#1000HariPertamaAnanda Momen Istimewa yang Tak Akan Pernah Terlupa

Edited by Farida Asadi
Walaupun belum menikah dan belum mempunyai anak, kalau hanya mengurus anak usia 7 bulan sampai 7 tahun saya masih sanggup.

Awalnya saya memang tidak bisa mengurus anak-anak yaitu  keponakan saya yang waktu itu berusia satu tahun. Namun lama kelamaan akhirnya saya bisa mengurus keponakan saya walaupun kadang terkena berbagai macam kendala.

Selama 7 tahun ini ada banyak sekali momen istimewa bersama keponakan tercinta mulai dari menggendong, memandikan, memakaikan baju, menyuapi makan, hingga mengajak jalan-jalan.
Keponakan Saya Saat Berusia 2 Tahun. Pic by Farida Asadi.
Saya ingin memutar sedikit kenangan saya bersama keponakan saya sekitar 8 tahun yang lalu saat keponakan saya masih dalam kandungan ibunya.

Kakak ipar dan keluarga besar saya merasa bahagia karena kakak ipar hamil lagi setelah sebelumnya pernah keguguran dan kehilangan calon bayi di usia kandungan 5 bulan.

Selama kakak ipar hamil, kami sekeluarga selalu menjaga dan memperhatikan asupan gizi bagi calon bayi dengan memberi makananan yang bergizi seperti nasi, sayur, lauk dan buah.

Namun saat menginjak usia kehamilan 7 bulan, kakak ipar dan kakak saya terlibat pertengkaran yang hebat dan saya sendiri tidak begitu paham apa permasalahannya.

Namun akhirnya pertengkaran itu bisa segera terselesaikan tanpa ada banyak kendala hingga akhirnya keponakan saya lahir walaupun saat kakak ipar melahirkan tidak didampingi suaminya (kakak saya) karena kakak saya masih bekerja di Riau sedangkan kakak ipar dan kami sekeluarga masih tinggal di Kendal.

Karena kami sekeluarga selalu memperhatikan asupan gizi saat kakak ipar masih hamil maka keponakan kami lahir dengan berat badan 3,1 kilogram.

Lalu apakah sobat sudah tahu apa saja tanda bayi lahir sehat? Menurut informasi yang saya dapatkan dari buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), tanda bayi lahir sehat yaitu bayi lahir langsung menangis, tubuh bayi kemerahan, bayi bergerak aktif, berat lahir 2500 sampai 4000 gram, dan bayi menyusu dari payudara ibu dengan kuat.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari GNFI(Good News From Indonesia www.goodnewsfromindonesia.id), #1000HariPertamaAnanda dimulai sejak dari fase kehamilan yaitu 270 hari hingga anak berusia 2 tahun (730 hari).

#1000HariTerbaik merupakan bagian penting untuk mengatasi persoalan stunting. Hal sederhana, namun kurang diperhatikan. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Setelah berbincang-bincang dengan kakak ipar saya. Ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan yaitu asupan gizi bagi ibu hamil.

Memenuhi asupan gizi bagi ibu hamil merupakan upaya mencegah stunting saat bayi sudah lahir. Lalu asupan gizi seperti apa yang bisa memenuhi gizi ibu hamil?

Menurut informasi yang saya dapatkan dari buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), untuk memenuhi gizi ibu hamil bisa menerapkan menu gizi seimbang yaitu makanan yang mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35% sayur, dan 35% sumber karbohidrat. Misalnya saja nasi putih, sayur daun Kelor, nugget ayam, dan buah pisang.
Menu Gizi Seimbang. Pic by Farida Asadi.
Perlu sobat ketahui, ternyata sayur daun Kelor dan buah pisang memiliki banyak kandungan gizi bagi ibu hamil dan anak-anak.

Daun Kelor (Moringa oleifera) bagus untuk kesehatan mata dan bisa juga untuk memperbaiki fungsi ginjal. Menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, badan kesehatan dunia WHO juga menyarankan daun Kelor untuk dikonsumsi batita dan anak-anak pada masa pertumbuhan. Sayur daun Kelor bisa dikonsumsi siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang lanjut usia. Daun Kelor mengandung 7 × Vitamin C lebih banyak dari buah Jeruk, 4 × Kalsium lebih banyak dari susu, 4 × Vitamin A lebih banyak dari Wortel, 2 × Protein lebih banyak dari susu, dan 3 × Potasium lebih banyak dari buah Pisang.

Buah Pisang adalah salah satu buah primadona di kampung saya karena hampir setiap warga memiliki pohon Pisang. Kebetulan kemarin ada tetangga yang sedang panen buah Pisang dan saya diberi buah Pisang tersebut. Buah Pisang memang bisa dimakan oleh siapa saja tanpa pandang bagi bayi, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil bahkan sampai orang tua dan lansia. Buah Pisang mengandung beberapa gizi yang berguna untuk tubuh kita seperti Riboflavin, Mangan, Vitamin A, Vitamin B6, Niacin, Serat, Vitamin C, Kalium, Potasium, Folat & Magnesium.

Untuk ibu hamil disarankan untuk memakan beragam makanan secara proporsional dengan pola menu gizi seimbang dan 1 porsi lebih banyak daripada sebelum hamil.

Menu gizi seimbang ini juga diimbangi dengan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Bagi ibu hamil wajib juga membatasi konsumsi gula, garam dan minyak. Dan jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum makan untuk tetap menjaga kebersihan dan mencegah stunting.

Lalu setelah keponakan saya lahir dengan proses normal saya pun merasa bahagia. Apalagi ASI milik kakak ipar saya pun bisa untuk menyusui keponakan saya tersebut.

Sudahkah sobat tahu apa saja manfaat ASI bagi tumbuh kembang bayi? Ternyata ada banyak Manfaat ASI yang baru saja saya ketahui setelah saya membaca buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) seperti :

1. Sehat, praktis dan tidak butuh biaya

ASI bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dan membuat bayi sehat. Apalagi ASI praktis dan tidak membutuhkan biaya apabila bayi ingin menyusu pada ASI.

2. Meningkatkan kekebalan alamiah pada bayi

Bayi yang menyusu pada ASI memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang menyusu pada susu formula.

3. Mencegah perdarahan bagi ibu nifas

4. Menjalin kasih sayang ibu dan anak

5. Mencegah kanker payudara

Itulah #1000HariPertamaAnanda momen istimewa yang tak akan pernah terlupa. Bagaimana dengan kalian, sobat?

Komentar

  1. Pentingnya ASI untuk si buah hati, itu sudah saya rasakan dan 1000 Hari Pertama menentukan untuk kehidupan selanjutnya. Sukses mba :)

    BalasHapus
  2. aku pengen deh makan sayur kelor. Tapi kalo metik dewe masih bingung takutnya salah tanaman. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

5 Hal Unik dari Kadeso Desa Wisata Lerep

[Beauty Review] : Fanbo Acne Solution

Cicik Sri Winarti, Crafter Muslimah dari Kota Kendal yang Penuh Inspirasi