Jumat, Juni 01, 2018

Tips Sederhana untuk Mudik Aman dan Nyaman

Edit Posted by with 12 comments
Pic by Canva, edited  by Farida Asadi
Bulan Ramadhan sudah memasuki minggu kedua. Kurang lebih dua minggu lagi kita akan berjumpa dengan Hari Kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Di Negeri kita tercinta ini, sebelum lebaran identik dengan mudik atau pulang kampung. Rasanya mudik itu wajib sekali setiap tahun terutama menjelang lebaran untuk bersilaturrahmi dengan sanak keluarga. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan mudik aman dan nyaman tanpa gangguan. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan agar perjalanan mudik aman dan nyaman tanpa gangguan? Berikut saya sampaikan beberapa tipsnya :

1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Fit

Apabila akan melakukan perjalanan mudik tapi kalian malah sakit? Aduh, mungkin kalian harus sembuh terlebih dahulu. Perjalanan mudik membutuhkan waktu yang lama sehingga sebelum berangkat mudik pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh kalian harus sehat dan fit. Jangan lupa juga membawa persiapan obat-obatan seperti obat sakit kepala, minyak angin, obat maag dan yang lainnya dalam kotak P3K.

2. Pastikan Mempunyai Uang yang Lebih dari Cukup untuk Melakukan Perjalanan Mudik

Pernah dengar seseorang mengatakan kalau segalanya butuh uang tapi uang tidak butuh segalanya? Iya, menurut saya kalimat tersebut benar adanya. Jika kita ingin mudik maka pastikan terlebih dahulu uang yang akan digunakan untuk mudik pas, kurang atau lebih. Nah, saat mudik hindari membawa uang cash yang terlalu banyak karena ini sebagai salah satu antisipasi agar kita tidak ditipu orang atau dipalak orang.

3. Pastikan Barang Bawaan untuk Mudik Lengkap dan Tidak Berlebihan

Kebiasaan kalau akan mudik atau pulang kampung itu semua barang dibawa pulang. Ini tuh sebenarnya terlalu berlebihan ya. Maka dari itu, kita bisa mengurangi barang yang akan kita bawa saat mudik. Tapi, tetap pastikan juga barang bawaan untuk mudik sudah lengkap seperti uang, pakaian, kotak P3K, oleh-oleh dan yang lainnya. Kalau semisal ada barang yang akan dibawa mudik itu sangat amat banyak sebaiknya dikirim melalui jasa pengiriman saja sehingga kita tidak terlalu repot.

4. Memilih Transportasi yang Tepat

Sebelum melakukan perjalanan mudik terlebih dahulu kita pilih jenis transportasi yang tepat untuk kita saat melakukan perjalanan mudik. Dan sesuaikan juga uang yang kita miliki untuk memilih jenis transportasi apa yang akan kita pakai dan pastikan juga kalian cocok dengan jenis transportasi yang kalian pilih. Jenis transportasi untuk melakukan perjalanan mudik yang nyaman menurut saya adalah mobil pribadi. Kenapa demikian? Karena kita bisa nyaman dan leluasa tanpa harus berdesakan dengan orang banyak dan tentunya kita bisa mudik bersama keluarga tercinta apabila naik mobil pribadi. Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi. Sebaiknya cek dulu kelengkapan mobil dan bagian-bagian mobil yang memang penting. Kalian tidak mau kan saat mudik tiba-tiba mobilnya mogok di tengah jalan? Maka dari itu, periksa dulu mobilnya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Namun jika kalian belum memiliki mobil pribadi maka kalian bisa mencoba alat transportasi lain seperti sepeda motor, bus, kapal, kereta api dan pesawat terbang.

5. Jangan Lupa Berdo'a

Jika kita akan melakukan sesuatu pastinya kita akan berdo'a terlebih dahulu kan? Nah, sebelum melakukan perjalanan mudik jangan lupa untuk berdo'a agar selamat sampai tujuan dan lancar selama perjalanan. Itulah sedikit tips sederhana untuk mudik aman dan nyaman versi saya. Bagaimana tips mudik aman dan nyaman versi kalian sobat?

12 komentar:

  1. Besok aku mudik Pemalang nih Mba, hahahah Minggu kemarin mudik di Kendal. Thanks tipsnya Mba Far

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga selamat sampai tujuan ya mbak Nyi.

      Hapus
  2. Mudiknya masih ikut ortu jd apa2 diurusin. Ikut bantu doa aja hehehe

    BalasHapus
  3. keluarga di Kendal semua ,jadi gak mudik....

    BalasHapus
  4. Wah terimakasih tipsnya. Sepertinya saya mungkin mudik tahun ini ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  5. Tahun ini mudik bareng keponakan kecil-kecil, nih. Makasih tipsnya, mom ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  6. Wah tahun ini aku bakalan roadtrip ke Kendal-Kebumen-Jogja nih...bismillah semoga lancar, makasih yah tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asik tuh mbak Dan. Semoga lancar ya.

      Hapus