Senin, November 19, 2018

One Day Trip to Candi Gedong Songo

Edited by Farida Asadi
Pagi itu saya pergi ke kantor asuransi di Kota Kendal untuk mengurus asuransi. Tapi ternyata setelah saya menyerahkan dokumen yang sudah memenuhi persyaratan dan setelah saya mengisi formulir ternyata saya tidak mendapatkan nomor antrian dan esoknya saya harus ke kantor asuransi lagi. Karena terlanjur kecewa maka setelah mengucapkan terimakasih kepada petugas asuransi maka saya langsung berkeinginan untuk pulang.


Namun apa daya ternyata pukul 10.00 WIB tidak ada yang bisa menjemput saya. Sedih maksimal pokoknya. Hingga kemudian saya menulis status di WhatsApp tentang kekecewaan yang saya alami setelah saya berada di kantor asuransi.

Tiba-tiba saja muncul chat dari salah satu teman dekat saya yang menanyakan sebab dari kekecewaan saya tersebut. Dan saya malah curhat panjang kali lebar hingga akhirnya teman dekat saya tersebut menjemput saya. Setelah obrolan yang panjang akhirnya saya yang berkeinginan untuk "DOLAN" dan teman dekat saya langsung menyetujuinya.

Awalnya kami ingin pergi Kebun Teh Medini tapi apa daya saya lupa jalan atau rute menuju Kebun Teh Medini hingga akhirnya kami sepakat untuk ke Candi Gedong Songo.

Dari Kendal kami langsung saja melalui jalur Kaliwungu-Singorojo-Boja-Limbangan dan langsung menuju Candi Gedong Songo. Saat sampai di Limbangan kami terjebak hujan dan kami pun memutuskan untuk Sholat Dhuhur terlebih dahulu di salah satu Masjid di Limbangan.

Saya merasa tidak enak hati dengan teman dekat saya ini karena teman saya sedang menunaikan ibadah puasa sunah hari Senin. Apalagi cuaca yang tidak menentu seperti ini membuat badan tidak sehat dan saya dengan teganya membonceng teman saya dari Kendal sampai ke Candi Gedong Songo. Mungkin ini yang namanya pertemanan yang sebenarnya karena sejak tahun 2011-2018 saya sudah berteman dengan teman saya ini walau ada banyak hal yang sering membuat kami  bertengkar kecil.

Setelah sampai di area Candi Gedong Songo maka kami menuju area parkir sepeda motor terlebih dahulu lalu menuju pintu masuk untuk membeli tiket masuk ke Candi Gedong Songo.

Tiket masuk Candi Gedong Songo yaitu Rp.75.000. untuk turis mancanegara dan Rp.8.000. untuk turis lokal. Oh iya, Candi Gedong Songo ini lokasinya berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari Kendal menuju ke Candi Gedong Songo kami harus menempuh jalanan yang menanjak selama dua jam lamanya.
Pic by Farida Asadi
Pic by Farida Asadi
Pic by Farida Asadi
Di area Candi Gedong Songo ini ada petunjuk untuk menuju setiap candi. Yang saya ketahui ada 5 candi yang ada di Komplek Area Candi Gedong Songo yaitu Candi Gedong I, Candi Gedong II, Candi Gedong III, Candi Gedong IV dan Candi Gedong V.
Pic by Farida Asadi
Selfie dengan Background Candi Gedong I.  Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Candi Gedong II. Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Selfie dengan Background Candi Gedong III. Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Candi Gedong IV. Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Yang membuat saya suka dengan Candi Gedong Songo adalah kita bisa mengenal cagar budaya yang ada di Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo ini juga termasuk tempat wisata yang unik karena bukan hanya menyajikan wisata budaya dan wisata sejarah saja namun dilengkapi juga dengan wisata alam.

Di Candi Gedong Songo ini juga saya merasa senang karena sepanjang  mata memandang terdampar pemandangan hijaunya pepohonan dan adapula tanaman sayur mayur di sekitar area Candi Gedong Songo.
Banyak Pepohonan di Sekitar Area Candi Gedong Songo. Pic by Farida Asadi.
Sayur Kol yang Ada di Sekitar Area Candi Gedong Songo. Pic by Farida Asadi.
Butuh tenaga ekstra untuk menuju Candi Gedong I - Candi Gedong V. Dan saya merasa capek tapi saya senang. Semacam hiking sambil hunting foto gitu deh. Buat kalian yang tidak ingin capek maka kalian bisa naik kuda yang sudah disediakan dengan ketentuan membayar sesuai harga yang ditentukan.

Yang paling saya suka adalah saat di area Candi Gedong V karena di area ini saya bisa berfoto dengan background Gunung Ungaran.
Di Area Candi Gedong V Bisa Foto dengan Background Gunung Ungaran. Pic by Farida Asadi.
Adapula hal yang menarik di sekitar area Candi Gedong Songo yaitu ada pemandian air panas dengan membayar tiket masuk senilai Rp.5000. dan di sekitar pemandian ini sebaiknya memakai masker karena akan tercium bau Belerang yang lumayan menyengat.

Banyak warung makan dan toilet di sekitar area Candi Gedong Songo ini jadi untuk kalian yang tidak bawa bekal makanan atau minuman tidak usah khawatir.
Jalan Menuju Pemandian Air Panas. Pic by Farida Asadi.
Pintu Masuk Pemandian Air Panas. Pic by Farida Asadi.
Foto di Sekitar Area Pemandian Air Panas. Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Sedangkan hal-hal yang kurang saya suka dari wisata Candi Gedong Songo ini adalah para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Ada wisatawan yang dengan sengaja meninggalkan sampah botol plastik di Candi Gedong V padahal di area tersebut sudah disediakan tempat sampah.
Apakah Kami Kembar? Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi.
Pic by Farida Asadi
Itulah sedikit cerita saya saat one day trip to Candi Gedong Songo. Bagaimana dengan kalian sobat?

34 komentar:

  1. tiketnya murah juga ya, kirain yang 75.000 ternyata 8000 saja.
    Aku juga kepingin mengajak anak anak untuk mengunjungi candi di sekitar Malang, tapi belum keturutan....hiks

    BalasHapus
  2. wah ada permandian air panasnya yah mba? dengan pemandangan sekece itu melihat tiketnya itu murah banget yah mbaaa,,,

    BalasHapus
  3. Aku gagal fokus dengan pemandian air panasnya mbak, secara aku belum pernah liat langsung hehehe.

    BalasHapus
  4. Kalau jalan-jalan dengan sahabat langsung lupa ya mba sana bete hihihi. Murah ya masuknya 8000, pemandangan didalam juga bagus deh.

    BalasHapus
  5. Harga tiketnya murah banget ya mba. Pemandangan di sekitar candinya juga oke. Jadi pengen ke sana. Sudah lama ga jalan-jalan ke daerah sana hehehehehe

    BalasHapus
  6. Jadi pengen main ke Candi, terakhir dulu main ke Prambanan dan Boko pas jaman kuliah, bertahun-tahun laluuuu :D

    BalasHapus
  7. Padahal masih pagi ya, Mbak. Tetapi, nomor antrean sudah habis. Btw, temannya baik banget, Mbak

    BalasHapus
  8. Masih tidak habis pikir, kenapa harga tiket buat turis mancanegara hampir 10 kali lipatnya ya Mbak?

    BalasHapus
  9. Candinya bagus walaupun ngg banyak yaaa mba.. dan itu perjalanannya lumayan juga ya mba? Tapi kalau liat foto selfinya pasti happy sampai sini

    BalasHapus
  10. Waah aku baru tau di situ ada pemandian air panasnya, jadi penasaran. Kirain ya cuma candi aja kaya yang ada di jogja :)

    BalasHapus
  11. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara lumayan jauh ya, hihihi..bagus deh, jadinya semakn banyak wisatwan lokal yang berkunjung, saya pun jadi pengen ke sana

    BalasHapus
  12. Baek bener temennya mbk. Alhamdulillah yah, rasa kecewanya jd miber entah kemana.
    Btw itu tiketnya murah bener. Pemandangannya juga oke punya.

    BalasHapus
  13. Pernah dolan ke sana kurang lebih sekitar tahun 2009 saat anak pertama baru lahir. Waktu mau jalan, ngebayangin jalan nanjak, jadi balik kanan ndak jadi. Besok-besok kepingin lagi dolan ke gedong songo

    BalasHapus
  14. Aku baru dengar nama candi ini, mba. Tapi bagus ya ada candi tapi backround gunungnya juga bagus

    BalasHapus
  15. Wah jempol utk Farida..bisa nyampe Candi yg tertinggi ya..aku kmrn cm nyampe 3, terus kakakku sdh ngajak turun..haha... Padahal masih penasaran dgn 2 lainnya...

    BalasHapus
  16. Aku baru dengar ini ada Candi namanya Gedong..biasanya sering dengar orang-orang bilangnya rumah gedong hehe. Thanks for sharing mbak, jadi nambah nih pengetahuan akan nama-nama candi.

    BalasHapus
  17. Aku pernah ke Candi Gedong Songo ini. Suasananya romantis banget dan banyak pohon mawar.

    BalasHapus
  18. Bangku untuk duduk menanti yang sedang berendam, masih ada ya. Aku terakhir bisa sampai lokasi air panas tuh th 2014

    BalasHapus
  19. Aku baru tahu Candi Gedong ini mbak.
    Jadi tahu tambah banyak lagi tentang tempat wisata.

    BalasHapus
  20. Kakakku di Kendal tapi aku malah belum pernah main ke candi Gedong songo ini. Hiks, piknikku kurang jauh

    BalasHapus
  21. Wohohohoh banyak sekali spot buat hunting foto nih. Bakalan betah seharian di sini just for hunting hahaha

    BalasHapus
  22. Waaa candi gedung songo, duh kangen. Terkahir pas waktu tahun 2010 kalo nggak salah kesana. Alhamdulillah nanti 27 aku ke sana lagi yeee ...

    Untung ada sahabat yang menghibur saat galau dan kecewa datang ya Mbak. Semangat ya Mbak.

    BalasHapus
  23. aku sering ke ungaran tapi blm pernah mampir nih mbak ke Gedong Songo, haha. Masih dipake ritual ibadah ga sih mbak?

    BalasHapus
  24. Oh lokasi candi Gedon gSongog ggak terlalu jauh ya dari Semarangg, mau ah main2 ke sana kalau pas ke rumah mertua. Dari kecewa jadi happy ya mbak bisa jalan-jalan. Jadipenasaran asuransi apa kok bisa sampai gak dapat nomor antrian ya

    BalasHapus
  25. Uwaah, baru tau kalo di Semarang juga ada candii. Aku aja pernah takjub di Malang banyak candi kecil2 kayak gini juga

    BalasHapus
  26. Eh jauh ya mbak, harga tiket masuk buat turis lokal dan asing hehe. Mungkin biar nambah pednapatan warga hehe.
    Alamnya terlihat asri banget di foto.
    Moga2 kapan2 kalau ke Semarang ada kesempatan mampir ke sana :D

    BalasHapus
  27. Oalaahh Farida, temannya lagi puasa koq ya diajak jalan2 :)) Tapi seneng ya memang klo pergi bareng dengan teman baik. Aku udh bbrp kali ke Gedong Songo tapi ya paling cuma sampe candi kedua :))

    BalasHapus
  28. Wah, kalau keliling di sini sih rasanya bakal betah karena sejuk yaa.. kalau Prambanan tu lumayan panas kalau siang-siang. Wkwkwk

    BalasHapus
  29. Belum kesampaian kesannya kemarin cuma lewat daerahnya aja kepingin suatu saat termasuk penggemar berat cagar budaya

    BalasHapus
  30. Huaaaaaaa fotonya bikin mupeeng. Alhamdulillah besok selasa ak juga mau ke sana. One day trip

    BalasHapus
  31. walaupun butuh usaha ekstra dari Candi Gedong I ke Candi Gedong V tapi worth it yaaa Mbak, bisa dapat spot2 selfie cakep gitu :D

    BalasHapus
  32. mungkin karena dirimu mungil jadi temanmu ringan-ringan saja diboncengi sepeda oleh dirimu.

    BalasHapus
  33. Aku udah lamaa banget nggak wisata ke candi. Terakhir kayaknya 3 tahun lalu bareng keluarga besar. Dan sekarang tiap liat candi pasti ingetnya Pakde, soalnya itu kenangan terakhir bersama beliau sebelum berpulang :")

    BalasHapus
  34. Aku pernah ke candi Gedong Songo tapi nggak semuanya karena hujan. Sayang banget sih. Tapi mau gimana lagi.

    BalasHapus

Popular Post