3 Tempat Wisata di Kota Semarang yang Wajib Dikunjungi

Pic by Lestarie, edited by Farida Asadi

Kota mana sih yang sering sobat kunjungi selain kota kelahiran sobat? Kalau saya sih, Kota Semarang. Apa alasan saya? Karena Kota Semarang letaknya dekat dengan Kota Kendal yang merupakan Kota dimana saya dilahirkan. Jarak Kota Semarang dan Kota Kendal yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam sehingga memudahkan saya untuk bolak-balik Semarang-Kendal ataupun Kendal-Semarang. Kota Semarang juga pernah menjadi kota yang setiap hari saya kunjungi untuk mencari Rupiah sebagai pekerja pabrik atau kuli pabrik.

Bukan hanya untuk mencari Rupiah saja saat saya ke Kota Semarang. Saya juga suka mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Semarang yang memang sudah terkenal di seluruh Nusantara bahkan sampai ke seluruh dunia. Lalu, dimana sajakah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Kota Semarang? Saya punya rekomendasi 3 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Kota Semarang, berikut ulasannya :

1. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang, salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi saat ke Kota Semarang. Kenapa demikian? Karena di Simpang Lima Semarang merupakan sebuah lapangan yang letaknya di pusat Kota Semarang. Simpang Lima Semarang juga merupakan tempat bertemunya lima jalan yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan A Dahlan.
Pic by Farida Asadi

Lalu apa saja nih yang menarik dari Simpang Lima Semarang? Menurut saya Lapangan Simpang Lima Semarang luas sekali dan tentunya sobat bisa berolahraga juga. Di Lapangan Simpang Lima Semarang ini kita bisa melihat gedung-gedung tinggi pencakar langit. Mulai dari gedung bioskop, mall, hotel, Masjid, gedung sekolah, gedung perkantoran, restoran siap saji bahkan hingga kedai kopi. Suatu pemandangan yang saya suka karena biasanya kalau di desa saya hanya bisa melihat pemandangan sawah, kebun, sungai dan juga gunung.

Lapangan Simpang Lima ini akan ramai saat hari libur tiba karena biasanya di Simpang Lima Semarang inilah para warga Semarang melakukan olahraga pagi. Saat sore hari dan malam hari juga tak kalah ramainya seperti saat pagi hari. Saat berkunjung ke Lapangan Simpang Lima Semarang jangan lupa berfoto di sekitar tulisan "SIMPANG LIMA". Tapi, bagaimana kalau saat siang hari berkunjung ke Lapangan Simpang Lima Semarang? Tentunya tetap asik dong ya, nggak percaya?

Bukan hanya bisa berolahraga dan bisa jalan-jalan santai saja saat ke Simpang Lima Semarang. Ada beberapa spot yang menurut saya menarik dari Lapangan Simpang Lima Semarang ini seperti adanya toilet umum, adanya taman bunga dan pepohonan yang hijau, adanya area bermain anak, adanya kursi-kursi yang dikhususkan untuk pengunjung yang datang dan adanya jalan khusus untuk terapi kesehatan bagi para lansia dan tentunya yang paling membahagikan adalah saat kita berkunjung ke Lapangan Simpang Lima Semarang adalah tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS. Bagaimana sobat? Tertarik untuk berkunjung ke Lapangan Simpang Lima Semarang?

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu, salah satu gedung yang wajib sobat kunjungi saat ke Kota Semarang. Dalam Bahasa Jawa, Lawang Sewu itu berarti Pintu Seribu. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki banyak sekali pintu hingga kemudian diberi nama Lawang Sewu. Lawang Sewu terletak di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang Tengah. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904. Lawang Sewu ini dulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Setelah Indonesia Merdeka, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Di dalam area luar Lawang Sewu, saya pun melihat ada Kereta Api yang sudah tua dan tidak terpakai sehingga hanya dipajang saja sekaligus menjadi objek foto bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Lawang Sewu.
Pic by Anna Nur Anisha

Banyak pengunjung yang datang dari luar kota yang ingin melihat langsung seperti apa bentuk dari bangunan Lawang Sewu. Saya pun kagum dengan Lawang Sewu yang tetap berdiri kokoh dan kagum dengan arsitektur dari bangunan Lawang Sewu ini. Tak hanya pada hari libur saja, saat hari-hari biasa pun Lawang Sewu selalu ramai oleh para pengunjung. Tiket masuk ke Lawang Sewu juga sangat murah meriah cuma Rp.10.000. Bagaimana sobat? Tertarik untuk mengunjungi Lawang Sewu? Yuk ke Kota Semarang agar bisa berwisata ke Lawang Sewu untuk melepas penat sekaligus belajar tentang sejarah.

3. Kampung Pelangi Semarang

Kalian suka warna warni atau tidak sobat? Saya juga suka berbagai macam warna yang berwarna-warni. Warna-warna itu dengan identik dengan pelangi kan sobat? Di Kota Semarang ada kampung unik yang letaknya di Kelurahan Randusari, Kota Semarang. Sudah beberapa kali Kampung Pelangi Semarang ini diliput oleh stasiun televisi. Bukan hanya itu saja, karena keunikan Kampung Pelangi inilah banyak orang berbondong-bondong ke Kampung Pelangi Semarang ini.
Pic by Farida Asadi

Apa saja sih yang menarik dari Kampung Pelangi Semarang? Pertama adalah karena semua dinding dan atapnya berwarna-warni. Kampung Pelangi Semarang juga terletak di sekitar pusat kota Semarang karena letaknya dekat dengan Tugu Muda dan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Kedua, banyak spot foto unik sehingga para pengunjung yang datang bisa foto sepuasnya.

Tidak ada biaya masuk alias gratis untuk memasuki Kampung Pelangi ini. Hanya saja dikenakan biaya parkir dan diberi souvenir berupa stiker Kampung Pelangi Semarang. Di sekitar sungai di Kampung Pelangi Semarang banyak juga toko bunga yang berjajar rapi sehingga selain berkunjung ke Kampung Pelangi, sobat juga bisa membeli bunga untuk keluarga, sahabat, kerabat ataupun pasangan tercinta.

Itulah tiga tempat wisata yang wajib sobat kunjungi saat ke Kota Semarang. Saya juga mempunyai keinginan nih ingin berlibur ke Semarang dan lebih mengenal Kota Semarang lebih dekat lagi. Tapi, saya ingin mempunyai pengalaman berbeda misalnya saja saat berlibur saya juga menginap di hotel. Namun, apa jadinya jika ternyata banyak orang yang mengatakan kalau menginap di hotel itu biayanya mahal. Tapi setelah searching di Google, ternyata di Kota Semarang ada hotel yang harganya terjangkau dan fasilitasnya lengkap yaitu Airy Rooms.
Pic by Airy Rooms, edited by Farida Asadi
Pic by Airy Rooms, edited by Farida Asadi
Airy Rooms hadir di 83 Kota yang ada di Indonesia. Nah, kebetulan sekali setelah install aplikasi Airy Rooms di smartphone. Saya menemukan hotel Airy Rooms yang letaknya lumayan dekat dengan rumah saya. Hotel Airy Rooms yang saya maksud tersebut letaknya di Airy Tugurejo Tambakaji Ngaliyan Semarang. Harga sewa kamar 1 malam yaitu Rp.188.056. Terjangkau kan? Fasilitasnya juga lengkap. Ada wifi gratis, TV layar datar, hot shower, AC, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi dan air minum gratis. Selain booking hotel, melalui aplikasi Airy Rooms kita juga bisa memesan tiket pesawat. #KapanAjaBisa liburan dan menginap di hotel tanpa takut kendala biaya karena sudah ada Airy Rooms yang menyediakan harga sewa kamar hotel yang terjangkau. Jangan lupa juga saat ke Kota Semarang untuk mengunjungi 3 tempat wisata yang saya rekomendasikan tersebut. SELAMAT BERLIBUR !!! HAPPY WEEKEND !!!
Pic by Airy Rooms
Pic by Airy Rooms

Komentar

  1. seru ke Semarang, jangan lupa bawa topi, kacamata dan pelindpel panas lainnya hihi

    BalasHapus
  2. Wah, udah kayak cah semarang dirimu dik. Sering bgt dolan ke sini hehehe..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah tinggal kampung warnanya yang belum sempet dikunjungi. Hehehe.. Salam kenal ya mbak..

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah ke kampung warna Semarang. Cakep ya buat foto-foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalo ke Semarang jangan lupa mampir ke kampung pelangi.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Post

#BukaInspirasi Bersama Nyi Penengah Dewanti

Mengenalkan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini, Yay Or Nay?

Cuma 9 Rupiah, Naik Bus Trans Semarang Bayar Pakai Go Pay