Pengalaman Pertama Berkunjung ke Perpustakaan Kabupaten Kendal

Pic by Canva, Edited by Farida Asadi
Tiga tahun menjadi siswi salah satu SMK swasta di kabupaten Kendal tidak membuat saya mempunyai keinginan berkunjung ke perpustakaan Kendal. Padahal, letak perpustakaan kabupaten Kendal dekat dengan pusat kota Kendal dan lumayan dekat juga dengan sekolahan saya kala itu. Hingga pada akhirnya di pertengahan tahun 2018, akhirnya saya bisa berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal.

Perpustakaan Kabupaten Kendal terletak di jalan Pemuda No. 39A, Kersan, Kebondalem, Kendal dan berhadapan dengan Akper Muhammadiyah Kendal. Untuk bisa menuju ke Perpustakaan Kendal bisa dengan naik sepeda, naik motor, naik bus, naik mobil, ataupun jalan kaki untuk yang rumahnya terletak di pusat kabupaten Kendal.

Setelah masuk, saya disambut dengan mobil perpustakaan keliling yang kala itu belum berangkat berkeliling. Setelah itu, saya menuju ke lantai 2 dan disitulah saya menemukan beberapa novel bergenre romance yang ingin saya baca dan masuk dalam wishlist.
Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Kendal. Pic by Farida Asadi.
Setelah masuk ke lantai 2, saya disambut dengan pustakawan yang ramah dan langsung memberikan instruksi supaya saya meletakkan tas di loker yang sudah disediakan. Adapula anak magang yang kala itu sedang melaksanakan praktik kerja Industri. Setelah itu, saya jadi penasaran ingin menjadi anggota perpustakaan Kabupaten Kendal.

Lalu apa saja nih syarat menjadi  anggota perpustakaan Kabupaten Kendal? Syarat utama menjadi anggota perpustakaan Kabupaten Kendal adalah memiliki kartu identitas warga Kendal yang masih berlaku dengan menunjukkan kartu identitas yang asli dan fotokopi. Setelah itu wajib mengisi formulir pendaftaran dan yang terakhir dipotret untuk cetak foto kartu anggota perpustakaan Kabupaten Kendal. Oh, ya. Untuk pembuatan kartu anggota perpustakaan Kendal ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sayangnya, waktu itu saya tidak membawa foto kopi kartu identitas, jadi saya belum membuat kartu anggota perpustakaan Kabupaten Kendal. Mungkin lain waktu saya akan berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal lagi untuk membuat kartu anggota perpustakaan Kabupaten Kendal.

Perpustakaan Kabupaten Kendal juga memiliki visi dan misi. Apa sajakah itu? Visi dan misi dari perpustakaan Kabupaten Kendal yaitu :

Visi : Terwujudnya masyarakat gemar membaca dan sadar arsip

Misi :

1. Mendayagunakan aparatur pemerintahan yang handal dan pelayan

2. Meningkatkan minat baca dan belajar masyarakat

3. Meningkatkan pembinaan kearsipan di unit-unit kerja

4. Mendayagunakan arsip sebagai bahan pertanggungjawaban nasional

Waktu berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal yaitu hari Senin - Kamis pukul 07.30 - 15.00 WIB, hari Jum'at pukul 07.30 - 10.30 WIB, dan hari Sabtu pukul 08.30 - 13.30 WIB. Sangat disayangkan sekali karena perpustakaan Kabupaten Kendal tidak bisa dikunjungi pada hari Minggu. Andaikan hari Minggu perpustakaan Kabupaten Kendal dibuka, maka saya akan senang sekali dan langsung menuju ke perpustakaan Kabupaten Kendal untuk membaca buku.

Di lantai 2 inilah saya mulai menemukan buku-buku yang tertata rapi. Kalau saya lebih suka buku tentang resep makanan, cara membuat kerajinan, seputar make up dan seputar fashion. Dan tak ketinggalan pula banyak novel fiksi bergenre romance yang ada di perpustakaan Kabupaten Kendal.
Koleksi Buku di Perpustakaan Kabupaten Kendal. Pic by Farida Asadi.
Perpustakaan Kabupaten Kendal ini ramai dikunjungi oleh anak sekolah mulai dari TK-SMK. Dan yang asik adalah adanya Wifi gratis dan tersedia beberapa komputer yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang. Lalu apakah kalian tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal? Jika kalian suka membaca buku dan sedang berada di Kabupaten Kendal, maka kalian bisa berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal yang letaknya di pusat Kabupaten Kendal.

Komentar

  1. Dulu tempat favorit saya ya perpustakaan.
    Bakalan lupa waktu saya kalau sudah ke perpus.

    Apalagi perpus daerah gini ya, banyak banget buku-buku yang wajib di baca :)

    BalasHapus
  2. Dulu ini tempat favorit karna di kampung saya blm ada toko buku besar seperti Gr*m*dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang Day. Aku juga mulai suka nih ke perpustakaan daerah.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay