Jumat, Desember 07, 2018

[Book Review] : AYO LINDUNGI AKU! 45 Fabel tentang Hewan-Hewan yang Terancam Punah Karya Indah Hanaco

Edited by Farida Asadi


Setelah beberapa bulan yang lalu saya mengajak keponakan saya untuk belajar membaca buku Main Apa, Dong? karya Mbak Lia Herliana. Maka kali ini saya ingin mengajak keponakan saya untuk belajar membaca sekaligus belajar mengenal beberapa hewan-hewan langka yang ada di Indonesia melalui buku AYO LINDUNGI AKU! 45 Fabel tentang Hewan-Hewan yang Terancam Punah karya Mbak Indah Hanaco.



Baca juga : [Book Review] : Main Apa, Dong? - Lia Herliana

♡Identitas Buku♡

Judul Buku : AYO LINDUNGI AKU! 45 Fabel tentang Hewan-Hewan yang Terancam Punah

Penulis : Indah Hanaco

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Tahun 2015

Jumlah Halaman : 135 Halaman

ISBN : 978-602-03-1621-5

Harga : Rp.98.000.

Rating : ♡♡♡♡

♡Sinopsis♡

Tanpa kita sadari, makin lama makin banyak hewan yang terancam punah. Sedikit demi sedikit, populasi mereka semakin berkurang. Tetapi, kenapa ya semua itu bisa terjadi?

Ayo kita baca 45 fabel dalam buku ini supaya kita tahu lebih banyak dan bisa membantu melindungi hewan-hewan itu.

Buku ini juga menyediakan fakta-fakta penting tentang masing-masing hewan, mulai dari daerah asalnya sampai populasi terakhirnya.

Selamat membaca!
Cover Depan. Pic from Aplikasi iPusnas.
Cover Belakang. Pic from Aplikasi iPusnas.
♡Review Buku♡

Buku ini berisi fabel yang menceritakan hewan-hewan langka yang dilindungi seperti Elang Flores, Celepuk Siau, Burung Madu Sangihe, Mandar Gendang, Jalak Bali, Cendrawasih, Maleo Senkawar, Elang Jawa, Gagak Flores, Mandar Talaud, Perkici Buru, Sikatan Aceh, Trulek Jawa, Jalak Putih, Kakaktua Jambul Kuning, Pesut, Duyung, Bilih, Hiu Gergaji, Hiu Karpet Berbintik, Paus Biru, Ikan Depik, Arwana Merah, Ikan Lopis, Coelacanth, Ikan Kodok (FrogFish), Pari Hiu, Ikan Napoleon, Ikan Kerapu, Ikan Gabus Sentani, Badak Jawa, Harimau Sumatra, Orangutan Sumatra, Anoa, Badak Sumatra, Rusa Bawean, Bekantan, Tapir, Kelinci Sumatra, Kambing Hutan, Gajah Sumatra, Monyet Ekor Babi, Siamang, Macan Tutul Jawa, dan Babirusa.

Bahasa yang digunakan di dalam buku ini mudah dipahami oleh anak-anak dan buku ini cocok sekali untuk anak-anak dari usia 8 tahun - 12 tahun.

Buku ini bukan hanya tentang fabel hewan langka saja, buku ini juga dilengkapi dengan keterangan lengkap mengenai hewan langka tersebut. Jadi dengan begitu anak-anak akan tahu segala hal mengenai hewan langka tersebut melalui buku ini.
Cerita Tentang Elang Flores. Pic from Aplikasi iPusnas.
Pic from Aplikasi iPusnas.

Keterangan Lengkap Tentang Elang Flores. Pic from Aplikasi iPusnas.

Jika sedang membaca buku ini maka anak-anak seperti sedang berada di kebun binatang karena banyak sekali hewan langka yang bahkan belum pernah diketahui oleh orang banyak.

Namun sayangnya saya masih menemukan typo atau salah ketik pada halaman 54 yaitu penulisan "suku" padahal kalimat itu membahas tentang derajat Celcius. Maka penulisan yang benar adalah "suhu".

PENGALAMAN SAYA DAN KEPONAKAN SAYA SAAT MEMBACA BUKU INI

Saat itu kami sedang bosan bermain game di smartphone lalu muncul ide untuk mencari buku anak yang ceritanya tentang hewan karena keponakan saya sedang suka memelihara hewan seperti Ayam dan Burung Dara.

Beruntunglah saya ketika saya bisa menemukan buku ini dan bisa saya pinjam secara gratis melalui aplikasi perpustakaan digital iPusnas. Jadi langsung saja saya dan keponakan membaca buku ini melalui smartphone.

Keponakan saya mengatakan kalau keponakan baru tahu banyak hewan yang belum diketahuinya dan keponakan merasa senang karena bisa mengetahui hewan langka yang belum diketahuinya melalui buku ini. Selain itu, keponakan juga saya latih untuk membaca buku ini dari halaman awal namun keponakan saya hanya membaca sebanyak 4 halaman saja karena keponakan lebih suka melihat gambar hewan langka yang ada di buku daripada membaca isi dari buku ini.

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik dan membuat keponakan saya suka akan gambar-gambar tersebut. Jika ingin banyak tahu seputar hewan langka dengan cerita,  gambar dan keterangan yang lengkap maka bisa membaca buku ini.

20 komentar:

  1. Seharusnya ada ya aktivitas yg lebih extra dari badan or yayasan perlindungan hewan2 langka ini agar kelestariannya terjaga.

    BalasHapus
  2. Banyak hewan-hewan yang belum saya kenal yang dibahas di buku itu mbak. Menarik, dan bikin penasaran. Anak saya sangat suka mengeksplor dunia hewan. Pengen cari buku ini ah kalo ke toko buku nanti.

    BalasHapus
  3. Isi buku nya berwarna dan bergambar, cocok buat anak ku walau masih 2th untuk pengenalan hewan

    BalasHapus
  4. Kalau ingat binatang yang punah, salah satunya saya ingat burung dodo. Jangan sampai deh binatang lain kayak burung dodo. Buku ini bagus untuk mengajarkan anak supaya lebih peduli dengan binatang dan lingkungannya

    BalasHapus
  5. Mba Indah Hanaco ini bukan penulis asing bagiku sering lihat feed dan ttg beliau di sosmed, emang karya2 bukunya sangat edukatif

    BalasHapus
  6. Aku dulu suka baca fabel. Untuk beli sendiri masih PR ya. Jadi pinjam dulu di perpus. Mbak Indah Hanaco aku taunya buat novel. Ternyata buat fabel juga

    BalasHapus
  7. Ternyata kalo dibikin buku dengan keterangan hewan apa aja, banyak ya. Bahkan ada beberapa yang aku belum pernah dengar jenisnya

    BalasHapus
  8. Anakku kayaknya wajib punya ini deh mba. Soalnya kadang kan ada pelajaran tentang hewan hewan punah

    BalasHapus
  9. Waaaaaaah, langsung masukin wishlist ni bukunya, bagus buat anak-anak. Menanamkan awareness sama hewan-hewan yang harus dilindungi.... Thanks infonya Mbaaa

    BalasHapus
  10. baca buku ini bisa mengenalkan aneka hewan pada anak-anak plus orangtua juga maklum lah pastinya ada hewan2 yang belum aku kenal juga

    BalasHapus
  11. Cocok nih buat anak-anak jadi mereka tahu nama-nama hewan dan bentuknya. Baca buku hewan atau tumbuhan bermanfaat juga sih biar mereka lebih cinta sesama makhluk hidup.

    BalasHapus
  12. Keren bukunya, penasaran banget jadinya. Wah sayang keponakan ya Mba, salut! keponakanku jauh-jauh sih, ohya itu nonton via aplikasi apa mbak di mobilenya?

    BalasHapus
  13. Minjem dari ipusnas bentuknya buu digital? Kok aku kurang suka ya. Ya walapun emang bagus sih karena menyediakan kebutuhan anak2 jaman sekarang yg daripada main hp mendingan diganti baca buku digital. Tapi kok malah jadi menghilangkan esensi dari membaca buku itu sendiri? Aku lebih suka liat anakku baca buku yang beneran buku, bukan buku digital.

    BalasHapus
  14. Aku belum punyabyang ini,beberapa buku fabel aku sudah beli untuk ponakan fan Alhamdulillah ponakan ku banyak tau nama-nama binatang.

    BalasHapus
  15. Wah dengan buku ini jadinya anak selain dapat cerita juga bisa dapat pengetahuan dan belajar ttg hewan2 khas daerah dan mana aja yang dilindungi ya mbak...

    BalasHapus
  16. Aku kemarin juga sempet dengerin radi mengenai hewan hampir punah.
    Dan ternyata bener-bener tinggal sedikit banget populasinya. Dan itu hewan-hewan asli Indonesia.

    Sedih yaa...dengernya.
    Jumlahnya kurang dari 10 looh...

    Hikks~

    BalasHapus
  17. Jadi kepingin beliin buat anakku, dia suka banget baca-baca cerita tentang hewan, apalagi yang udah terancam punah gini bnayak yang dia belum pernah tau. makasih sharingnya ya mba :)

    BalasHapus
  18. Makin dini kita kenalkan ke anak-anak, makin aware mereka dengan hewan-hewan yang hamper punah ini ya. Aku mau cek ah di took buku

    BalasHapus
  19. Jujur aku baru nemu orang yang mau mereview buku anak2. Terima kasih Mba Farida. Saya baru tahu ada aplikasi perpustakaan digital iPusnas. Saya mau coba pakai jugaa ahhh hehe

    BalasHapus
  20. fariid jenius banget deh ini bisa pinjem gratis tho ebooknya takira harus beli kan emak ngirit sayang duit hehe

    BalasHapus

Popular Post