Jumat, Maret 01, 2019

Kemeriahan Pesta Ulang Tahun Gandjel Rel yang ke Empat di Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang

- Maret 01, 2019
Gandjel Rel
Ulang Tahun Komunitas Blogger Gandjel Rel di Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Pic by Nyi Penengah Dewanti.
Tahun lalu saya sering ke kota Semarang untuk menghadiri event atau sekedar jalan-jalan saja. Namun tahun 2019 ini saya mulai jarang ke Semarang lagi. Dan pada hari Sabtu, tanggal 23 Februari 2019, saya merasa sangat senang karena bisa menghadiri perayaan ulang tahun komunitas blogger Gandjel Rel yang ke empat di restoran Pringsewu Kota Lama Semarang.

Untuk yang belum tahu komunitas blogger Gandjel Rel, maka di postingan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang Gandjel Rel. Gandjel Rel adalah komunitas blogger khusus perempuan yang tinggal di kota Semarang dan sekitarnya. Jadi, walaupun saya tinggal di kota Kendal maka saya tetap bisa bergabung dengan komunitas blogger Gandjel Rel.

Acara ulang tahun Gandjel Rel yang ke empat ini dipandu oleh Mbak Hartari dan saya merasa takjub karena ternyata Mbak Hartari ternyata bisa membuat suasana perayaan ulang tahun Gandjel Rel ini semakin meriah. Tak lupa pula ada sambutan dari ketua Gandjel Rel yaitu mbak Rahmi Aziza dan yang membuat saya takjub adalah saat mbak Rahmi memberikan sambutan sambil menggendong anaknya yang masih bayi.

Setelah itu, ada beberapa kuis yang membuat suasana makin meriah karena banyak bertabur hadiah. Adapula pembagian hadiah bagi para pemenang challenge menulis blog dan membuat video dalam rangka ulang tahun Gandjel Rel yang ke empat. Dan yang paling unik menurut saya adalah video dari mbak Sri Untari karena si tokoh abu gosok yang membuat saya tertawa berulang kali setelah menonton video dari mbak Sri Untari tersebut.

Yang paling ditunggu adalah saat workshop menulis kreatif di media online dengan pembicara Gus Mul (Agus Mulyadi) yang merupakan redaktur  mojok.co dan seorang penulis. Saya merasa terhibur karena ternyata Gus Mul ini sosok yang humoris dan bisa membuat semua orang yang hadir ikut tertawa. Dalam kesehariannya, Gus Mul ini suka memotret kejadian dan hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Dan berikut ini adalah beberapa tips menulis kreatif yang disampaikan oleh Gus Mul yaitu,

Ide Tulisan

Sebelum menulis maka kita harus menemukan ide tulisan terlebih dahulu dan untuk ide tulisan ini bisa dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita seperti kebiasaan kita menekuni hobi atau hal-hal yang kita alami setiap hari.

Kegelisahan

Ternyata kegelisahan bisa membuat kita lebih kreatif dalam menulis dan saya pernah mengalaminya sendiri saat dimana saya galau, saya jadi bisa menulis kata-kata yang sedih ataupun sekedar menulis puisi yang saya tulis di catatan pribadi.

Memilih Diksi

Jika ingin menulis, maka kita harus memilih diksi yang tepat yang bisa membuat tulisan kita menjadi enak untuk dibaca.  Seperti contoh berikut ini, jika penulis biasa menggunakan kata lupa dalam tulisannya maka berbeda dengan penulis keren karena penulis keren akan menggunakan kata jika ingatan itu tidak berkhianat.

Khas

Sebagai seorang penulis maka kita harus punya ciri khas karena ciri khas ini akan menjadikan kita berbeda dengan penulis lain. Kalau seorang penulis memiliki ciri khas maka penulis tersebut akan mudah diingat oleh orang banyak. 

Sudut Pandang

Sudut pandang juga merupakan hal yang penting bagi seorang penulis maka dari itu saat menulis maka kita harus memperhatikan sudut pandang tersebut.

Kutipan

Saat kita membaca buku atau novel maka biasanya akan menemukan beberapa kutipan yang menarik. Dan biasanya pula kita akan lebih mengingat kutipan tersebut daripada isi dari buku tersebut. Untuk menjadi seorang penulis yang karyanya bisa mudah diingat oleh orang banyak maka kita harus bisa membuat kutipan yang oke dan bermakna serta mudah diingat.
Gandjel Rel
Acara Potong Tumpeng. Pic by Farida Asadi
Selanjutnya adalah pemotongan nasi tumpeng dan dilanjutkan dengan makan bersama. Dan setelah makan siang bersama maka seluruh anggota komunitas blogger Gandjel Rel melakukan foto bersama sebelum acara selesai dan setelah acara selesai maka saya sholat Dhuhur terlebih dahulu dan kemudian saya dan beberapa anggota komunitas blogger Gandjel Rel berkeliling sejenak di area restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Dan beberapa hal ini yang membuat saya suka dengan restoran Pringsewu Kota Lama Semarang yaitu,

Tempatnya Strategis dan Mudah Dijangkau

Restoran Pringsewu Semarang ini terletak di  Jalan Suari No. 11-12 Kota Lama Semarang. Restoran Pringsewu  Kota Lama Semarang letaknya dekat dengan Taman Sri Gunting sehingga saat kita jalan-jalan di Kota Lama Semarang maka kita bisa mampir dulu ke restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. 

Restoran yang Dilengkapi dengan Fasilitas Toilet yang Bersih

Saat saya ingin buang air kecil maka bergegaslah saya menuju ke toilet saat acara ulang tahun Gandjel Rel telah usai dan ternyata toilet yang ada di restoran Pringsewu Kota Lama Semarang ini bersih dan apabila saya membuka membuka pintu toilet maka otomatis lampu penerangan akan menyala sendiri dan ketika saya keluar dan menutup pintu toilet maka otomatis lampunya akan padam sendiri. Hal ini membuat saya kagum karena bisa menghemat penggunaan listrik.

Restoran yang Dilengkapi dengan Pusat Oleh-Oleh

Selain banyak menu makanan dan minuman yang enak, restoran Pringsewu Kota Lama Semarang dilengkapi juga dengan pusat oleh-oleh. Maka jika ingin membeli oleh-oleh khas Semarang bisa mampir dulu ke pusat oleh-oleh restoran Pringsewu Kota Lama Semarang karena ada banyak sekali camilan yang bisa dijadikan buah tangan seperti pepes bandeng.

Ada  Banyak Spot Foto Menarik

Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang ini merupakan bangunan tempo dulu sehingga saat berkunjung kita akan merasakan beberapa hal yang berkaitan dengan jaman dulu.  Dan adapula beberapa spot foto menarik yang ada di restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Jadi jika sudah berkunjung ke restoran Pringsewu Kota Lama Semarang maka jangan lupa untuk berfoto terlebih dahulu di beberapa spot foto menarik tersebut.
Lulu Khodijah
Salah Satu Spot Foto Menarik di Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. In frame @lulukhodijah. Pic by Farida Asadi.
Restoran yang Dilengkapi dengan Kafe di Beranda

Di restoran Pringsewu Kota Lama Semarang tiap sore mulai pukul 15.00 akan dibuka kafe di beranda depan. Hidangan utama di kafe area beranda depan restoran Pringsewu Kota Lama Semarang yaitu kopi dan roti. Kafe ini cocok sekali sebagai tempat yang pas untuk ngobrol dan ngopi bersama teman ataupun sahabat.
Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang
Kafe di Beranda Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Pic by Tanti Mechta.
Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang
Menu Hidangan di Kafe Beranda Restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Pic by Pringsewu Semarang.
Itulah sedikit cerita tentang kemeriahan pesta ulang tahun komunitas blogger Gandjel Rel yang ke empat di restoran Pringsewu Kota Lama Semarang. Semoga komunitas blogger Gandjel Rel semakin kompak, semakin terkenal, semakin menginspirasi dan semoga akan ada banyak job ngeblog bagi komunitas blogger Gandjel Rel.

20 komentar:

  1. Kegelisahan emamg enang kalau dicurahkan ke tulisan ya. Daripada ngganjel di hati. Ngeblog wae...

    BalasHapus
  2. Aku nyesel kemarin ga sempet explore di Pringsewu. Ternyata banyak spot foto kece ya

    BalasHapus
  3. Selamat ulang tahun Gandjel Rel, perayaanya seru dan banyak bagi ilmu nih. Lokasinya kayaknya asik, banyak Spot cakep buat foto2, lumayan buat feed yang estetik (sekalian) :D

    BalasHapus
  4. Saya juga senang sekali bergabung dengan komunitas blogger..bertemu dengan sesama perempuan yang suka nulis bagi saya adalah anugrah karena bisa membuka wawasan dan pastinya memambah sodara..

