Rabu, Juni 06, 2018

[Book Review] : Starry Night - Larasaty Laras

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi


đź’•Identitas Bukuđź’•

Judul Buku : Starry Night

Penulis : Larasaty Laras

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2016

ISBN : 978-602-02-9809-2

Jumlah Halaman : 301 Halaman

Harga : Rp.62.800

Rating : ♡♡♡♡

đź’•Sinopsisđź’•

Dru, the most wanted bachelor tapi jomblo – itu kata teman-teman satu band Dru. Lebih menyukai suasana sepi dan menikmatinya.

Janina, penyiar cantik yang punya mimpi begitu indah dan suka menyanyi. Lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam.

Setelah bertemu dua kali secara random dengan Janina – seorang penyiar radio yang wajah dan suaranya menawan hati, Dru yakin dia jatuh cinta pada wanita itu. Jalan Dru untuk memenangkan hati Janina tidaklah mudah, kenangan masa lalu Janina yang terus membayangi, belum lagi bapak Janina yang dingin dan tidak bersahabat. Akankah Dru mampu merebut hati Janina? Mampukah Janina melupakan kenangannya, dan meyakinkan hatinya bahwa dia juga menyukai Dru?

đź’•Review Bukuđź’•

Janina adalah seorang penyiar di Sky High Radio. Acara yang paling disukai penggemar Sky High Radio adalah Starry Night. Karena saat itu penyiar akan membaca post card yang masuk dengan kriteria post card tersebut harus unik dan menarik.

Kanya adalah salah satu penggemar Janina dan Kanya akhirnya bisa bertemu dengan Janina dan siaran bareng sekaligus merayakan 100 Hari Starry Night karena Kanya adalah salah satu pendengar Sky High Radio yang mengirimkan post card yang unik dan menarik saat atau dalam rangka ulang tahun abangnya yang bernama Dru.

Dru & Janina saling kenal satu sama lain dan keduanya mulai dekat. Apalagi Dru merasa sudah cocok bersama Janina untuk menua bersama dalam bingkai pernikahan. Namun apa jadinya jika Janina tidak bisa menerima Dru karena Janina masih sedih jika teringat masa lalunya?

Dru adalah salah satu personel Sunda Kelapa. Sunda Kelapa adalah salah satu band indie yang ngehits di kalangan anak muda Jakarta hingga akhirnya Sunda Kelapa diundang dalam acara 100 hari Starry Night yang merupakan siaran favorit di Sky High Radio.

Karena Kanya alias Nyamnyam akhirnya Dru mengenal Janina. Dru & Janina akhirnya semakin dekat apalagi keduanya juga menyukai dunia musik. Mereka seperti dua sahabat lama yang akhirnya kembali bertemu padahal sebenarnya mereka hanya baru saja saling mengenal satu sama lain secara lebih dekat.

Dru merasa Janina adalah belahan jiwanya setelah Dru lama menjomblo. Akhirnya dengan segala keberaniannya Dru mengatakan cinta kepada Janina dan sekaligus ingin menjadikan Janina sebagai pasangan hidup. Lalu apa jadinya jika Janina menolak lamaran Dru dan Bapaknya Janina juga tidak merestui Janina & Dru? Apa yang harus Dru lakukan? Tetap mengejar cinta Janina dan mendapatkan restu dari Bapaknya Janina atau memilih menempuh kuliahnya dan meraih impian dan cita-citanya?

Pertama kali membaca novel ini hanya beberapa part saja melalui aplikasi Wattpad karena novel ini merupakan novel jebolan aplikasi Wattpad. Saya suka membaca novel ini karena endingnya tidak bisa saya tebak bagaimana akhirnya. Namun saat awal membaca novel ini rasanya biasa saja tapi kalau sudah masuk ke bagian tengah cerita hingga akhir cerita kayaknya nggak bisa berhenti saking bagusnya.

Sky High Radio & Starry Night mengingatkan saya akan radio dan kirim-kirim salam waktu saya masih SMP. Starry Night ini cocok sebagai ajang memperkenalkan band-band indie kepada semua orang. Sayangnya saya bukan penggemar band-band indie sehingga saya kurang begitu mengenal band-band indie yang ada di Indonesia.

Membaca novel ini mengingatkan saya akan novel Unforgettable Chemistry karya mbak Mala Shantii karena novel ini punya cerita yang menarik namun cover novelnya kurang menarik sama seperti novel Unforgettable Chemistry karya kak Mala Shantii tersebut.

Kak Larasaty Laras yang merupakan penulis novel Starry Night ini membuat saya jatuh cinta dengan semua tokoh-tokohnya terutama Dru & Janina. Dru & Janina itu menggemaskan walaupun Dru sudah 27 tahun dan Janina 24 tahun. Jika hidup Dru penuh warna maka hidup Janina redup tanpa warna namun keduanya saling terbuka dengan masalah masing-masing sehingga saling melengkapi.

Novel ini bukan hanya sekedar novel romance saja kok. Tapi saya juga dapat istilah baru yang baru saja saya ketahui juga pengertiannya. Apa itu istilahnya? Istilah tersebut adalah OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang artinya sebuah kondisi dimana psikologis yang ditandai dengan perilaku pengulangan yang disebabkan oleh ketakutan atau pikiran yang tidak masuk akal. Contohnya terobsesi kebersihan sampai mencuci tangan berulang kali. Istilah tersebut berkaitan dengan Dru yang sangat cinta pada kebersihan sehingga jika ada keadaan atau orang di sekitarnya tidak menjaga kebersihan maka Dru akan ngomel-ngomel nggak jelas.

Buat yang suka cerita romance yang mempunyai latar belakang radio dan ingin bernostalgia dengan radio kayaknya cocok kalau baca novel Starry Night ini. Maka saya merekomendasikan untuk membaca kisah Janina & Dru dalam novel Starry Night karya kak Larasaty Laras ini sambil mendengarkan radio sekalian kembali bernostalgia pada masa muda dulu kala.

Menurut saya, tema dari novel Starry Night karya kak Larasaty Laras ini adalah cinta beda status dengan tokoh Janina yang penurut, ceria, pendiam dan penyayang. Ada juga Dru yang suka menolong, rajin, pantang menyerah, penyayang, sabar dan tabah. Yang membuat novel ini menarik karena memiliki latar tempat di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogjakarta, Vienna dan Salzburg.

Pesan yang saya tangkap setelah membaca novel ini yaitu sebagai orang tua kita jangan terlalu menghukum anak dengan kekerasan karena itu bisa berakibat fatal. Jangan pula menghentikan dan menghambat cita-cita dan mimpi anak kita karena kita tidak suka cita-cita dan mimpi tersebut. Seorang anak berhak hidup bahagia maka kita sebagai orang tua harus mendukung impian dan cita-citanya agar anak kita bahagia di masa depan. Jangan seperti Bapak-nya si Janina di dalam novel ini yang sangat mengekang Janina dalam segala hal termasuk dengan siapa Janina menikah.

Nilai pendidikan dari novel ini yaitu kita bisa mencontoh Dru yang bisa tetap berkuliah menempuh S3 di Salzburg walaupun Dru sedang patah hati sekaligus menahan rindu pada Janina. Jadi putus cinta dan patah hati bukan alasan untuk tidak meneruskan kuliah dan meraih karier serta impian. Sedangkan nilai sosial dari novel ini yaitu kita bisa mencontoh semua anggota keluarga besar Dru yang selalu bersikap baik satu sama lain sesama saudara dan harmonis sehingga tidak terjadi perkelahian atau permusuhan.

Kelebihan dari novel ini terletak pada jalan cerita yang menarik dan kata-katanya mudah dipahami. Kak Larasaty Laras menceritakan novel ini dengan santai sehingga tidak membosankan saat dibaca. Sedangkan kekurangan dari novel ini yaitu cover novelnya kurang menarik padahal cerita di dalam novel ini menarik dan semua tokohnya menggemaskan terutama Dru & Janina.

2 komentar:

  1. Hohoho.. Jadi alasannya Janina itu krn trauma masa kecil ya? Bukan krn mantan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak penasaran baca novelnya aja ya mbak.

      Hapus