memanjakan lidah saya.

Selanjutnya adalah penyampaian materi dari narasumber (Mbak Ruru Gayatri) yaitu mengenal konten vlog. Lalu apa itu vlog (video blog)? Vlog (video blog) adalah kegiatan blogging dengan menggunakan sarana video di atas penggunaan text atau audio sebagai sumber media utama. Jadi vlog adalah postingan yang berbentuk video yang meliputi kegiatan sehari-hari yang berisi ulasan gadget, musik, kuliner, traveling dan yang lainnya.

Setelah mengetahui apa itu vlog, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dasar pembuatan vlog seperti belajar percaya diri di depan kamera, mengerjakan pembuatan video blog dengan sepenuh hati dan konsisten membuat vlog yang terjadwal seperti siaran di TV.

Mbak Ruru juga menyampaikan cara membuat vlog yang menarik seperti 1-5% intro (cuplikan cerita atau pembuka dan bumper), 95% cerita utama, dan 1-5% closing (penutup).

Yang paling saya suka dari workshop nge-vlog bersama Mbak Ruru Gayatri adalah saat Mbak Ruru menceritakan pengalaman travelingnya ke beberapa negara di dunia yang diabadikan melalui vlog.

Dan saya pun baru tahu kalau ternyata Mbak Ruru lebih suka traveling ke luar negeri karena harga tiket pesawat ke luar negeri lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat ke dalam negeri.

Para peserta workshop nge-vlog pun bisa menonton vlog Mbak Ruru yang berisikan traveling ke beberapa negara di dunia. Dan melalui workshop ini, saya juga baru tahu kalau ternyata membawa uang koin saat traveling ke beberapa negara di dunia adalah salah satu ciri khas traveling yang dilakukan oleh Mbak Ruru.

Dan setiap tempat istimewa yang ada di beberapa negara di dunia merupakan hal yang istimewa bagi Mbak Ruru. Terima kasih banyak Mbak Ruru atas ilmu seputar dunia nge-vlog ini. Workshopnya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang ingin belajar nge-vlog.

4 komentar

Menurut aku juga penting membawa uang koin ke mana pun kuta pergi Mbak. Receh gitu pasti dibutuhkan. Selamat belajar nge vlog 😄

REPLY

Waaahhh mau ikutan mba Ruru ya ngevlog :D
Saya belum pede nih, hal utama yang harus saya lakukan sebelum memutuskan ngevlog adalah, pede melihat wajah saya sendiri di kamera hahahaha

REPLY

aku juga pengen belajar ngevlog, tapi sama muka sendiri aja kadang masih suka nggak pede.
Goodluck, Mbak.

REPLY

saya sedang membuat video, udah 2 video yang diterbikan di utube mbak, cuma ya gitu deh karena newbie masih amburadul, oengen sih ijutan kegiatan gini biar nambah wawasan

REPLY

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates