Cicik Sri Winarti, Crafter Muslimah dari Kota Kendal yang Penuh Inspirasi

Pic by Cicik Sri Winarti. Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Dari sejak masih duduk di bangku sekolah dasar hingga sampai saat ini, saya selalu suka dengan kesenian dan kerajinan. Bicara soal kerajinan tangan, saya jadi teringat dengan rekan saya yang bernama Cicik Sri Winarti yang merupakan crafter muslimah dari kota Kendal.

Pertama kali saya mengenal Mbak Cicik melalui grup Facebook Komunitas Blogger Kendal, lalu mulai saat itu saya tahu kalau ternyata di kota Kendal ada seorang muslimah yang penuh inspirasi seperti Mbak Cicik ini. Jumpa pertama kali dengan Mbak Cicik adalah saat mengikuti workshop daur ulang sampah rumah tangga bersama Alfamart di All Stay Hotel Semarang. Saat itu saya belum banyak mengobrol dengan mbak Cicik karena saya memang orangnya pendiam dan pemalu. Saat acara workshop daur ulang sampah rumah tangga itu jugalah saya melihat dompet dari kardus bekas karya Mbak Cicik terlihat rapi dan cantik. Alhamduliah, pada akhirnya saya diberi kesempatan untuk berjumpa dan mengobrol banyak hal dengan mbak Cicik saat mengikuti sosialisasi Kendal Smart City di Pendopo Kabupaten Kendal.

Setelah memutuskan resign dari kantornya, mbak Cicik lebih fokus menjadi ibu rumah tangga dan ternyata di sinilah awal mula passion mbak Cicik di bidang kerajinan tangan. Apa saja sih kerajinan tangan karya mbak Cicik? Ada banyak sekali kerajinan karya Mbak Cicik seperti bross, gantungan kunci, boneka flanel, bunga bantal dan masih banyak lagi.
Pic by Cicik Sri Winarti. Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Berulang kali mbak Cicik diundang oleh Dinas Kabupaten Kendal untuk mengikuti bazar dan produk UMKM Kendal di Pendopo Kabupaten Kendal. Dari situlah rejeki mulai mengalir untuk mbak Cicik. Mendapatkan banyak rejeki tidak membuat mbak Cicik merasa berbangga diri. Mbak Cicik pun membentuk komunitas Crafter Kendal terutama untuk para ibu-ibu agar lebih produktif dengan menghasilkan karya produk handmade.
Pic by Cicik Sri Winarti. Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Tidak hanya itu saja, mbak Cicik juga berbagi ilmu seputar crafting kepada orang-orang di sekitarnya. Seperti mengisi pelatihan membuat boneka jari tangan yang diadakan di TK Dahlia Sidorejo, Brangsong, Kendal. Mbak Cicik pernah pula mengisi mini workshop membuat bunga bantal di DNA Writing Club Jati Barat, Banyumanik, Semarang. Adapula mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro Semarang yang membutuhkan gantungan kunci dengan segera untuk bahan mengajar di salah satu SD (Sekolah Dasar) di Mororejo Kaliwungu. Dengan senang hati, mbak Cicik memberikan gantungan kunci tersebut kepada mahasiswa itu secara gratis. Ternyata mahasiswa tersebut mengingatkan anaknya mbak Cicik yang sekarang sedang melaksanakan KKN di Bandung.
Pic by Cicik Sri Winarti. Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Tidak hanya mempunyai passion di bidang membuat produk handmade. Mbak Cicik juga merupakan penulis buku. Tiga buku karya Mbak Cicik bisa dibeli di toko buku terdekat seperti toko buku Gramedia. Buku-buku karya Mbak Cicik adalah seputar resep masakan dan tutorial membuat kerajinan tangan dari kain flanel.
Inspirasi Flanel Cantik, Buku Karya Cicik Sri Winarti. Pic by Farida Asadi.
Mbak Cicik juga merupakan seorang ibu dan seorang istri yang melek teknologi. Buktinya, mbak Cicik memiliki akun Instagram yang memiliki lebih dari 1000 pengikut. Di akun Instagram mbak Cicik inilah kita bisa melihat karya-karya mbak Cicik dan keseharian mbak Cicik. Kalian bisa mengikuti Instagram @ciciksriwinarti di Instagram untuk bisa mendapatkan kabar terbaru dari mbak Cicik. Melalui akun Instagram jugalah karya mbak Cicik banyak dikenal orang dan sering mendapat pesanan (orderan) untuk dibuatkan kerajinan tangan dari kain flanel. Tak hanya itu saja, mbak Cicik juga seorang blogger di www.bundanafa.com dan kalian bisa membaca tulisan-tulisan mbak Cicik di blog tersebut.

Dari mbak Cicik, saya banyak belajar tentang wirausaha yang harus tetap eksis di zaman yang sudah serba modern ini. Seperti tidak sombong dan jangan terlalu berbangga diri atas pencapaian yang dicapai, menyebarkan ilmu yang bermanfaat yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan dan menggunakan sosial media sebagai wadah untuk mempromosikan apa yang menjadi karya kita atau usaha kita, dan tentunya menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan kita.

Sejak aktif di dunia ngeblog mulai bulan Januari 2018, saya sering kali ke Semarang atau ke Kendal untuk menghadiri workshop dan seminar yang tentunya bermanfaat untuk saya. Tapi, saya juga ingin menghadiri workshop dan seminar di kota-kota lainnya. Namun, sampai saat ini keinginan saya belum terwujud juga. Padahal, pada bulan September ini akan ada acara seru yang pastinya bermanfaat untuk saya dan tentu saja acaranya gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali tepatnya di kota Bekasi. Lalu apa sih acaranya? Acaranya adalah Bursa Muslim Bekasi. Lalu apa sih Bursa Muslim Bekasi itu?

Bursa Muslim Bekasi adalah acara tahunan yang digelar oleh KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia). Dulunya Bursa Muslim Bekasi dikenal dengan nama Bekasi Expo. Adapula acara lainnya yang tak kalah menarik yaitu acara bulanan seperti kajian atau rihlah sesama pengusaha mulai dari pemula hingga yang sudah sukses. KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia) juga mengadakan training ekspor impor yang dipandu oleh KPMI pusat Jakarta dan ustadz pembina serta kesempatan membangun relasi langsung ke KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia) pusat.
Pic from bekasiexpo.com
Lalu apa sih tujuan diselenggarakannya Bursa Muslim Bekasi? Tujuannya adalah menunjang semangat kewirausahaan yang sesuai dengan syariah, membentuk para pengusaha muslim yang berkualitas baik dari ekonomi maupun agama, peluang untuk mencari inspirasi, peluang untuk membuka usaha, dan refreshing sambil menikmati wisata kuliner.

Di tahun 2018 ini, tahun ketiga dimana Bursa Muslim Bekasi digelar. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengikuti Bursa Muslim Bekasi 2018 yaitu :

1. Usaha yang sobat rintis akan lebih dikenal masyarakat luas

2.Bursa Muslim Bekasi 2018 diikuti oleh berbagai pengusaha muslim dengan aneka produk yang terpercaya kehalalannya

3. Mendapat tambahan ilmu syar'i dan muamah maliyah

4. Bisa mengikuti seminar pendidikan dan parenting dengan para Ustadz dan praktisi serta pemateri nasional,

5. Bisa mengikuti lomba-lomba yang diikuti oleh sekolah hingga pesantren

6. Bazar buku-buku pendidikan, pakaian syar'i dan kuliner Nusantara.
Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Peserta tenant dari Bursa Muslim Bekasi 2018 yaitu kuliner halal, makanan dan minuman, toko kelontong, pakaian, herbal, rupa-rupa, LKS/BMT, koperasi, bank, dealer kendaraan, elektronik, toko online, keagenan, distributor, developer, bengkel, jasa-jasa/biro, dan konsultan.

Acara Bursa Muslim Bekasi 2018 ini bisa dihadiri oleh masyarakat umum dan tidak dipungut biaya sama sekali (gratis). Acara ini bisa diikuti oleh para pengusaha muslim, perorangan, organisasi hingga badan usaha. Lalu kapan nih acara Bursa Muslim Bekasi 2018 ini akan digelar? Bursa Muslim Bekasi 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 8 September 2018 – 11 September 2018. Bursa Muslim Bekasi akan dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasi Bursa Muslim Bekasi 2018 ini yaitu Gedung Serbaguna Wibawa Mukti Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga
Kompleks StaOlah Raga Wibawa Mukti Jalan Science Boulevard, Sertajaya, Cikarang Timur, Bekasi Jawa Barat.

Ada beberapa agenda menarik pada 8 September 2018 dan 9 September 2018. Untuk tanggal 8 September 2018 dari pukul 08.00 - 14.00 WIB akan digelar babak penyisihan lomba Tahfidzul Qur'an, pembukaan Bursa Muslim Bekasi 2018 oleh ketua umum KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia), sambutan-sambutan, kajian, presentasi bisnis para tenant, hingga acara cara mudah buka toko online di marketplace. Sedangkan tanggal 9 September 2018 dari pukul 08.00 - 14.00 WIB akan digelar babak penyisihan lomba Adzan, kajian, dan presentasi bisnis para tenant.
Pic from bekasiexpo.com
Semoga saja saya dilimpahi banyak rejeki dan diberi nikmat berupa kesehatan sehingga bisa hadir dalam Bursa Muslim Bekasi 2018. Bagaimana dengan kalian sobat? Apakah sobat tertarik untuk datang ke Bursa Muslim Bekasi 2018?

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Bursa Muslim ke-3 Bekasi Islamic Expo 2018

Referensi Gambar & Tulisan :

www.instagram.com/ciciksriwinarti [diakses pada tanggal 4 September 2018]

www.keponih.com [diakses pada tanggal 4 September 2018]

www.bekasiexpo.com [diakses pada tanggal 4 September 2018]

Komentar

  1. Kagum banget deh sama wanita- wanita penuh talenta seperti mba Cicik.
    Kreativitasnya bikin hidup terus berwarna ya :)

    BalasHapus
  2. Sosok yang sangat menginspirasi. Semoga ada wanita seperti Mba Cicik di setiap sudut kota..

    BalasHapus
  3. ee... tampilan baru nih blognya. moga sukses selalu buat mbak cicik :)

    BalasHapus
  4. Aku langsung kepon instagramnya cicik nih. Banyak kerajinan dari flanelnya ya, kreatif banget. Aku tinggal di Bekasi, malah gak tau ada bursa muslim bekasi, makasih infonya ya mbak

    BalasHapus
  5. Kreasi dari flanel juga sekarang makin bagus-bagus aja. Udah gak sekadar dibikin buat gantungan kunci

    BalasHapus
  6. Saya tuh selalu kagum dengan para crafter, kok bisa ya tangannya bikin prakarya serapi dan secantik itu, dan terus terang saya selalu kurang rapi kalau bikin prakarya

    BalasHapus
  7. Aku seneng dan suka dengan craft craft kreatif yang dibikin orang-orang. Pasti mesti telaten dan sabar bikinnya ya, Mba. Kalo aku keknya kurang sabar kalo disuruh bikin craft, hehe

    BalasHapus
  8. Yah, September udh lewat yaa, telat nih aku dpt info acara sebagus ituuu. Th depan ada lg gk yaa

    BalasHapus
  9. Selalu saluut sm org2 yg telaten dan kreatif, mengubah barang bekas jd kerajinan tangan yg punya nilai lebih

    BalasHapus
  10. Bekasi sepertinya terus berbenah ya, menjadi daerah yang patut ditiru. Setelah kemarin baca soal fasilitas cluster, sekarang ada expo expo juga. Sukses selalu

    BalasHapus
  11. Aku pernah buka2 bukunya itu, wiih kreasinya lucu2 banget, sayang belum punya waktu buat nyoba2 niru dari bukunya :(

    BalasHapus
  12. Melipir ke instagramnya, lucu2 ya karyanya

    BalasHapus
  13. Angkat jempol tinggi2 utk mereka para pemilik jari-jari kreatif. Terlebih krn aku sendiri 0 besar jika bicara ttg ketrampilan tangan. Salam kenal dan semoga sukses selalu untuk mba Cicik ya..

    BalasHapus
  14. Handmade nya lucu-lucu ya aku suka yang boneka wisuda itu kayaknya cocok ya gift buat yang baru lulus hehe.

    BalasHapus
  15. Mbak, semoga sukses ya. terus berkreasi tanpa batas. aku sangat dukung, apalagi dari Kendal. ada mantanku di sana, #ehh

    BalasHapus
  16. Mbak Cicik ini kreatif banget ya ternyata. Aku kok jadi inget juga sama Mbak Anita Makarame ya, jangan-jangan beliau-beliau ini satu perjuangan satu crafter :D

    BalasHapus
  17. Bravoooo mba Cicik...semoga makin berkembang usahanya yang penuuh dengan kreatifitas. Aku suka deh liat aneka kreasi flannelnya!

    BalasHapus
  18. Ngeliat ini pengen jadi crafter juga, ah mau belajar dhe mba biar bisa seperti mbanya, kreatif banget 😍

    BalasHapus
  19. Wah jadi bisa lebih kenal Mbak Cicik. Makasih ya Ida sudah menuliskannya

    BalasHapus
  20. salut dengan orang-orang seperti mbak Cicik yang tidak hanya memikirkan kesuksesan dirinya, namun juga orang lain...

    BalasHapus
  21. kita butuh lebih banyak orang seperti mba cicik ini ya mba, yang mau berbagi kreatifitas menjadi keahlian hihihi...

    BalasHapus
  22. Selalu kagum sama orang2 yang bikin kerajinan apapun. Aku pernah tuh coba bikin tas tangan. Duh, kurang sabar dan lelh sendiri. Mungkin karena kurang menikmati karena itu main2 doang

    BalasHapus
  23. Eventnya seru kayaknya, apalagi buat nyari ide kreatif

    BalasHapus
  24. Salam kenal buat Mbak Cicik. Wanita multi talenta yang selalu produktif dan menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  25. Aku pernah pesen boneka jari sama mba Cicik. Eh boneka jari atau penyekat boneka ya, lupa. Udah abis dibagikan dulu

    BalasHapus
  26. Kalo punya teman yang kreatif dan inovatif senang ya mba, jadi tertular ilmunya

    BalasHapus
  27. MasyaAllah.. Produktif banget ya mba cicik. Aku langsung pengen kepoin sosmednya

    BalasHapus
  28. Pernah diajarin teman bikin sesuatu dari flanel. Tapi sudah lupa. Kalau ga diulang prakteknya jadinya gini deh.

    BalasHapus
  29. waaah hebat! buat inspirasi crafting aku kepoin deh blognya mbak cicik.

    BalasHapus
  30. Sellau salut sama ibu2 yang dulu working mom, lalu milih resign trus buka usaha sendiri. Ketemu sosok2 kyk gini tuh jd terinspirasi ya mbak. Moga2 suksesnya nular :D

    BalasHapus
  31. Yeeeeee tante aku nih, yang diulas. Beliau emang tante yang keren, sosok yang sangat hebat menjalankan semua perannya. Apalagi hobinya ngecraf yang ngasilin duit ini. Lope tante Cicik.

    BalasHapus
  32. Salut sama Mbak Cicik, kreatif banget ya...
    Asyiknya bisa berbagi keahlian dengan sesama perempuan.

    BalasHapus
  33. Waaaaaaah, acaranya bagus banget ini.... Ada lagi kapan ya Mbak, biar bisa aku infokan ke teman yang di Bekasi dan punya usaha juga.

    BalasHapus
  34. keren yaaa mba cicik, menginspirasi banget! aku pengen banget ngecraft, seru dan butuh kesabaran banget lhooo itu

    BalasHapus
  35. Aku salut dengan orang-orang seperti mbak Cicik karena berhenti bekerja bukan berarti nggak bisa menghasilkan uang dari kreativitas

    BalasHapus
  36. Tangan kalau sudah nyeni itu, mashaAllah~
    Apapun yang dibikin, bisa jadi karya yang indah.
    Dan tentu hobi yang bisa menghasilkan...

    Senangnya~

    BalasHapus
  37. Aku selalu kaguuum deh sama crafter. Soalnya aku orangnya nggak telaten. Kalau ngerjain craft gitu kan mesti kusyuk dan dalam waktu yang nggak sebentar. Nah, aku seringnya bosen padahal belum selesai, huhuu.

    BalasHapus
  38. Mbak Cicik kereenn yaahh. Walau udah sukses gitu tetap mau berbagi ilmu dan tidak sombong. Moga sukses terus Mbak dengan usahanya. Mbak Farida juga sukses yaah. :)

    BalasHapus
  39. Aku pernah dibuatin boneka mini me oleh Mba Cicik. Baguuuuss... jadi kangen nih sama Mba Cicik, sudah lama juga ya enggak ngobrol online dengan beliau.

    BalasHapus
  40. aku selalu kagum sama crafter2 di indonesia, mereka bisa tekun dan teliti banet ya. semoga sukses selalu kalian mbak

    BalasHapus
  41. Wah keren hasil craftnya. Semoga konsisten deh

    BalasHapus
  42. Berteman dengan orang kreatif, bakal ketularan kreativitasnya nih. Pengen juga deh belajar crafting.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

5 Hal Unik dari Kadeso Desa Wisata Lerep

[Beauty Review] : Fanbo Acne Solution