Senin, Mei 28, 2018

Pengalaman Pertama Mengikuti Training Seputar Dunia Digital Bersama Google Gapura Digital Semarang

Pic by Farida Asadi
Bolak-balik Kendal - Semarang atau Semarang - Kendal ??? Ah, sudah biasa. Kalau zaman dulu, alasan saya ke Semarang untuk bekerja. Selain itu, sebenarnya juga untuk mengenang masa lalu. Iya, masa lalu antara saya dan dia yang tak pernah berujung bahagia. Kenapa demikian? Karena saya dan dia ternyata tak berjodoh. Hiks, sedih ya.


Berawal dari menjadi anggota Blogger Gandjel Rel Semarang, mulai saat itu saya lumayan sering ke Semarang dan bukan untuk bekerja atau pun mengenang masa lalu. Tapi tujuan saya ke Semarang untuk menghadiri event-event tertentu. Nah, event-event yang saya hadiri ya tentu saja event yang menurut saya bermanfaat dan tidak bentrok dengan jadwal saya menjadi baby sitter, petani bayam dan babu di rumah sendiri.

Bermula dari chat salah satu rekan blogger yang memberitahukan kalau ada event training seputar dunia digital bersama Google Gapura Digital Semarang di Impala Space Kota Lama Semarang, akhirnya saya ikut mendaftar training tersebut untuk tiga kali pertemuan. Namun, setelah saya mendaftar tiga kali pertemuan ternyata saya cuma bisa menghadiri training dalam satu pertemuan saja. Karena apa? Dua pertemuan saya batalkan karena saya ikut event One Day Trip Traveling Yuk Community Semarang untuk mengeksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit Kendal. Padahal sebenarnya materi training pertemuan tersebut memang penting bagi saya yaitu pengenalan dunia digital dan Google untuk bisnismu.

Oh ya, sobat sudah tahu belum dimana letak Impala Space? Impala Space ini letaknya di lantai dua Spiegel Bistro Jalan Letjen Suprapto No.34 Kota Lama Semarang.
Spiegel Bistro Kota Lama Semarang, Pic by Farida Asadi
Hari itu hari Minggu tanggal 13 Mei 2018 saya berangkat dari Kendal pukul 11.00 WIB. Sedih bukan main ketika terjebak macet di Kali Banteng dan akhirnya saya sampai di Impala Space pukul 14.00 WIB, padahal training sudah dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Akhirnya saya telat dan tak enak hati. Daripada bingung dan seperti orang hilang akhirnya saya masuk ke Impala Space dan saya duduk di kursi yang sudah disediakan kemudian mendengarkan pengisi materi kala itu.

Saya tidak paham sama sekali hal-hal yang disampaikan oleh pengisi materi karena saya tidak mengikuti training dari awal. Dan materi yang dibahas saat itu adalah mengenai pengenalan SEO & SEM. Agak sedih sebenarnya tapi mau bagaimana lagi. Tapi yang saya tangkap dari pengisi materi adalah tentang website untuk memasang  iklan di Google seperti adwords.google.co.id dan keywordtool.io serta 4 tips iklan yang menarik harus memiliki unsur headline, description, extension dan landing page.

Setelah itu di akhir training, pengisi materi berkenalan kembali dengan menyebutkan namanya. Dan nama si pengisi materi tersebut adalah Mas Rendi Pradipta. Jika sobat ingin belajar seputar dunia digital bisa menghubungi Mas Rendi Pradipta melalui Telepon ke 085641161238 atau bisa juga datang langsung ke Gedung Kewirausahaan UNNES lantai 3.
Mas Rendi Pradipta, Pic by Farida Asadi
Acara yang terakhir adalah ditutup dengan foto bersama para peserta training dan ternyata cuma saya yang datang jauh-jauh dari luar kota. HAHAHA... tak apalah setidaknya walaupun telat saya masih bisa mendapatkan sedikit ilmu dan tentunya mendapatkan teman baru. Terimakasih banyak saya ucapkan untuk Google Gapura Digital Semarang yang sudah mengadakan training seputar dunia digital. Saya juga lebih bahagia karena ternyata materi training tersebut bisa didownload di bit.ly/handoutsiapdigital

18 komentar:

  1. SEM? wahh saya batu tauh tuh ada SEM, setelah di googling ternyata SEM itu adalah search engine marketing. Ternayata arahnya ke penjualan produk ya

    BalasHapus
  2. Biar jauh tapi busa bawa pulang oleh-oleh ilmu ya Mba :D pengen juga ikutan acara seperti ini biar tambah pinter hehe

    BalasHapus
  3. Wah sekarang kalau kerja dunia digital dan publik emang apa-apa harus menguasai SEO ya biar apa yang kita jual dan kenalkan pada masyarakat lebih tepat sasaran dan sampai. Keren mba jauh-jauh dari luar kota menghadiri acara itu.

    BalasHapus
  4. Gugel gapura semarang. Banyak ilmun yang di dapat ya terutama terkait dengan SEO..penting banget..semoga bisa sharing ilmunya disini ya kak..heheh

    BalasHapus
  5. Yeay ada di Semarang, daku pernah ngikutin yang di Jakarta, sangat bermanfaat yah mbak buat mempercantik kualitas blog kita

    BalasHapus
  6. Semangat mbak Farida...makin tambah ilmu dan wawasan juga teman dengan ikut komunitas blogger dan kegiatan positif lainnya.
    Semoga ilmu digitalnya bisa diaplikasikan.

    BalasHapus
  7. Salut banget ama semangat belajarnya.
    Percaya deh, pasi bakal ada manfaatnya, minimal ada satu postingan hehehe

    Ilmunya juga keren banget :)

    BalasHapus
  8. Setidaknya maish membawa sedikit ilmu meskipun telat datang. Saya baru tau tentang SEM

    BalasHapus
  9. aku pernah mengikuti google gapura digital saat roadshow di Medan. Ngasih insight yang bagus dari nawal banget sampai terakhir. dengan tema tema yang emang tepat guna dan belajar SEO mom.

    BalasHapus
  10. Wah, ini sih kegiatan yang berfaedah banget. Pastinya jadi dapet ilmu yang baru dan temen yang baru. Aku pun pernah ikut kegiatan yang hampir mirip dengan ini.

    BalasHapus
  11. Aku selalu salut sama blogger blogger keren yang bela-belain dateng jauh jauh buat dapet ilmu tentang blog. Keren mbak! Semangat ngeblog!!

    BalasHapus
  12. Tema training nya bangus banget. Apalagi jaman milenial kya sekarang yah. Udah harus main terus di search engine, Qlo sehari belum mengunjungi rasa nya belum minum abis makan yah (lebay yah hehe)

    BalasHapus
  13. Di Jakarta juga sering gtu, banyak teman dari luar kota jauh2 datang ke event. Salut banget. Kadang dari Bandung naik travel atau kereta api.
    Trus SEO dan SEM-nya udah dipraktikkan mbak?

    BalasHapus
  14. Ini acaranya di Spiegel ya mbak? Jadi kangem sama Semarang, waktu selama di Semarang aku selalu kesana. Btw seru ya ini workshop bersama Gapura Digital.

    BalasHapus
  15. Wah materinya sebenarnya asyik banget ya mbak... nambah wawasan tentang SEO dan SEM. Saya aja belum kesampaian ikutan workshop SEO semacam itu.

    BalasHapus
  16. nah ini nih, acaranya bermanfaat banget khusus buat blogger yang masih haus akan ilmu SEO dan SEM 😁 aku pun masih perlu banyak belajar tentang SEO..

    BalasHapus
  17. Meski jauh tapi ada something yang didapat ya mba salut sama effortnya aku belum tentu kayak mba farida loh mau jauh2 dtg hehehe

    BalasHapus
  18. Di Surabaya ada
    Mau ikutan sayangnya masih punya anak balita yang waktu itu belum bisa ditinggal. Soalnya kalau ditinggal lama lumayan anaknya bakal rewel

    BalasHapus

Popular Post