Rabu, Mei 02, 2018

Minuman Sehat dari Bunga Telang

- Mei 02, 2018
Pic by Farida Asadi
Bunga, ah pasti semua perempuan suka bunga. Termasuk saya, saya memang menyukai bunga namun saya kurang bisa menanam dan merawatnya. Terbukti dari beberapa bunga yang ada di depan rumah saya, semua bunganya ditanam dan dirawat oleh kakak dan ibu saya. Saya akan merawat bunga tersebut kalau sedang ingat saja, bahkan tak jarang saya sering dapat omelan karena bunganya layu dan kemudian mati karena tidak saya siram.

Bicara bunga saya jadi teringat dengan bunga yang ada di acara pernikahan seperti bunga mawar dan bunga melati. Tapi, apakah sobat sudah tahu ada salah satu jenis bunga yang masih jarang diketahui orang banyak padahal bunga tersebut bisa dijadikan minuman yang sehat? Bunga tersebut adalah Bunga Telang.
Bunga Telang, Pic by @little.organic.kitchen
Menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, Bunga Telang (Clitoria Ternatea) adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam anggota suku polong-polongan dan berasal dari Asia tropis, namun sekarang ini telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Bunga Telang ini juga merupakan jenis tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Di beberapa tempat di dunia, penyebutan nama Bunga Telang memiliki nama yang berbeda. Kalau di Inggris, Bunga Telang ini memilki beberapa nama seperti Butterfly Pea, Blue Pea Vine, dan Pigeon Wings.

Selain bisa digunakan untuk pewarna alami pada minuman, Bunga Telang juga biasanya dijadikan tanaman hias karena warna bunganya yang indah di pandang mata. Warna biru pada Bunga Telang memberikan ciri khas tersendiri yang menurut saya unik. Di beberapa negara di Asia Tenggara, Bunga Telang dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan ataupun kue. Sedangkan di Negara Malaysia, ekstrak mahkota Bunga Telang dimanfaatkan untuk pewarna alami pada ketan.

Tapi, mendadak saya sedih karena saya tidak mempunyai Bunga Telang. Namun kesedihan saya hilang ketika Mbak Nia Nurdiansyah yang merupakan seorang Blogger sekaligus Founder Titik Tengah Partnership memberi saya satu botol minuman organik yang ternyata terbuat dari Bunga Telang. Mbak Nia Nurdiansyah juga merupakan chef dari Little Organic Kitchen. Untuk info lebih lengkapnya sobat bisa mengikuti Instagram @little.organic.kitchen agar sobat bisa tahu tentang minuman sehat dari tanaman organik.

Awalnya saya ragu ketika Mbak Nia Nurdiansyah memberikan saya minuman organik yang berwarna biru tersebut. Saya semakin berhati-hati dan selektif saat akan meminum sesuatu setelah saya terkena batu ginjal dan kram ginjal setahun yang lalu. Kekhawatiran saya ternyata enyah begitu saja karena minuman tersebut adalah produk homemade tanpa pengawet, warnanya biru yang menjadi warna yang paling saya sukai, dan menggunakan gula batu sebagai pemanisnya sehingga tidak terasa lengket di tenggorokan apalagi kalau masih dalam keadaan dingin. Seger bener pokoknya. Botolnya pun travel friendly jadi tidak membuat isi tas sesak dan penuh. Bigthanks Mbak Nia Nurdiansyah atas minuman sehat dan minuman organik dari Bunga Telang ini.
Pic by Farida Asadi

23 komentar:

  1. Baru tahu kalau bunga telang bisa dipakai untuk minuman juga. Biasanya dipakai sebagai pewarna makanan. Kalau di tempatku, dipakai untuk mewarnai nasi. Semacam nasi uduk gitu tapi warnanya biru.

