Selasa, Juni 05, 2018

[Book Review] : Ways to Love - Ulianne

Edit Posted by with 1 comment
Pic by Farida Asadi

đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Ways to Love

Penulis : Ulianne

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2017

Jumlah Halaman : 262 Halaman

ISBN : 978-602-04-1090-6

Harga : Rp. 52.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Ingin memiliki anak tapi tak ingin bersuami.

Di usianya yang telah melewati kepala tiga, Fae berusaha untuk memiliki teman hidup, tapi sayangnya bukan calon suami yang diinginkannya. Dia lebih menginginkan seorang anak yang diyakininya lebih setia daripada seorang suami.

Ketika akhirnya apa yang diinginkannya tercapai setelah pertemuannya dengan seorang pria bernama Peter Pramuwidjaja. Pengaruh alkohol yang kuat membuat semuanya terjadi begitu saja dan berakhir dengan Fae yang lebih dahulu meninggalkan Peter begitu saja tanpa pamit.

Lima tahun kemudian mereka bertemu kembali. Tapi dengan keadaan dan situasi yang berbeda. Akankah takdir mempertemukan mereka dan berakhir bahagia?

đź’•Kalimat Favoritđź’•

Mencintai bukanlah sesuatu yang dapat diatur dan dipaksakan seperti anak panah yang siap dibidik - Hal 228

Seperti kata pepatah,di balik hujan deras,tercipta pelangi yang indah - Hal 261

đź’•Review Bukuđź’•

Fae Kathryn Lukita itulah namanya dan sering dipanggil dengan nama Fae. Fae adalah wanita berusia 30 tahun yang belum menikah serta tidak punya pacar padahal Fae bekerja bersama temannya yang bernama Mona di sebuah bridal untuk pasangan yang akan menikah. Pekerjaan Fae mengurus orang yang akan menikah,namun Fae sendiri belum menikah. Terlihat lucu dan menyedihkan bukan? Selain Mona,Fae juga punya sahabat yang bernama Jenna. Fae,Jenna,dan Mona bersahabat sejak mereka masih duduk di bangku SMA.

Orang tua Fae ingin agar Fae segera menikah karena Fae sudah tak muda lagi. Lalu apa jadinya jika Fae tidak ingin punya suami tapi ingin punya anak karena Fae yakin anaknya akan selalu setia bersamanya daripada suaminya. Namun ketika Fae dijodohkan dengan seorang lelaki tampan namun malah lelaki itu menghina Fae seenaknya saja hingga Fae membatalkan rencana perjodohan tersebut.

Suatu ketika saat reuni SMA,Fae bertemu dengan beberapa teman dan kakak kelasnya. Karena berawal dari acara reuni SMA itulah Fae akhirnya bertemu dengan Peter. Saat Fae mabuk berat di suatu acara,Peter yang menolong Fae karena Peter merasa tertarik dengan Fae. Namun apa jadinya jika Fae & Peter melakukan hal yang ternyata akhirnya membuat Fae hamil. Apakah Peter akan mencintai Fae dan menikah dengan Fae hingga anak mereka lahir? Ataukah Peter akan meninggalkan Fae tanpa pernah mengakui bayi yang dikandung Fae?

Peter Pramuwidjaja itulah namanya. Pria tampan yang menempuh kuliah di luar negeri yang bercita-cita menjadi atlet namun harus kembali ke Indonesia karena desakan dari orangtuanya untuk mengurus usaha milik keluarga dan menjadi CEO Pramuwidjaja Company. Pramuwidjaja Company adalah salah satu perusahaan besar yang berada di Indonesia dengan beberapa produk unggulannya seperti pasta gigi,sabun wajah,dan lain-lain. Tak hanya itu saja,ada juga beberapa supermarket milik Pramuwidjaja Company yang tersebar di seluruh Indonesia.

Peter merasa tertarik dan suka dengan seorang wanita berambut pendek yang terlihat cantik. Wanita tersebut adalah Fae yang ternyata adalah sahabat dekat Jenna. Jenna adalah adik Peter yang sangat disayangi oleh Peter. Peter & Fae terlibat dalam suatu kejadian tak terduga karena Fae mabuk dan hilang kendali. Semenjak kejadian itu Fae menghindar dari Peter namun Peter tetap berusaha agar dekat dengan Fae dan Peter membuktikan kalau Peter mencintai Fae. Maka setelah Peter mengetahui kalau Fae mengandung anaknya maka Peter berencana untuk segera menikah dengan Fae. Lalu apa jadinya jika orang tua Peter tidak mengizinkan Peter untuk menikah dengan Fae? Orang tua Peter akan menikahkan Peter dengan Cassandra demi bisnis Pramuwidjaja Company. Lalu apa yang akan Peter lakukan? Menikah dengan Fae karena cinta tanpa restu orang tua atau menikah dengan Cassandra demi urusan bisnis Pramuwidjaja Company. Lalu apa yang akan Peter lakukan? Menikah dengan Fae karena cinta tanpa restu orang tua atau menikah dengan Cassandra demi urusan bisnisnya?


Membaca novel ini asik dan tidak butuh waktu lama karena ceritanya asik untuk diikuti. Tokoh favorit saya di dalam novel ini yaitu Fae yang menjadi pribadi yang tangguh dalam segala keadaan dan bisa menjadi panutan bagi setiap wanita untuk tetap tegar dalam menjalani hidup. Namun ada sedikit hal yang membuat novel ini terasa kurang yaitu terlalu sedikit qoutes dan kalimat favorit untuk para pembaca sehingga novel ini kurang banyak diingat oleh para pembaca karena hanya ada sedikit sekali quotes di dalam novel ini. Novel ini cocok dibaca untuk para dewasa muda yang suka novel romance dengan cerita romantis di daerah perkotaan.

đź’•Unsur Intrinsikđź’•

1. Tema : Percintaan

2. Tokoh & Karakter :

a. Peter Pramuwidjaja : Penyayang,Pekerja Keras,Penurut

b. Fae Kathryn Lukita : Gigih,Tidak Pantang Menyerah,Ceria,Periang,Penyayang

3. Alur : Maju Mundur

4. Sudut Pandang : Orang Ketiga Serba Tahu

5. Latar :

a. Latar Tempat : Jakarta & Bogor

b. Latar Suasana : Gembira,Bahagia,Penuh Duka

c. Latar Waktu : Pagi Hari,Siang Hari,Sore Hari,Malam Hari

6. Bahasa : Indonesia & Inggris

7. Amanat : Kita harus tetap taat dan patuh kepada orang tua kita sebab orang tua kita sudah merawat kita sejak kecil sampai kita dewasa

đź’•Unsur Ekstrinsikđź’•

1. Nilai Pendidikan : Kita bisa mencontoh tokoh Peter di dalam novel ini yaitu menempuh kuliah di luar negeri yang jauh dan harus terpisah dengan orang tua,sahabat dan seluruh keluarga

2. Nilai Sosial : Kita bisa mencontoh karakter Jenna,Fae & Mona di dalam novel ini yang bersahabat dan sering tolong menolong jika salah satu teman terkena musibah

3. Nilai Budaya : Novel ini menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Namun novel ini lebih banyak bahasa Indonesia

đź’•Komentarđź’•

1. Kelebihan : Novelnya mudah dibaca dan tidak bertele-tele sehingga asik untuk dibaca karena halamannya tidak terlalu banyak

2. Kekurangan : Hanya ada sedikit quotes dan kalimat favorit di dalam novel ini sehingga sulit diingat oleh pembaca karena biasanya jika banyak quotes banyak dan penuh makna pasti akan selalu diingat oleh pembaca

1 komentar:

  1. Ya kan jadi penasaran, duh mau berburu juga ah untuk baca ini pasti seru.

    BalasHapus