    BalasHapus
  5. Barakallahu Gandjel Rel, semoga makin sukses, menambah semangat dan manfaat bagi siapapun, dan demen banget daku kalau banyak spot foto seperti itu, wig jadi mau ke Pringsewu

    BalasHapus
  6. Konsep restorannya unik ya mbak. mudah-mudahan bisa mengekspolasi keindahan di pringsewu dan kota semarang.

    BalasHapus
  7. Wah seru banget ultahnya dirayakan dengan workshop dan poting tumpeng. Restonya bagus ya mbak, bangunannya peninggalan lawas gtu jd kesannya kyk kebawa ke masa lalu, romantis misterius gtu ya

    BalasHapus
  8. Selamat Ulang Tahun Gandjel Rel semoga makin sukses ya. Seru ya acara ultahnya, ada sharing ilmunya juga :D Restorannya juga kecee deh.

    BalasHapus
  9. Tempatnya cozy banget ya mba buat kumpul-kumpul,ditambah lagi juga instagramable, ini mah di jaman bakal betah berlama-lama nongkrong disana hehee. Kudu dicoba

    BalasHapus
  10. Kenapa disebut "Gandjel Rel", mba? Apakah ada hubungannya dengan kereta api? *maaf salah fokus hehe..*

    BalasHapus
  11. Ya ampuun, aku suka baca tulisan Gus Mul di mojok co. Senang baca tips nulis darinya di sini.
    Juga Pringsewu ini ada di jalur mudikku. Dan beberapa kali makan di cabang lainnya. Memang tempatnya asyik dan menunya oke.
    Oh ya, selamat milad buat Gandjel Rel. Semoga makin sukses!

    BalasHapus
  12. Seru pasti ya mba,,kumpul silatuhrahim dapat ilmu juga semogabterus menginspirasi gandjel rel,, nti klo k Sana Kita kopdaran y mba

    BalasHapus
  13. Nah pemilihan diksi ini nih yg blm bisa saya lakukan. Diksi saya masih sempit. Belum bisa menggantik kata "lupa" jadi "jika ingatan itu tak berkhianat". Kayaknya perlu banyak latihan dan baca lagi nih.

    BalasHapus
  14. Selamat Ulang Tahun untuk komunitas Gandjel Rel. Terus berkarya dan terus memberikan ilmu-ilmu nya kepada para bloger bloger. Seru ya mba kumpul dgn para blogger dan dpt ilmu pula cara menulis kreatif .. mantab deh

    BalasHapus
  15. Selamat ulang tahun komuntas Gandjel Rel. Semoga menjadi wadah yang bermanfaat ya bagi para blogger di Semarang. Keren banget udah 4 tahun.

    BalasHapus
  16. acaranya seru yaah Mbak.
    banyak hadiah dan pastinya dapat ilmu yang daging banget yaakk, jadi makin semangat nih dalam menulis :)
    Selamat Ultah yaa untuk Komunitas Gandjel Rel, semoga sukses selalu dan bisa terus menjadi wadah untuk Blogger Perempuan yang ada di Semarang dan sekitarnya :)

    BalasHapus
  17. Mbak, pesta ulang tahun yang ini ngundang mas agus mulyadi kan ya? Asyik banget, pasti buanyak hal keren yang didapat. Iri eui, anyway selamat ulang tahun ya gandje rel

    BalasHapus
  18. Keren ya lokasi acaranya, banyak spot yg bisa dijadiin tempat foto fotoan. BTW, selamat milad buat komunitas Gandjel Rel, moga makin sukses

    BalasHapus
  19. Aku setuju kalau ide tulisan memang segalanya sih. Karena kadang si A dan si B diberi tema yang sama. Namun hasilnya justru sangat jauh berbeda. The power of ide sih.

    BalasHapus
  20. Selamat ulang tahun Gandjel Rel. Jadi kangen neh ke semarang akunya mba. Ntar kalau kesana mampir ah disini.

    BalasHapus

 

Farida Asadi Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea