Sosialisasi Aplikasi Mobile dan Media Sosial untuk Mendukung Kendal Smart City

Foto Bersama Dinas Kominfo Kota Kendal, Komunitas Blogger Kendal, dan Komunitas Instagram Kendal. Pic from Nyi Penengah Dewanti.
Smart City mungkin suatu hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Smart City juga pernah menjadi tema dalam lomba blog beberapa waktu yang lalu. Lalu apa sih itu Smart City? Menurut bahasa, Smart City diartikan kota cerdas atau kota pintar. Dan saya merasa bahagia karena kota Kendal masuk dalam 100 kota Smart City se - Indonesia di Tahun 2018 ini.

Eits, apakah sobat sudah tahu dimana letak Kota Kendal? Kota Kendal letaknya berbatasan dengan Kota Semarang dan Kota Batang. Walaupun dekat dengan Kota Semarang tidak serta merta membuat Kota Kendal dikenal oleh semua orang. Nyatanya, banyak teman saya dari luar kota yang belum tahu sama sekali tentang Kota Kendal. Apalagi saat saya akan belanja online dan online shop tersebut tidak mengetahui dimana letak Kota Kendal. Di situlah kadang saya merasa sedih.

Padahal kota Kendal memiliki wilayah yang luas yaitu 1.002, 23 km2 atau 100.223 hektar. Topografi Kota Kendal dibagi menjadi 3 bagian yaitu daerah pegunungan atau yang paling selatan dengan ketinggian 2.579 mdpl, daerah perbukitan sebelah tengah dan daerah dataran rendah di sebelah utara dengan ketinggian 10 mdpl. Dengan luas wilayah dan topografi tersebut maka banyak wisata alam yang ada di kota Kendal namun sayangnya belum diketahui orang banyak.

Wisata alam yang ada di Kendal sangat beragam seperti Goa Kiskendo di Singorojo, Curug Lawe Secepit di Limbangan, Kebun Teh Medini di Limbangan, Curug Sewu di Sukorejo, Pantai Cahaya di Weleri, Wisata Air Rowo Bladon di Brangsong, Pantai Ngebum di Kaliwungu dan masih banyak lagi. Tapi sangat disayangkan apabila pesona wisata alam tersebut tidak diketahui oleh banyak orang. Beruntungnya di masa modern ini ada sosial media. Sehingga para anak muda di Kota Kendal memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan wisata alam Kendal yang belum diketahui orang banyak.

Kabar gembira datang saat Dinas Komunikasi dan Informatika mengundang Komunitas Blogger Kendal dan Komunitas Instagram Kendal untuk mengikuti acara Sosialisasi Aplikasi Mobile dan Media Sosial untuk Mendukung Kendal Smart City di kompleks area perkantoran Pendopo Kabupaten Kendal, pada hari Senin, tanggal 30 Juli 2018. Kabar baik yang lainnya adalah Kota Kendal sudah memiliki aplikasi mobile Kendal Smart City yang bisa didownload di Google Play atau Apps Store.
Aplikasi Kendal Smart City Bisa Didownload di Google Play atau Apps Store. Pic from Play Store.
Bapak Drs. Muryono, SH, M,Pd selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kendal menyampaikan seputar Kendal Smart City saat acara sosialisasi tersebut. Adapula Bapak Ardian Yuniarko yang menyampaikan seputar sinergitas netizen dan pemkab terhadap informasi publik.
MC dan Narasumber. Pic by Farida Asadi.
Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan ini bertujuan untuk membimbing kota dalam menyusun masterplan smart city agar bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam  meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. Dan kota Kendal termasuk di dalam 100 kota smart city dari 514 kota di Indonesia.

Lalu apa nih latar belakang Kendal menuju Smart City? Latar belakang Kendal menuju Smart City yaitu tuntutan untuk mewujudkan kota dengan lingkungan tempat tinggal yang layak dan inovatif. Serta tantangan kemiskinan, kesenjangan sosial, polusi udara hingga berkurangnya sumber daya alam. Maka strategi Kendal menuju Smart City yaitu pembangunan berbasis Smart City di Kota Kendal seperti mengedepankan efisiensi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta membangun masyarakat dengan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung.

Salah satu upaya Kendal menuju Smart City yaitu pemerintah Kota Kendal yang responsif dan transparan terhadap pelayanan dan pengaduan masyarakat dengan berbagai kanal seperti,

a. Facebook lapor Kendal

b. Twitter @lapor_kendal

c. Website www.lapor.go.id

d. Surat ke PO BOX lapor Kendal

e. Suara warga di website www.kendalkab.go.id

f. Datang langsung ke media center Dinas Kominfo Kota Kendal

Dinas Kominfo Kota Kendal mengajak Komunitas Blogger Kendal dan Komunitas Instagram Kendal untuk menjadi mitra pemerintah daerah seperti memberi saran dan usulan, publikasi informasi seputar kota Kendal, branding kota Kendal hingga menangkal berita hoax. Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan saat mengikuti Sosialisasi Aplikasi Mobile dan Media Sosial untuk Mendukung Kendal Smart City.

Komentar

  1. wah keren ya kendal punya aplikasi smart city.

    BalasHapus
  2. Waw keren sekali ternyata Kendal juga sudah menjadi smart city. Makin banyak aja ya smart city di Indonesia :)

    ngomong2 aku kagum mba Farida kayaknya aktif di sejumlah komunitas blog ya? :)

    Fajarwalker.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya mas. Aku nggak begitu aktif kok di beberapa komunitas blog.

      Hapus
  3. Kereeenn, suka banget liat banyak kota-kota yang berkembang sesuai zaman :)

    Btw Kendal itu sodaraan ama Kendal Jenner gak? hahaha
    Saya pernah lewat Kendal, tapi lewat aja sih, belum pernah mampir sih.

    Ternyata kota ini makin maju aja yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendal itu masuk dalam provinsi Jawa Tengah.Tidak ada hubunganya dengan Kendal Jenner.

      Hapus
  4. Hore Kendal. Semoga semakin maju dan sukses rakyatnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay