Jumat, Maret 22, 2019

Buku
Pic from www.pexels.com

5 Tips Belanja Buku Secara Online

Dulu, ketika hendak membeli buku pastinya saya harus ke toko buku dan itu lumayan jauh dari rumah saya karena rumah saya termasuk di daerah pelosok dan lumayan jauh dari Kota Kendal. Hingga kemudian saya lebih suka membeli buku saat ada bazzar buku di sekolah saya. Namun ketika saya sudah lulus sekolah,  saya menjadi jarang sekali membeli buku lagi.

Tahun 2018 adalah saat dimana saya sering membaca buku terutama novel. Tapi sering  juga saya membaca buku anak-anak karena ingin mengajarkan gemar membaca kepada keponakan saya.

Namun terkadang saya agak kecewa apabila saya sudah membeli buku tersebut ternyata buku tersebut tidak sesuai dengan harapan saya. Jadi saya lebih suka membaca buku di perpustakaan daripada harus membeli buku. Tapi kadang koleksi buku yang ada di perpustakaan tidak lengkap sehingga saya harus membeli buku yang saya inginkan tersebut.

Membahas membeli buku maka saya jadi teringat salah satu hal yang lumayan sering saya lakukan yaitu belanja buku secara online. Kenapa saya memilih belanja buku secara online? Karena ada banyak kemudahan  yang saya dapatkan ketika saya berbelanja buku secara online. Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya seputar  tips berbelanja buku secara online yaitu,

5 Tips Belanja Buku Secara Online


1. Tentukan Buku yang Ingin Dibeli

Sebelum membeli buku alangkah baiknya kita membuat daftar buku yang ingin kita beli terlebih dahulu karena hal ini bertujuan untuk membuat kita bisa memprioritaskan buku-buku apa saja yang ingin kita beli dan menghindari membeli buku terlalu banyak karena hal ini bisa membuat kita makin boros dan pengeluaran makin membengkak karena kita terlalu banyak membeli buku.

2. Belanja Buku Saat Open PO

PO (Pre Order) adalah suatu hal yang sering saya lihat dan saya dengar saat akan membeli buku karena membeli buku saat ada open PO bisa membuat kita senang sekaligus hemat karena biasanya buku yang dibeli saat open PO adalah buku limited edition yang dilengkapi dengan tanda tangan penulis dan adapula souvenir yang diberikan kepada pembeli buku. Membeli buku saat open PO akan menghemat pengeluaran  karena harganya lebih murah.

3. Membeli Buku Bekas Berkualitas

Saya lebih memilih membeli buku bekas berkualitas secara online karena buku bekas harganya akan jauh lebih murah tapi kita wajib memperhatikan kondisi dari buku tersebut dan tentunya buku tersebut harus buku asli bukan buku bajakan.

4. Membeli Buku Saat Ada Promo Menarik

Setiap orang akan tergiur apabila ada promo. Dan promo buku-buku murah yang di pajang di media onilne oleh para penerbit atau para penulis sehingga membuat saya ingin segera memiliki buku tersebut. Tapi kita pun juga harus ingat jangan sampai malah membuat pengeluaran membengkak gara-gara mengikuti promo tersebut.

5. Membeli Buku di Toko Online Terpercaya

Saya agak sedikit kurang suka apabila belanja buku melalui sosial media karena saya takut ditipu. Maka dari itu saya lebih memilih membeli buku di toko online terpercaya seperti Shopee.

Pengalaman Berbelanja Buku  Secara Online Melalui Aplikasi Shopee

Waktu itu saya sedang dalam keadaan yaitu sangat suka membaca novel bergenre romance. Maka dari itu seringkali saya membeli novel. Namun saya merasa sedih ketika saya tidak bisa membeli novel yang saya inginkan di beberapa toko buku di Kota Semarang.

Akhirnya saya memutuskan untuk menginstall aplikasi Shopee dan kemudian saya merasa bahagia karena bisa membeli novel tersebut melalui aplikasi Shopee. Apalagi saya bisa lebih hemat karena harga asli dari novel tersebut adalah Rp.64.800. sedangkan saat saya membeli novel tersebut melalui aplikasi Shopee maka saya hanya membayar Rp.20.000. saja.

Keunggulan berbelanja buku di aplikasi Shopee ini banyak yaitu mudah dan praktis. Ada fitur chat dengan penjual sehingga memudahkan pembeli untuk menanyakan beberapa hal seputar produk dari penjual.

Dilengkapi pula dengan fitur  tawar yang memungkinkan untuk pembeli menawar harga kepada penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain novel bergenre romance seperti yang saya beli ini, ternyata di aplikasi Shopee ada banyak sekali berbagai macam buku yang bisa kita beli dan tentunya di aplikasi Shopee pasti ada buku-buku yang kalian cari.

Itulah beberapa tips dan pengalaman saya saat berbelanja buku secara online. Lalu bagaimana cerita dan kesan kalian saat belanja buku secara online? Semoga tulisan saya tentang  5 Tips Belanja Buku Secara Online ini bermanfaat ya.

Farida Asadi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates