Minggu, September 30, 2018

Seberapa Pentingkah Anak Kampung Harus Belajar Bahasa Inggris?

- September 30, 2018
Kursus Bahasa Inggris
Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
"Rid, kamu itu cuma anak kampung dan selamanya akan tinggal di kampung, buat apa sih harus belajar Bahasa Inggris?" Entah kenapa kata-kata itu masih saja melekat di hati saya. Iya, saya tahu kalau saya ini cuma anak kampung. Tapi apakah salah jika anak kampung belajar Bahasa Inggris?

Orang-orang di kampung saya lebih suka kalau anaknya bisa berkebun dan bertani daripada bisa belajar Bahasa Inggris. Tapi beruntungnya saya ketika keluarga saya mendukung keinginan saya agar bisa belajar Bahasa Inggris.

Saat umur lima tahun saya sudah mulai belajar membaca dan sering menemukan kata dalam Bahasa Inggris yang tidak saya ketahui artinya. Dan akhirnya saya bisa belajar Bahasa Inggris saat saya duduk di bangku kelas empat sekolah dasar.

Lalu, ketika saya duduk di bangku kelas enam sekolah dasar, saya sedikit bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan turis dari Belanda saat saya berwisata ke Candi Borobudur, Magelang. Mulai dari sekolah dasar itulah saya ingin selalu belajar Bahasa Inggris karena Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang bisa dipakai dimana saja di seluruh dunia ini.

Saat saya sudah memasuki bangku sekolah menengah pertama saya selalu ingin mendapatkan nilai yang bagus saat pelajaran Bahasa Inggris. Ketika guru Bahasa Inggris saya mengajak saya untuk mengikuti les Bahasa Inggris setelah pulang sekolah selama satu bulan saya langsung menyetujuinya. Dan akhirnya saya mengikuti les Bahasa Inggris tersebut selama satu bulan dan hasilnya saya bisa banyak tahu seputar kosakata Bahasa Inggris yang belum saya ketahui.

Masa sedih itu datang saat saya menginjak bangku SMK karena saya tidak diterima di SMK favorit di kota tempat saya tinggal. Akhirnya saya mendaftar di sekolah lain dan di bangku SMK ini jugalah saya mengikuti kursus Bahasa Inggris selama satu bulan. Saat itu pula saya ingin serius belajar Bahasa Inggris dan mempunyai impian menjadi guru Bahasa Inggris namun impian itu kandas karena setelah lulus SMK, saya bekerja sebagai buruh pabrik di Kota Semarang.

Saya kira kalau cuma menjadi buruh pabrik maka pengetahuan saya mengenai Bahasa Inggris tidak akan berguna. Namun anggapan saya salah karena saat bekerja menjadi buruh pabrik mebel dan pabrik piano maka pengetahuan saya mengenai Bahasa Inggris ada banyak manfaatnya.

Lalu apa saja manfaat dari pengetahuan saya dalam Bahasa Inggris saat bekerja sebagai buruh pabrik? Pertama adalah saya bisa membaca standart kerja yang menggunakan Bahasa Inggris dan bisa melaksanakan perintah kerja dari leader sesuai standard kerja tersebut.

Kedua, saya bisa mengoperasikan mesin dengan benar karena petunjuk penggunaan mesin menggunakan Bahasa Inggris. Ketiga, saya bisa membedakan material yang berbahaya dan tidak berbahaya bagi kesehatan para pekerja karena semua label material menggunakan Bahasa Inggris.

Yang ke empat yaitu saya bisa mengetahui part-part piano dalam Bahasa Inggris seperti keyboard, pedal board, bottom board, speaker box, side board dan masih banyak lagi. Dan yang kelima adalah saya bisa berkomunikasi dengan para petinggi pabrik (Direktur dan Manager) dalam Bahasa Inggris dengan mengucapkan "Good Morning" sambil menundukkan kepala sebagai tanda hormat.

Ketika saya sudah tidak menjadi buruh pabrik lagi dan akhirnya sibuk mengurus ibu saya yang sering bolak-balik rumah sakit kemudian saya memutuskan untuk menjadi reseller produk kosmetik dan fashion. Ternyata Bahasa Inggris juga berperan dalam keseharian saya sebagai reseller produk tersebut. Kebanyakan produk yang saya jual menggunakan Bahasa Inggris dalam setiap kemasannya. Untunglah saya lumayan banyak tahu tentang Bahasa Inggris sehingga saya bisa menjelaskan produk yang saya jual kepada para calon pembeli.

Tak hanya itu saja, Bahasa Inggris juga bermanfaat dalam hal dunia blogging. Contohnya saat saya mengikuti grand opening gedung perkantoran baru di Kota Semarang dan bertemu langsung dengan ownernya dan kami langsung bertegur sapa dengan menggunakan Bahasa Inggris walaupun yang saya ucapkan hanya sebatas "Good Afternoon" saja.

Lalu apakah hanya saat saya masih sekolah saja saya harus belajar Bahasa Inggris? Tentu saja tidak, dimanapun dan kapanpun saya harus tetap belajar Bahasa Inggris baik secara lisan ataupun tulisan.

Belajar Bahasa Inggris bisa kapan saja dan dimana saja. Belajar Bahasa Inggris bisa mendukung dan membantu kita dalam mencapai impian dan cita-cita, mengajarkan kita hal-hal baru dalam hidup kita hingga kita bisa mendapatkan pengetahuan serta mengembangkan kemampuan dan keterampilan kita.
Kursus Bahasa Inggris
Pic from Canva.
Lalu bagaimana cara saya belajar Bahasa Inggris jika saya sudah tidak sekolah lagi? Saya punya 3 tips mudah belajar Bahasa Inggris yang saya sering saya lakukan yaitu,
Kursus Bahasa Inggris
Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
1. Mendengarkan Lagu Dalam Bahasa Inggris

Kebiasaan mendengarkan lagu dimulai saat saya masih kecil. Kebiasaan tersebut berlanjut hingga sampai saat ini. Biasanya saya suka dengan lagu yang menggunakan Bahasa Inggris jika lirik lagu dan musiknya saya suka. Selain melepas penat, mengusir stress dan membangkitkan semangat, dengan mendengarkan lagu Bahasa Inggris saya bisa belajar melafalkan kosakata dalam Bahasa Inggris. Dan sampai saat ini lagu The Day You Went Away dari M2M selalu menjadi lagu favorit saya dari dulu hingga kini.

2. Perbanyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Beruntunglah saya karena saya mempunyai hobi membaca. Dan jika saya ingin belajar Bahasa Inggris maka saya harus banyak membaca kalimat yang ber-Bahasa Inggris.

Karena saya aktif ngeblog dan sering blogwalking akhirnya saya menemukan blog yang bisa membuat saya bisa belajar Bahasa Inggris secara online dan gratis. Lalu apa nama blog tersebut? Blog tersebut adalah www.dailybloggerpro.com milik kak Agung Kharisma anggota dari Blogger Jakarta.

Saya merasa bahagia ketika saya menemukan tulisan di blog tersebut karena berisi tips yang menarik seputar belajar Bahasa Inggris seperti kosakata nama-nama benda di kamar tidur dalam Bahasa Inggris, kosakata nama-nama benda luar angkasa dalam Bahasa Inggris, kosakata kegiatan sehari-hari di rumah dalam Bahasa Inggris, cara menawarkan bantuan dalam Bahasa Inggris, kosakata nama-nama bagian tubuh kucing dalam Bahasa Inggris, kosakata nama-nama jurusan kuliah dalam Bahasa Inggris hingga daftar lengkap tips mahir menguasai debat Bahasa Inggris.
Agung Kharisma
Pic by Daily Blogger Pro. Edited by Farida Asadi.
3. Menyisihkan Uang Agar Bisa Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Walaupun sudah tidak bersekolah lagi bukan berarti saya harus berhenti belajar Bahasa Inggris. Saya menyisihkan sedikit uang yang saya dapatkan dari hasil penjualan menjadi reseller produk untuk saya gunakan dalam rangka mengikuti kursus Bahasa Inggris. Lalu apakah ada tempat kursus Bahasa Inggris untuk saya yang sudah tidak bersekolah lagi?

Kegundahan saya terjawab karena ternyata ada tempat kursus Bahasa Inggris yang bisa menerima saya yang sudah tidak bersekolah lagi. Lalu apa nama tempat kursus Bahasa Inggris tersebut? Tempat kursus Bahasa Inggris yang saya maksud adalah English School.
Kursus Bahasa Inggris
Pic by @englishschool2018. Edited by Farida Asadi.
English School adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang beralamat di Jalan H. Mencong Gg. H. Kana I No. 103 RT. 004/06 Paninggilan Ciledug, Tangerang. Di English School kita bisa belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking serta skill-skill pendukung lainnya.
Kursus Bahasa Inggris
Pic by @englishschool2018
Menurut saya ada 4 hal yang membuat English School ini berbeda dari yang lain yaitu,
Kursus Bahasa Inggris
Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
1. Program Kursus Bahasa Inggris untuk Semua Kalangan

Program kursus Bahasa Inggris di English School ini untuk semua kalangan dari anak TK-SMA hingga untuk umum seperti saya yang sudah tidak bersekolah lagi.

2. Waktu Belajar yang Sesuai

Belajar Bahasa Inggris di English School ini dimulai pukul 16.30 WIB - 21.00. WIB pada hari Senin & Rabu, Selasa & Kamis, dan Sabtu.

Kursus belajar Bahasa Inggris di English School yaitu bisa mengikuti 8 kali pertemuan per bulan. Untuk durasinya sesuai dengan kategorinya seperti untuk siswa TK-SD durasinya satu jam untuk setiap pertemuan, untuk siswa SMP-SMA dan untuk umum durasinya satu setengah jam untuk setiap pertemuan.

3. Biaya Kursus yang Murah dan Terjangkau

Biaya kursus Bahasa Inggris di English School tergolong murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Besarnya biaya kursus juga tergantung dari kategori para peserta kursus. Untuk siswa TK-SD dikenakan biaya Rp.150.000./bulan, untuk  SMP-SMA dikenakan biaya Rp.200.000./bulan, dan untuk umum dikenakan biaya Rp.250.000/bulan.

4. Dapat Promo Potongan Biaya Kursus dengan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

English School punya promo menarik yaitu peserta kursus bisa mendapatkan potongan biaya kursus sebesar Rp.50.000. dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan agar kita tetap bisa belajar Bahasa Inggris walaupun sudah tidak sekolah lagi. Dan jika kalian ingin belajar Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus kalian bisa datang langsung datang ke English School. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa menghubungi 082114686156 (WhatsApp). Jangan lupa juga untuk mengikuti @englishschool2018 di Instagram dan English School 2018  di Facebook.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Daily Blogger Pro X English School Blog Competition

0 komentar:

Posting Komentar

 

Farida Asadi Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting