Inilah 7 #AksiSehatCeria yang Saya Jalani Saat Ini

Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Saya sedih apabila saya sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit. Belum lagi biaya konsultasi dokter dan biaya obat yang harus ditanggung sendiri karena kini asuransi kesehatan yang saya miliki tidak bisa saya gunakan lagi.

Waktu itu saya datang ke rumah sakit untuk memeriksakan sakit yang saya derita. Dokternya banyak memberikan saran kalau saya harus menerapkan gaya hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, agar saya tidak terkena sakit yang membuat saya harus dirujuk ke rumah sakit maka saya harus menerapkan pola gaya hidup sehat. Lalu apa saja yang saya lakukan dalam mewujudkan pola gaya hidup sehat agar saya tidak mengalami sakit yang harus dirujuk ke rumah sakit?

Dan inilah 7 #AksiSehatCeria yang saya jalani saat ini dalam mewujudkan pola gaya hidup sehat agar tidak terkena sakit yang harus dirujuk ke rumah sakit,

1. Istirahat yang Cukup

Selain dokter yang menyarankan saya untuk istirahat yang cukup, ibu saya pun selalu mengingatkan saya untuk istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup bisa membuat tubuh kita tetap segar dan bugar. Apabila tubuh kita tetap segar dan bugar maka kita pun bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menghindari Stress

Tumpukan pekerjaan yang banyak, tekanan dari atasan karena pekerjaan tak juga segera terselesaikan. Dua hal tersebut yang sering saya alami saat saya masih kerja di pabrik hingga membuat saya stress.

Saya berusaha menghindari stress dengan cara tidak membawa urusan pekerjaan ke rumah sehingga hal itu tidak menjadi beban bagi saya sehingga saya bisa terhindar dari stress.

3. Mengatur Pola Makan

"Jangan lupa sarapan, tidak boleh berangkat kalo belum sarapan dulu" Begitulah yang ibu saya katakan setiap pagi kepada anak-anaknya.

Walaupun ibu saya selalu mengingatkan saya untuk sarapan tapi saya sering melewatkan sarapan karena terburu-buru untuk segera berangkat.

Demi kesehatan diri saya sendiri dan agar penyakit maag saya derita tidak kambuh lagi maka saya harus menerapkan pola makan yang benar seperti makan tiga kali sehari yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam.

Menu makanananya pun harus sehat dan bergizi seperti menu piring gizi seimbang. Menu piring gizi seimbang meliputi makanan yang mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35% sayur, dan 35% sumber karbohidrat.

Beberapa bulan yang lalu untuk pertama kalinya saya menerapkan menu piring gizi seimbang yaitu menu makanan yang meliputi nasi putih, sayur daun Kelor, nugget ayam dan buah pisang.

4. Bersepeda

Hobi bersepeda sejak kecil membuat saya suka dengan bersepeda. Sejak SD - SMK, saya selalu naik sepeda untuk menuju ke sekolah. Bagi saya bersepeda bisa membuat saya sehat dan bugar. Bersepeda ampuh bagi saya untuk menghindari stress. Selain itu, bersepeda juga bisa mengurangi polusi udara.

5. Jogging

Jogging atau lari adalah salah satu olahraga favorit saya sejak saya SMK. Karena saat saya masih SMK, saya sering kali terlambat datang ke sekolah dan harus mendapat hukuman berlari mengelilingi lapangan sekolah

Mendapatkan hukuman lari keliling lapangan sekolah ternyata ada manfaatnya yaitu tubuh saya bisa berkeringat dan tentunya saya sehat.

6. Senam

Salah satu olahraga yang saya suka dari dulu sampai sekarang yaitu senam. Kalau dulu ketika masih SD - SMK, setiap hari Jum'at pasti saya ikut kegiatan senam bersama.

Tapi sekarang saya lumayan sering juga melakukan senam bersama keponakan saya. Biasanya saya melakukan senam sebulan sekali dan itu bisa membuat saya terlihat lebih segar, sehat dan bugar.

7. Badminton

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu olahraga yang banyak digemari. Saya mulai menyukai olahraga badminton saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar karena setiap hari saya selalu berlatih bermain badminton di depan rumah saya.

Tapi sayangnya saat ini saya mulai jarang bermain badminton karena kakak saya sibuk dengan segala urusannya. Maka saya terkadang rindu ingin bermain badminton dengan memegang raket dan "kok" (shuttlecock).

Itulah pengalaman pribadi yang saya lakukan dalam program 7 #AksiSehatCeria yang saya jalani saat ini agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Bagaimana dengan kalian sobat?

Oh, ya. Jika sobat ingin mencari informasi seputar kesehatan seperti Manfaat donor darah maka sobat bisa mengunjungi website www.doktersehat.com atau bisa klik link ini DokterSehat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Dokter Sehat

Komentar

  1. saya beruntung hingga sekarang masih sehat meskipun pola istirahat yang berantakan dan kurang tidur. Sementara olahraga 1 bulan ini tidak ada saya jalani, biasanya saya badminton juga

    BalasHapus
  2. aku paling suka bersepeda mba hahahha soalnya bisa bonceng2an gantian gitu kalo badminton aku nggak jago. Lari lumayan lah ya hahah sering jadi pemenang kalo pas jaman sekolah.

    BalasHapus
  3. Menghindari stress adalah salah satu upaya saya juga untuk menjaga kesehatan. Keren mba Siti :)

    BalasHapus
  4. Aaaahh, pengen senam hehehe

    Menanti anak gedean dikit ah, biar bisa senam.
    Kalau sekarang, belom juga siap2 udah digelondotin anak hihihi

    BalasHapus
  5. Menghindari stress, jaga pola makan, istirohat yg cukup bener banget, terutama waktu tidur yg pas, saya kalau kurang tidur sedikit jadinya pusing

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

5 Hal Unik dari Kadeso Desa Wisata Lerep

[Beauty Review] : Fanbo Acne Solution

Cicik Sri Winarti, Crafter Muslimah dari Kota Kendal yang Penuh Inspirasi