Minuman Sehat dari Bunga Telang

Pic by Farida Asadi

Bunga, ah pasti semua perempuan suka bunga. Termasuk saya, saya memang menyukai bunga namun saya kurang bisa menanam dan merawatnya. Terbukti dari beberapa bunga yang ada di depan rumah saya, semua bunganya ditanam dan dirawat oleh kakak dan ibu saya. Saya akan merawat bunga tersebut kalau sedang ingat saja, bahkan tak jarang saya sering dapat omelan karena bunganya layu dan kemudian mati karena tidak saya siram.

Bicara bunga saya jadi teringat dengan bunga yang ada di acara pernikahan seperti bunga mawar dan bunga melati. Tapi, apakah sobat sudah tahu ada salah satu jenis bunga yang masih jarang diketahui orang banyak padahal bunga tersebut bisa dijadikan minuman yang sehat? Bunga tersebut adalah Bunga Telang.
Bunga Telang, Pic by @little.organic.kitchen

Menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, Bunga Telang (Clitoria Ternatea) adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam anggota suku polong-polongan dan berasal dari Asia tropis, namun sekarang ini telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Bunga Telang ini juga merupakan jenis tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Di beberapa tempat di dunia, penyebutan nama Bunga Telang memiliki nama yang berbeda. Kalau di Inggris, Bunga Telang ini memilki beberapa nama seperti Butterfly Pea, Blue Pea Vine, dan Pigeon Wings.

Selain bisa digunakan untuk pewarna alami pada minuman, Bunga Telang juga biasanya dijadikan tanaman hias karena warna bunganya yang indah di pandang mata. Warna biru pada Bunga Telang memberikan ciri khas tersendiri yang menurut saya unik. Di beberapa negara di Asia Tenggara, Bunga Telang dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan ataupun kue. Sedangkan di Negara Malaysia, ekstrak mahkota Bunga Telang dimanfaatkan untuk pewarna alami pada ketan.

Tapi, mendadak saya sedih karena saya tidak mempunyai Bunga Telang. Namun kesedihan saya hilang ketika Mbak Nia Nurdiansyah yang merupakan seorang Blogger sekaligus Founder Titik Tengah Partnership memberi saya sebotol minuman organik yang ternyata terbuat dari Bunga Telang. Mbak Nia Nurdiansyah juga merupakan chef dari Little Organic Kitchen. Untuk info lebih lengkapnya sobat bisa mengikuti Instagram @little.organic.kitchen agar sobat bisa tahu tentang minuman sehat dari tanaman organik.

Awalnya saya ragu ketika Mbak Nia Nurdiansyah memberikan saya minuman organik yang berwarna biru tersebut. Saya semakin berhati-hati dan selektif saat akan meminum sesuatu setelah saya terkena batu ginjal dan kram ginjal setahun yang lalu. Kekhawatiran saya ternyata enyah begitu saja karena minuman tersebut adalah produk homemade tanpa pengawet, warnanya biru yang menjadi warna yang paling saya sukai, dan menggunakan gula batu sebagai pemanisnya sehingga tidak terasa lengket di tenggorokan apalagi kalau masih dalam keadaan dingin. Suuugeeer bener pokoknya, botolnya pun travel friendly jadi tidak membuat isi tas sesak dan penuh. Bigthanks Mbak Nia Nurdiansyah atas minuman sehat dan minuman organik dari Bunga Telang 😍😍😍
Pic by Farida Asadi

Komentar

  1. Baru tahu kalau bunga telang bisa dipakai untuk minuman juga. Biasanya dipakai sebagai pewarna makanan. Kalau di tempatku, dipakai untuk mewarnai nasi. Semacam nasi uduk gitu tapi warnanya biru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi uduk warna biru??? Unik ya mbak, jadi penasaran.

      Hapus
  2. Wah..aku blom nyobain yg ini nih..nampaknya enak dan seger ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, seger plus manisnya pas dan nggak lengket di tenggorokan.

      Hapus
  3. Bisa dibikin minumah to, baru tahu malahan saya, Teh.
    Dan penasaran akan rasanya gimana ya..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rasanya manis dan seger. Enak deh pokoknya.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay