Rabu, September 19, 2018

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Pic by Nyi Penengah Dewanti. Design by Canva. Edited by Farida Asadi.
Semenjak mulai aktif ngeblog di tahun 2017 saya makin tambah ilmu tentang dunia perbloggingan.

Tak hanya itu saja, saya pun mulai mengenal orang-orang baru yang juga aktif di dunia blogging. Di kota kelahiran saya ini yaitu kota Kendal ternyata ada seorang blogger perempuan yang menginspirasi saya untuk menjadi blogger yang tetap terus semangat menulis.

Lalu siapakah blogger perempuan yang saya maksud? Yap, dia adalah Mbak Nyi Penengah Dewanti.



Pertama kali saya mengenal Mbak Nyi Penengah Dewanti adalah melalui Twitter pada akhir tahun 2017. Alhamdulilah, pada bulan Maret 2018 akhirnya saya bisa berjumpa dengan Mbak Nyi Penengah Dewanti. Saya juga merupakan salah satu pembaca setia blog www.nyipenengah.com milik Mbak Nyi Penengah Dewanti. Kenapa saya suka membaca tulisan blog milik mbak Nyi? Alasannya adalah Mbak Nyi sering menulis seputar kuliner dan wisata Kendal. Tulisan Mbak Nyi di blog juga tidak terlalu panjang sehingga saya tidak merasa bosan.

Waktu itu saya sering melewati Jalan Kalibendo Kaliwungu. Saya melihat ada spanduk di depan minimarket yang bertuliskan pelatihan seputar berjualan online yang diadakan oleh Komunitas Bukalapak Kendal dan untuk mengikuti pelatihan tersebut bisa menghubungi Mbak Nyi Penengah Dewanti. Sebenarnya saya ingin ikut tapi ternyata waktu dan kesempatan belum membolehkan saya untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Pernah juga saya sudah mendaftar pelatihan berjualan online bersama Komunitas Bukalapak Kendal dan Mbak Nyi Penengah Dewanti yang diadakan di Kantor Pos Kendal. Ternyata saya pun tidak bisa hadir di acara pelatihan tersebut karena ada acara lain yang lebih penting.

Komunitas Bukalapak Kendal dan Mbak Nyi Penengah Dewanti pernah juga mengadakan pelatihan tentang berjualan online di salah satu kedai makan di kawasan Stadion Baru Kendal pada sore hari. Lagi-lagi saya tidak bisa hadir karena kalau sore hari saya sudah terjadwal untuk memasak di rumah.
Mbak Nyi Penengah Dewanti dan Komunitas Bukalapak Sering Mengadakan Pelatihan Berjualan Secara Online. Pic from Instagram @nyipenengah
Lalu apa sih alasan saya ingin mengikuti pelatihan berjualan online bersama Komunitas Bukalapak Kendal dan Mbak Nyi Penengah Dewanti? Tentu saja saya ingin bisa berjualan online di zaman yang sudah modern ini karena berjualan online lebih efektif dan efisien serta tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Karena sampai saat ini saya belum bisa mengikuti pelatihan berjualan online bersama Komunitas Bukalapak Kendal dan Mbak Nyi Penengah Dewanti. Maka lebih baik saya #BukaInspirasi bersama Mbak Nyi Penengah Dewanti. Dan inilah lima daftar #BukaInspirasi bersama Mbak Nyi Penengah Dewanti,
Design by Canva. Edited by Farida Asadi
1. Tetap Menulis Kata-Kata di Sela Kerja

"MENULIS KATA-KATA DI SELA KERJA". Kalimat itulah yang selalu saya ingat saat saya pertama kali berkunjung ke blog nyipenengah.com, dan ternyata memang benar kalau Mbak Nyi menulis kata-kata untuk diposting di blog ataupun menulis novel yang diterbitkan beberapa penerbit di sela-sela waktunya saat bekerja.

Dulunya Mbak Nyi adalah pekerja kantoran alias anak kantoran yang bekerja di bagian content writer di salah satu perusahaan digital marketing. Saat sedang bekerja, Mbak Nyi harus menulis 10 artikel per hari di perusahaan digital marketing tersebut. Saya kagum dengan Mbak Nyi, walaupun kerja tapi masih bisa tetap menyalurkan hobi menulisnya. Jadi, setelah membaca tulisan Mbak Nyi di blog, saya selalu termotivasi untuk rajin menulis di blog dengan konten yang menarik dan diminati para pembaca.

Setelah menikah, Mbak Nyi memilih resign dari kantor perusahaan digital marketing tersebut. Kemudian Mbak Nyi lebih memilih bekerja dari rumah dengan aktif ngeblog sehingga beberapa kali Mbak Nyi mendapat job review dari menulis di blog. Tak hanya itu saja, Mbak Nyi juga sering kali mendapatkan job ngeblog hadir dalam event ternama di beberapa kota seperti  event di Pekalongan, Batang, Pemalang, Salatiga, Kendal, Semarang, Magelang hingga Jember.
Novel Sesederhana Itu Cinta. Novel Terbaru Mbak Nyi Penengah Dewanti. Pic from Instagram @nyipenengah
2. Traveling Sambil Mencari Inspirasi

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Jalan-jalan atau traveling itu memang menyenangkan. Apalagi kalau bisa traveling bersama pasangan halal tercinta seperti Mbak Nyi dan suaminya yang beberapa waktu yang lalu traveling ke Pantai Papuma di Jawa Timur. Saat traveling inilah Mbak Nyi mendapatkan inspirasi untuk menulis sehingga bisa menjadi bahan tulisan untuk diposting di blog.
Saat Mbak Nyi Penengah Dewanti dan Suaminya Traveling ke Pantai Papuma Jawa Timur. Pic from Instagram @nyipenengah
3. Menggunakan Media Sosial untuk Berjualan Online

Zaman sekarang ini, siapa sih yang tidak mempunyai sosial media? Saat ini media sosial bukan hanya sebagai ajang untuk update status saat galau. Contohnya Mbak Nyi Penengah Dewanti ini. Mbak Nyi menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk yang Mbak Nyi jual seperti produk handmade UMKM berupa kantong handphone, kantong laptop dan kantong buku.

Mengapa menggunakan sosial media untuk berjualan online? Karena menggunakan sosial media untuk berjualan produk secara online lebih efektif dan efisien plus tidak ribet sama sekali karena saya juga pernah mencoba berjualan produk secara online melalui sosial media.
Kantong Handphone. Pic from Instagram @nyipedesouvenir
Kantong Laptop. Pic from Instagram @nyipedesouvenir
4. Menggunakan  Aplikasi Bukalapak untuk Berjualan Online

Tak hanya melalui sosial media saja, Mbak Nyi juga menggunakan aplikasi Bukalapak untuk berjualan online. Mbak Nyi juga membagikan link produk yang dijual di Bukalapak melalui sosial media agar diketahui orang banyak dan bisa menarik minat pembeli.

Produk yang dijual secara online adalah produk handmade UMKM berupa kantong buku, kantong laptop dan kantong handphone. Hal itu membuat saya makin kagum dengan Mbak Nyi karena lebih memilih produk handmade UMKM.

Tak hanya bisa berjualan online saja melalui Bukalapak. Melalui Bukalapak, Mbak Nyi juga bisa mempunyai banyak teman baru dari berbagai kota di Indonesia karena Bukalapak memiliki komunitas di setiap kotanya seperti Komunitas Bukalapak Kendal yang ada di Kota Kendal.
Lapak Mbak Nyi Penengah Dewanti di Aplikasi Bukalapak. Pic from Bukalapak
Halal Bi Halal Komunitas Bukalapak Jateng dan DIY. Pic from Instagram @nyipenengah
5. Jangan Lupa untuk Berbagi Kepada Sesama dan Bersedekah

Saat akan menghadiri event blogger di All Stay Hotel Semarang. Saya, Mbak Nyi, dan Mbak Cicik memilih naik Grab Car. Saat itu biaya naik Grab Car sebesar Rp.45.000. Kami bertiga iuran Rp.15.000. per orang. Namun saat akan membayar biaya Grab Car Mbak Nyi memakai uang Rp.50.000. dan tidak meminta uang kembalian kepada si Bapak Sopir. Mbak Nyi dengan ikhlas memberikan uang sisa pembayaran Grab Car tadi kepada Bapak Sopir. Karena Mbak Nyi selalu lebih suka memberi daripada menerima. Lebih baik tangan di atas daripada tangan di bawah.

Tak hanya itu saja, pada bulan Ramadhan 1439 kemarin Mbak Nyi dan Komunitas Bukalapak Pantura membantu korban bencana alam banjir rob di Kota Pekalongan tepatnya di Kelurahan Salam Manis. Mbak Nyi dan Komunitas Bukalapak Pantura membagikan 200 paket nasi bungkus kepada para korban banjir rob tersebut.

Itulah inspirasi yang saya dapatkan dari Mbak Nyi Penengah Dewanti. Mulai dari terus mempunyai semangat menulis, traveling ke tempat baru untuk mendapatkan inspirasi, menggunakan kecanggihan teknologi untuk berjualan online melalui sosial media dan aplikasi Bukalapak, dan tetap menyisihkan sedikit rejeki yang di dapat dari berjualan online untuk bersedekah dan menolong sesama yang membutuhkan.

Setelah mendapatkan inspirasi dari Mbak Nyi Penengah Dewanti. Langkah awal yang saya lakukan adalah saya ingin menjual produk handmade berupa bross dari kain flanel dan kain perca karya saya sendiri melalui aplikasi Bukalapak. Bagaimana dengan kalian sobat? Semoga sobat juga tertarik berjualan online terutama produk UMKM melalui aplikasi Bukalapak.
Lapak Saya di Aplikasi Bukalapak. Pic from Bukalapak
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog #BukaInspirasi Bukalapak

30 komentar:

  1. semangat terus Mbak Farida, jualan online itu asik karena bisa disambi dengan jalan-jalan heheheh ...

    BalasHapus
  2. Waahh kereenn, salah satu positifnya dunia blogging, kita jadi punya banyak sosok inspiratif ya..

    Semoga sukses jualannya yaaa :)

    BalasHapus
  3. Saya dulu pernah ketemu pas di Pekalongan, saya juga pernah di mintai tolong buat ngefotoin pas lagi di air terjun

    BalasHapus
  4. Nah iya komunitasnya bagus kan, bisa jadi makin berkembang. Semoga tercapai ya harapan-harapannya, Ida

    BalasHapus
  5. Mbak Nyi emang keren deh. Top markotop. Semoga kamu juga bisa mengikuti jejak mba Nyi ya Farida. Semangat ngeblognya ya.. :)

    BalasHapus
  6. Wah mba Nyi keren banget ya :) aku juga suka bikin kata-kata disela kerja mba biar ga bosan :p

    BalasHapus
  7. Aku tau Mbak Nyi zaman dia nulis2 antologi. Sekarang udah jadi pengusaha dan wira wiri. Mantep banget deh!

    BalasHapus
  8. Idolaquuue..
    Nyi.

    Aku kagum sama Nyi dari sejak belom menikah. Kalo belum menikah, produktif siih yaa...wajar.

    Lha ini sudah menikah, makin produktif.
    Huwaaww~
    Kece pissaan adikku iniih...

    ((adikk??))
    Wkkwkkw...laaff Nyi...
    Uhibbuki fillah.

    BalasHapus
  9. Waw, inspiratif sekali ya mba Nyi ini hihihi...
    Hebat ih bisaan nulis 10 artikel perhari, aku 1 artikel aja berhari-hari kadangan. Disambi ngurus bocil huhuhu

    BalasHapus
  10. Mba Nyi inspiratif sekali ya, saya juga sudah lama ingin sekali jualan produk sendiri tapi masi maju mundur hehe

    BalasHapus
  11. Selain aktif ngeblog, mba Nyi nih memang oke banget dan menginspirasi dengan kjarya karya yang dijual di Bukalapak. Keren nih :)

    BalasHapus
  12. Aku sempet ketemu mba nyi di blogger gathering buka lapak minggu lalu. Rasa ingin tahunya banyak.

    BalasHapus
  13. Keren bangeeet memang Nyi Pede ini. Buku2nya buanyaak dan aktif di banyak kegiatan. Betul2 menginspirasi ya..

    BalasHapus
  14. Wah, Nyi benar-benar sosok inspiratif ya, mba.
    Pasti betah berada di dekat beliau ya.

    BalasHapus
  15. Bener-bener sosok yang menginspirasi ya. Suka kagum sama temen2 yang kerja atau pernah kerja sebagai content writers. Aku sering dengar namanya, tapi belum pernah berjumpa. Semoga bisa kopdar!

    BalasHapus
  16. Oalaahhh sering bw di blog akun mba Nyi, baru tau banyak tentang beliau ini, ternyata penulis dan kreatif hand made yah, waaa boleh cek2 hasil karya mba Nyi, so inspiring banget

    BalasHapus
  17. Serunyaaaa! Keren Nyi, banyak banget bisanya. Dari nge-blog, nulis buku, bikin2 macem2, ya Allah aku iriiii. Aku nggak bisa apa2 selain nge-blog :D

    BalasHapus
  18. Aku kenal Mba eh Nyi aja ya manggilnya, kalo gak salah via medsos juga deh, saling follow followan. Sekarang sering mampir blognya juga karena satu grup bw hehe

    BalasHapus
  19. Saya tahu tentang Nyi ini sejak tahun 2013 an ketika masih aktif di dunia menulis. Eh di dunia blogging juga ketemu akhirnya. Nyi ini penulis Produktif dan aktif sampe sekarang. Keren, deh ��

    BalasHapus
  20. aku juga jadi ngefans sama mb nyi.. totalitas banget ya saat jadi content creator tapi masih bisa nulis, wow. aku juga salut sama semangat jualan online nya. udah lama pengen buka lapak online juga, tapi belum yakin mau jualan apa, huhu

    BalasHapus
  21. Bukalapak sering mengadakan sharing season sama blogger sih ya aku pernah ikut juga, acaranya seru dan bermanfaat tentunya.

    BalasHapus
  22. Aku baru tau kalau Nyi juga jualan hasil kreasinya keren banget. udah pernah sih ketemu Nyi sekali tapi gak tau Nyi-nya kenal aku atau ga :-D

    BalasHapus
  23. Aku selama ini pembeli setia di Bukalapak, pengin jualan juga nih di Bukalapak kebetulan ada beberapa barang baru di rumah yang mau dijual.

    BalasHapus
  24. Nyi emang kreatif dan produktif yaaa :D
    Owalah ternyata sebelumnya Nyi ini pernah kerja kantoran dan baru resign setelah nikah to, baru tau :D

    BalasHapus
  25. Nyi emang keren yaa, produktif banget. Nulis lancar, jualan teruus. Semangatnya perlu banget ditiru :)

    BalasHapus
  26. Nyi ini memang luar biasa. Aktif dan selalu positif thinking. Aktif di komunitas Bukalapak, bikin aku pengin gabung juga nih. Punya niat untuk jualan online juga selepas resign.

    BalasHapus
  27. Eh aku baru ngeh kalo di Ig nyi, ada kantong notebook. Ini yg aku cari selama ini. Alhamdulillah baru tau. Ke sana deh aku

    BalasHapus
  28. Iya Nyi ini aktif banget nulis dan tetap positif thinking meski apapun masalah menghadangnya

    BalasHapus
  29. Mba Nyi Penengah kmren ke Jakarta pas ada event Bukalapak, sayang aku gk bisa nemuin. Hiks

    BalasHapus
  30. Hebat ya, Mbak Nyi Penengah, karena multitalenta. Nulis bisa, bisnis pun bisa. Salut...

    BalasHapus

Popular Post