    BalasHapus
  2. Bisa dibikin minumah to, baru tahu malahan saya, Teh.
    Dan penasaran akan rasanya gimana ya..he

    BalasHapus
  3. Baru denger tentang Bunga Telang, biasanya yang saya minum tu Bunga Melati. Ini minumannya udah ada di semua toko kah? Penasaran dengan rasanya :)

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada bunga telang, lebih baru tahu lagi kalau ternyata bisa dibuat minum, eh penasaran juga nih sama rasanya.. hihi

    BalasHapus
  5. Wah, saya baru tau ini, Mbak. Minuman dari bunga Telang...sepertinya saya pernah lihat bunga ini. Makasih infonya, Mbak

    BalasHapus
  6. Temenku yang ikut penelitian manfaat bunga dan daun daun di Indonesia juga menganjurkan minuman bunga teleng ini,mba. Kadang dibuat pewarna nasi juga loh

    BalasHapus
  7. Saya tuh lagi ngobrol sama suami pengen punya bunga telang di halaman rumah. Biar bisa dijadikan minuman atau buat bikin nasi jadi berwarna biru :)

    BalasHapus
  8. Lihatnya aja seger gitu ya mbak, aku jadi penasaran sama rasanya. Aku pernah loh makan di resto nasinya juga berwarna biru, ternyata kata penjualnya pakai bunga telang juga

    BalasHapus
  9. Wah aku baru denger nama bunga ini, mbak. Jadi mau coba cari di sekitar rumah.
    Fungsinya juga bagus ya. Terima kasih untuk informasinya, mbak ��

    BalasHapus
  10. Bunga Telang rasanya kek gimana itu ya?
    Warnanya biru kok aku membayangkan rasa seperti minuman Mojito wkwkwk

    BalasHapus
  11. Aku pernah minum teh bunga telang saat di Yogya. Penah makan beras juga yang dimasak pakai air rebusan bunga telang. Katanya emang menyehatkan.

    BalasHapus
  12. Saya bingung, komen saya masuk apa belum ya?

    Yang jelas, penasaran banget dengan rasa minuman berwarna biru setelah membaca ini :)

    BalasHapus
  13. Aku nanem bunga telang ga pernah sukses tumbuh, padahal pingin bisa sering2 bikin teh bunga telang :(

    BalasHapus
  14. Aku baru tau soal bunga telang nih, barubdenger namanya juga. Penasaran pingin coba deeh. Warna birunya uniik

    BalasHapus
  15. Duh, jadi penasaran sama rasanya.. Dari warnanya aja kelihatan seger gitu, Mbak..

    Oya, saya taunya bunga ini bernama bunga kupu-kupu..hihi.. ternyata memang nama lainnya Butterfly Pea yaa..

    BalasHapus
  16. Wah baru tau namanya bunga Telang.
    Kelihatannya segar dan bikin tenggorokan adem :)

    BalasHapus
  17. Widiiii ini keren banget mba, saya sangat menyukai produk yang home made lebih alami dan tanpa pengawet, kepoin ah minyak Telangnya

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu nih mba ada bunga telang. Warnanya bagus banget nih mba. Teryata bagus juga ya bahan ini bisa buat pewarna alami makanan ya. Bagus nih :)

    BalasHapus
  19. baru tau saya soal bunga telang, bagus sih hasilnya jadi warna biru gitu, tapi btw manfaat untuk kesehatannya apa ya mba?

    BalasHapus
  20. Bunga Telang jadi minuman? Salut sama Mbak Nia Nurdiansyah yang bisa membuat minuman segar itu.

    BalasHapus
  21. Aku baru tahu loh bunga telang bisa dibuat minuman. Belum pernah coba rasanya gimana. Keliatannya seger banget, boleh juga dicoba nanti.

    BalasHapus
  22. Minuman sari bunga telang buatan Little Organic Kitchen ini seger banget loh. Kapan2 kudu minum lagi niiihh... ;)

    BalasHapus
  23. Baru dengar Bunga Telang, mba...
    Kalau ingat bunga yang diminum, ingat Susana. Hihii~
    Dan nenekku juga kaya gitu...makan bunga biar cantik.

    BalasHapus

 

Farida Asadi Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea