One Day Trip with Traveling Yuk Community Semarang, Eksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit Kendal

Pic by Farida Asadi
Sebagai warga Kendal yang selama 21 tahun hidup dan tinggal di Kabupaten Kendal rasanya saya belum mengenal lebih dekat potensi alam dan tempat wisata di Kabupaten Kendal terutama di dataran tingginya. Mungkin ada beberapa tempat terutama dataran tinggi yang ada di Kabupaten Kendal yang sudah pernah saya kunjungi seperti Boja, Singorojo, Sukorejo, dan Plantungan. Tapi, kalau ke Limbangan saya belum pernah pernah berkunjung ke sana. Duh, jadi sedih 😭😭😭
Kebun Teh Medini di Kecamatan Limbangan, Pic by Farida Asadi
Kabar bahagia datang ketika adik sepupu mengabarkan ingin ikut One Day Trip With Traveling Yuk Community Semarang untuk mengeksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit Limbangan Kendal. Awalnya saya memang tidak ingin ikut karena saya sudah ada event lain di Impala Space dan saya pun tidak bisa naik motor dengan medan yang berat. Tapi beruntunglah event di Impala Space bisa saya batalkan dan adik sepupu dengan senang hati menawarkan diri untuk memboncengkan saya. Bahagia deh bahagia 😍😍😍
Traveling Yuk Community Semarang Mengeksplor Kebun Teh Medini, Pic by Lidya Carolina
Acara One Day Trip With Traveling Yuk Community Semarang untuk mengeksplor Kebun Teh Medini dan Curug Lawe Secepit ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Mei 2018 mulai pukul 06.00 WIB dengan meeting point di pintu masuk Museum Ronggo Warsito Semarang. Berhubung saya orang Kendal maka saya langsung saja ke Limbangan dengan rute Brangsong - Kaliwungu - Singorojo - Boja - Limbangan. Setelah perjalanan selama 1 jam akhirnya sampai juga di Kebun Teh Medini bersama Traveling Yuk Community Semarang.
Asiknya Mengeksplor Kebun Teh Medini, Pic by Farida Asadi
Sesampainya di Kebun Teh Medini saya dan para rombongan istirahat sejenak di pintu masuk Kebun Teh Medini. Kebun Teh Medini ini terletak di Ngesrep Balong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Kebun Teh Medini ini adalah kebun teh milik PT RUMPUN SARI MEDINI. Perjalanan panjang dan melelahkan karena jalanan yang menanjak dan berbatu akan terbayar dengan pemandangan indah Kebun Teh Medini. Lalu apa saja yang menarik dari Kebun Teh Medini?
Pintu Masuk Kebun Teh Medini, Pic by Farida Asadi
Di area masuk Kebun Teh Medini kita akan melihat bangunan khas Eropa jaman dulu yang menjadi kantor dan mess PT RUMPUN SARI MEDINI, ada juga Taman Kanak-Kanak dan mushola. Sebelum mengeksplor Kebun Teh Medini alangkah baiknya cek bekal air minum terlebih dahulu karena jalanan di Kebun Teh Medini ini menanjak jadi pasti kita akan sering haus.

Setelah memasuki area Kebun Teh Medini rasanya senang karena sejauh mata memandang terhampar hijaunya daun teh yang menyejukkan mata. Di tengah perjalanan yang asik itu, kami beristirahat dan saling bercengkrama satu sama lain. Para peserta yang ikut mulai memperkenalkan diri masing-masing dan saya senang karena bisa berkenalan dengan teman baru serta dapat pengalaman baru.
Lidya Carolina Travel Blogger dari kota Banyuwangi, Pic by Traveling Yuk Community Semarang
Kebahagiaan saya makin bertambah saat Mbak Lidya Carolina perwakilan dari TravelingYuk.com memperkenalkan diri dan ternyata Mbak Lidya ini juga seorang travel blogger dari Kota Banyuwangi. Senang rasanya bisa traveling bersama travel blogger. Mbak Lidya juga sedikit bercerita tentang apa itu TravelingYuk.com kepada para peserta yang mengikuti One Day Trip ini.

Lalu sudahkah kalian tahu apa itu TravelingYuk.com ??? TravelingYuk.com adalah media online di Indonesia yang berisi konten menarik seputar artikel review pariwisata di Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia. Jadi jika kalian ingin mencari informasi dan referensi seputar pariwisata mulai wisata kuliner, wisata alam bahkan informasi dan referensi mengenai tempat menginap (hotel) maka kalian bisa mengakses TravelingYuk.com sekarang juga. Kalian jangan salah loh ya, TravelingYuk.com ini bukan situs booking tiket pesawat ataupun situs booking hotel. Jadi dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa TravelingYuk.com bisa jadi Teman Liburanmu.
Tampilan situs web TravelingYuk.com, Sumber : www.travelingyuk.com
Lalu apakah tujuan atau misi utama dari TravelingYuk.com ??? Tujuan dan misi utama dari TravelingYuk.com yaitu semakin banyak tempat pariwisata terpencil yang terekspos sehingga membantu perekonomian warga sekitar. TravelingYuk.com juga membuka kesempatan bagi yang suka menulis artikel pariwisata maka bisa ikut menjadi kontributor dengan mengirimkan karya tulisan dan fotonya ke https://travelingyuk.com/kontributor/ dan akan ada apresiasi yang diberikan TravelingYuk.com bagi para kontributor. Untuk para travel blogger cocok banget nih untuk menyalurkan karyanya melalui TravelingYuk.com
Bumi Perkemahan Medini Kelir, Pic by Farida Asadi
Kembali ke topik utama, setelah acara perkenalan dan bercengkrama kami melanjutkan perjalanan lagi untuk mengeksplor Kebun Teh Medini. Hawa dingin dan sedikit mendung membuat suasana semakin istimewa apalagi setelah kabutnya turun. Adem Puuuoool pokoknya. Tidak hanya bisa melihat kebun teh saja kami juga bisa menyaksikan para petani yang sedang memanen daun teh. Tapi sayangnya kami tidak bisa melihat proses pengolahan teh di pabriknya 😭😭😭

Di area Kebun Teh Medini juga ada beberapa area yang menurut saya asik yaitu adanya Bumi Perkemahan Medini Kelir yang cocok dijadikan area camping. Duh, jadi pengen camping di Bumi Perkemahan Medini Kelir agar bisa camping dengan suasana kebun teh yang mempesona.

Setelah capek mengeksplor Kebun Teh Medini, kami pun istirahat dan makan siang di warung terdekat. Makan siang kala itu dengan menu soto ayam plus telur tanpa kecap. Untuk pertama kalinya juga saya makan soto ayam plus telur, but it's delicious untuk menghalau kelaparan. Yang penting kenyang dan bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan selanjutnya. Untuk minumannya adalah wedang teh, karena di Limbangan udaranya dingin maka wedang teh yang didiamkan sebentar saja akan berubah menjadi seperti es teh. Setelah istirahat, makan siang dan sholat dhuhur maka kami pun melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Curug Lawe Secepit.
Soto Ayam Khas Limbangan, Pic by Farida Asadi
Awalnya saya kira Curug Lawe cuma ada di Semarang saja. Namun ternyata di Kabupaten Kendal juga ada yang namanya Curug Lawe Secepit. Pintu masuk Curug Lawe Secepit ini lokasinya dekat dengan Kebun Teh Medini. Untuk memasuki area Curug Lawe Secepit ini dikenakan biaya Rp.5.000. Per orang. Setelah menuju pintu masuk maka harus terlebih dahulu menyebrang jembatan bambu yang di pinggirnya dihias dengan ban bekas yang di cat berwarna-warni.
Pintu Masuk Curug Lawe Secepit Kendal, Pic by Farida Asadi
Curug Lawe Secepit Kendal, Pic by Farida Asadi
Setelah melewati jembatan maka perjalanan selanjutnya melewati jalan setapak yang naik turun dan lumayan terjal. Jadi kami harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Buat para cewek-cewek kalau mau ke Curug Lawe Secepit ini jangan memakai sepatu hak tinggi sebab itu berbahaya. Di pinggir jalan setapak banyak terdapat tanaman kopi dan ini mengingatkan saya akan perjalanan hiking jaman SMP - SMK di Plantungan karena nuansanya hampir sama.

Setelah kurang lebih setengah jam melalui jalan setapak akhirnya sampai juga di Curug Lawe Secepit. Sesampainya di Curug Lawe Secepit maka saya merasa senang bisa mengeksplor salah satu tempat wisata yang ada di kota Kelahiran saya ini. Dinginnya air Curug Lawe Secepit membuat suasana semakin sejuk. Air yang mengalir dari Curug Lawe Secepit ini bening dan terasa dingin. Selain bisa menikmati pemandangan Curug Lawe Secepit, kami juga berselfie ria di replika kupu-kupu raksasa di area Curug Lawe Secepit ini. Di bawah Curug Lawe Secepit ini juga ada pelangi loh, istimewa kan???
Traveling Yuk Community Semarang Mengeksplor Curug Lawe Secepit, Pic by Farida Asadi
Ada Kupu-Kupu di Curug Lawe Secepit Kendal, Pic by Farida Asadi
Ada Pelangi di Curug Lawe Secepit Kendal, Pic by Farida Asadi
Pokoknya saya bahagia bisa mengeksplor pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal. Terimakasih Traveling Yuk Community Semarang yang sudah menyelenggarakan one day trip ini, semoga pariwisata di Indonesia makin banyak dan makin dikenal oleh seluruh warga Indonesia hingga ke turis mancanegara. Jangan lupa mampir ke Channel Youtube saya untuk bisa melihat video keseruan One Day Trip ini. So, ojo lali dolan !!!

Komentar

  1. wuaaaaaa keren mbak, nggak kasih tahu sih ada even keren ini. Next share di group KBK ya Mba kalo ada event2 biar temen yang lain bisa ikutan.

    BalasHapus
  2. seru nih bareng temen2 komunitas traveling yuk, kayaknya di kotaku Jember blm ada komunitas ini

    BalasHapus
  3. wow, asyik banget bisa traveling bareng ya. abru tau kalo travelingyuk punya program begini :)

    BalasHapus
  4. Asyiknyaaaa..

    Jadi kangen traveling hiks.
    Kangen kebun teh juga, asyik banget pemandangan dan udaranya.

    Btw, saya juga baru tau tentang travelingyuk.com

    Keren ya ternyata.

    BalasHapus
  5. menarik bnaget ini mba TravelingYuk.com, aku baru tahu cocok nih buat yg suka traveling lalu tulis artikel disni :) apalagi misi utama dari TravelingYuk.com yaitu semakin banyak tempat pariwisata terpencil yang terekspos sehingga membantu perekonomian warga sekitar. mantebbb

    BalasHapus
  6. seru banget bisa trip bareng teman-teman blogger. bisa membuat suatu konten bersama-sama juga.
    itu air terjunnya sangat menggoda ingin bermain ke sana :)

    BalasHapus
  7. Air terjunnya baguuus.. ramah buat main2 dibawahnya kayanya yaa.. Airnya juga pasti seger banget :)

    BalasHapus
  8. Kebun teh.... keren. Dari dulu pengen banget travelling ke kebun teh tapi belum kesampaian. Arghhhh...mupeng banget, suasana yang sejuk ditemani semangkok bakso...atau makanan hangat lainnya...

    BalasHapus
  9. sumpah kak seger banget melihat kebun teh nya, kegiatan produktif ya sekaligus menyegarkan mata.

    BalasHapus
  10. Masih alami ya Curug Lawe Secepit nya...Semoga makin banyak dikenal orang sehingga wisata di Kendal makin jaya

    BalasHapus
  11. Wah di Kendal ada tempat sekeren ini, mashaAllah takjub sama keindahan alamnya. Cantik banget. Asiknya putu2 di kebun teh, mupeng mbak :)

    BalasHapus
  12. ih keren banget tempatnya mba, banyak hijau2 dan tentunya air terjun yang bagus menjadi pusat objek wisata.

    jadi pengen refreshing hahha

    BalasHapus
  13. Ternyata Kendal punya cukup banyak potensi wisata, ya. Pengen eksplor Curug Lawe Secepit, pasti seru banget,

    BalasHapus
  14. wah jadi pengen ke kebun teh juga.. bikin seger mata lihat yang serba hijau seperti ini..

    BalasHapus
  15. Aku kalo ke Semarang juga mesti ke Kendal, ke ragunannya Semarang itu lho mba. Hehe. Blm pernah ke kebun teh baru tau Semarang punya juga yaa

    BalasHapus
  16. Seru banget ya kalau traveling ramai-ramai gitu, jadi ingat beberapa waktu lalu sempat traveling bersama teman-teman fotografi ke Semarang. Next mencoba main ke kebun teh ide menarik juga nih.

    BalasHapus
  17. Hijauuu bikin seger mata banget ya. Saya udah lama gak main ke alam gini, padahal tinggal di kaki gunung hehe

    BalasHapus
  18. Aku udah daftar dari bulan apa tahun lalu gitu jadi kontributor TravelingYuk, tapi gak pernah submit tulisan. Padahal untungnya lumayan ya? Bisa jalan-jalan bareng juga. Ngiri deh :D

    BalasHapus
  19. Uwaaaaaa langsung mupeng nyeburrrr iki liat curug seger banget ya kayaknya

    BalasHapus
  20. Asik ya ada yg mewadahi jadi makin seru dan rame jalan2 berfaedah nya hehe

    BalasHapus
  21. Pemandangannya kayak di bandung ya, pasti adem banget, tentrem kalo liat hijau hijau. Apalagi kalo ada air terjunnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

5 Hal Unik dari Kadeso Desa Wisata Lerep

[Beauty Review] : Fanbo Acne Solution

Cicik Sri Winarti, Crafter Muslimah dari Kota Kendal yang Penuh Inspirasi