Rabu, Agustus 01, 2018

[Book Review] : Antologi Rasa - Ika Natassa

Edit Posted by with 4 comments
Pic by Farida Asadi
♡Sinopsis♡

K e a r a

Were both just people who worry about the breaths we take, not how we breathe.
How can we be so different and feel so much alike, Rul?
Dan malam ini, tiga tahun setelah malam yang membuatku jatuh cinta, my dear, dan aku di sini terbaring menatap bintang-bintang di langit pekat Singapura ini, aku masih cinta, Rul. Dan kamu mungkin tidak akan pernah tahu.
Three years of my wasted life loving you.

R u l y

Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah bahwa sampai sekarang gue merasa mungkin satu-satunya momen yang bisa mengalahkan senangnya dan leganya gue subuh itu adalah kalau suatu hari nanti gue masuk ke ruangan rumah sakit seperti ini dan Denise sedang menggendong bayi kami yang baru dia lahirkan. Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah rasa hangat yang terasa di dada gue waktu suster membangunkan gue subuh itu dan berkata, "Pak, istrinya sudah sadar," dan bahwa gue bahkan tidak sedikit pun berniat mengoreksi pernyataan itu. Mimpi aja terus, Rul.

H a r r i s

Senang definisi gue: elo tertawa lepas. Senang definisi elo? Mungkin gue nggak akan pernah tahu. Karena setiap gue mencoba melakukan hal-hal manis yang gue lakukan dengan perempuan-perempuan lain yang sepanjang sejarah tidak pernah gagal membuat mereka klepek-klepek, ucapan yang harus gue dengar hanya, "Harris darling, udah deh, nggak usah sok manis. Go back being the chauvinistic jerk that I love."
Thats probably as close as I can get to hearing that she loves me.

Tiga sahabat. Satu pertanyaan. What if in the person that you love, you find a best friend instead of a lover?

♡Review Buku♡

Keara Tedjasukmana adalah tipe wanita unik yang berprofesi sebagai banker di BorderBank. Keara adalah lulusan NYU (New York University). Saat masih kuliah, Keara harus kehilangan ayahnya karena ayahnya meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat. Walaupun dilanda kesedihan karena harus kehilangan ayahnya untuk selamanya, tapi Keara tetap tegar dan ceria dan menjalani hidup. Keara ini termasuk dalam golongan mbak-mbak sosialita yang punya sisi berbeda. Mulai dari baca buku, baca dongeng dan cerdas dalam dunia kerja. Kalau biasanya mbak-mbak sosialita itu hobi berbelanja barang branded dan mewah maka si Keara ini unik. Selain hobi berbelanja barang mewah dan branded, Keara ini juga tipe perempuan yang suka menolong saat orang lain membutuhkan bantuan. Saat di Bali, Keara pernah berbincang dengan nenek tua dan memborong semua keripik yang dijual oleh nenek tua tersebut karena Keara merasa simpati kepada nenek tersebut.

Di tempat kerja, Keara memiliki 3 orang teman yang lumayan dekat bahkan menjadi sahabat dekat yaitu Ruly, Harris, dan Denise. Persahabatan mereka berempat (Keara-Ruly-Harris-Denise) sudah terjalin selama empat tahun lebih. Namun mereka berempat tidak terjebak dalam kisah cinta yang rumit melainkan kisah cinta dalam diam yang tidak pernah terungkapkan yang akhirnya malah menjadi rumit.

Keara itu suka dengan Ruly karena Ruly itu cowok baik-baik yang tidak pernah lupa akan kewajibannya untuk menjalankan shalat lima waktu. Ruly juga mempunyai hobi bermain sepakbola dan jogging. Lalu apa sih alasan Ruly mempunyai hobi sepakbola?=>" Elo tahu kenapa gue suka sepakbola? Karena dalam bola, peraturannya jelas : elo bawa bola, elo tendang, kipernya nggak bisa nangkap, elo dapat skor. Kalau mau jadi pemain bagus, elo harus rajin latihan, pintar baca strategi, kerjasamanya jalan sama teman-teman satu tim elo, kompak dan main sportif. Olahraga itu sederhana banget, Key. Lo akan selalu dapat reward yang jelas dari effort yang elo lakukan. Kalau elo main bagus, ya bagus. Kalau elo main jelek, akan selalu ada pemain yang lain yang ngantre untuk gantiin lo. Kalau lo main curang, harus selalu siap terima konsekuensinya dengan dikasih kartu kuning atau kartu merah. Dan nggak ada yang ngalahin perasaan bahagia ketika lo akhirnya mencetak gol. Dahsyat rasanya, Key. Segala keringat, napas yang ngos-ngosan, kaki-kaki yang udah pegal setengah mampus, semuanya nggak ada artinya begitu bola masuk gawang". (Ruly Walantaga) - Hal 47.

Kalau Ruly suka bermain sepakbola. Maka si Keara suka dunia fotografi. Kenapa ya si Keara suka dunia? Apa sih alasannya? => "Karena itu gue suka fotografi, Rul. Hidup ini udah susah. Tapi dengan kamera ini, gue bisa memilih mana yang mau gue ingat dan mana yang nggak" (Keara Tedjasukmana) - Hal 163.

Apa jadinya jika ternyata Ruly tidak menyukai Keara karena Ruly menyukai Denise yang sangat feminim, santun, dan golongan perempuan baik-baik? Tapi Denise sudah menikah dan tetap saja Ruly menyukai Denise dan tidak sedikitpun melirik Keara. Rumit ya, apalagi ternyata si playboy Harris Risjad juga menyukai Keara. Namun, Keara hanya menanggap Harris hanya sebagai sahabat saja. Karena Keara juga tahu betul bagaimana sikap Harris yang sebenarnya. Lalu bagaimana jadinya jika Keara membuat Panji Wardhana terpesona dan jatuh cinta kepada Keara? Siapa yang akan Keara pilih untuk menjadi kekasihnya? Atau Keara akan tetap menunggu sampai Ruly menyadari kalau Keara menyukai Ruly?

Membaca novel Antologi Rasa karya kak Ika Natassa ini asik karena menggunakan POV. Ada POV Keara Tedjasukmana, ada POV Ruly Walantaga, ada POV Panji Wardhana, dan ada POV Harris Risjad. Namun, sayang sekali untuk POV Panji Wardhana dan POV Harris Risjad sedikit sekali. Kenapa ya bisa begitu? Mungkin karena Harris dan Panji hanya sebagai tokoh pembantu saja di dalam novel ini.

Lalu siapakah tokoh favorit saya di dalam novel Antologi Rasa ini? Tentu saja Ruly Walantaga tokoh favorit saya di dalam novel ini. Karena Ruly itu baik dalam segala aspek dan tentunya selalu memenuhi kewajiban untuk menjalankan shalat lima waktu. Apalagi Ruly hobi bermain sepakbola. Keren banget kan? Novel Antologi Rasa ini termasuk dalam kategori novel metrotop sehingga latar tempatnya berada di kota-kota besar seperti Bali, Jakarta, Manila, Singapura dan Bandung.

Ada juga beberapa part favorit saya di dalam novel ini. Yang pertama adalah ketika Ruly menyindir Keara dan Harris. => "Nggak mungkin, secara temen loe si Harris itu Twitteran aja sepuluh menit sekali, pasti masih hidup kan kalo gitu". Ruly masih tertawa. - Hal 54. Ini si Harris yang hobi banget main Twitter meningatkan saya akan zaman dimana saya masih SMK. Saat SMK, bisa dibilang setiap satu jam sekali saya Twitteran tapi sekarang udah jarang buka Twitter sih. Hehehe.

Part selanjutnya yang saya suka adalah tentang Ruly Walantaga, workaholic yang suka lembur. => "Orang normal itu ya, Rul, kayak gue. Lembur pas perlu doang, itu juga sebisa mungkin ngabur. Nah elo, yang tiap hari pulangnya sama dengan satpam yang ngunci gedung gitu, yang kalau pulang jam tujuh malam aja serasa izin pulang cepat, mau bilang elo itu bukan workaholic?" (Keara Tedjasukmana).

Hei, saya mau tanya nih sobat, sobat termasuk tim #SukaLembur atau tim #NggakSukaLembur ???? Kalau saya sih tim #NggakSukaLembur dong tentunya. Buat apa dapat uang gajian banyak kalau malah tidak bisa membuat kita bahagia? Lebih baik gaji lebih dari cukup dan hati tenang plus senang. Tapi kadang saya juga heran sih dengan orang-orang yang suka banget dengan lembur. Tapi apapun yang mereka suka asal bisa membuat bahagia sih nggak apa-apa kan ya???

Part selanjutnya yang saya suka adalah part yang membahas blog dan fotografi. => "Aku pernah baca Jerry Aurum ngomong begini di blognya : "fotografi memperkenalkan ribuan hal baru. Naik helikopter, mengunjungi Bahama, menerbitkan buku, makan Konro dengan Wapres, dirayu sosialita, melihat sekolah miskin dan masih banyak lagi". (Keara Tedjasukmana) - Hal 168. Ada juga part kebersamaan Harris dan Keara yang saya suka yaitu saat Keara dan Harris makan bubur ayam tiap pagi di mobil Harris dan saat mereka nonton F1 di Singapura.

Setelah membaca novel Antologi Rasa ini. Saya juga tahu tentang beberapa hal yang belum saya ketahui sebelumnya. Seperti makna dari Ayana. Dalam Bahasa Sansekerta, Ayana berarti tempat pengasingan. Karena novel Antologi Rasa ini tokoh-tokohnya adalah banker, maka novel ini banyak membahas seputar dunia perbankan dan akhirnya saya pun tahu apa itu OTS. Lalu apa sih itu OTS? OTS (On The Spot) adalah kegiatan mengunjungi lokasi nasabah yang dilakukan banker untuk memantau perkembangan perusahaannya yang telah dibiayai dengan kredit dari bank.

Yang saya suka dari novel Antologi Rasa ini adalah ada beberapa kalimat yang maknanya dalam dan berarti sebagai berikut :

-Hidup ini memang lebih simpel saat aku cuma anak berusia sepuluh tahun yang bisa menyakinkan diri sendiri bahwa semuanya di dunia ini baik-baik saja karena aku ada di sini, di pangkuan ayah. (Keara Tedjasukmana) - Hal 152

-Siapa bilang jatuh cinta bikin orang jadi tolol dan konyol? Jatuh cinta itu juga bisa membuat orang jadi kreatif, tahu. Paling nggak kreatif mencari-cari alasan kenapa masih mau aja mencintai orang itu walau sudah jelas-jelas cuma bertepuk sebelah tangan. Imajinatif dalam memaknai apa pun yang dilakukan orang itu untuk menjustifikasi perasaan tolol ini. - Hal 287

Itulah sedikit review mengenai novel Antologi Rasa karya Kak Ika Natassa. Untuk para pembaca novel kak Ika Natassa, pokoknya wajib banget untuk membaca novel ini.

♡Identitas Buku♡

Judul Buku : Antologi Rasa

Penulis : Ika Natassa

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Agustus 2011

Jumlah Halaman : 344 Halaman

ISBN : 978-979-22-7439-4

Harga : Rp.79.000.

Rating : ♡♡♡♡

4 komentar:

  1. Ya ampuuunnn, si Ika Natasha itu pikirannya terbuat dari apa ya?
    Kok kalau bikin novel, selalu mengharu biru.

    Reviewnya juga keren banget mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Ayo baca novel-novel karya kak Ika Natassa.

      Hapus
  2. Itu komennya harris ttg keara di awal kok kyk ngomong sama aku. Hahaha..

    BalasHapus