Senin, April 02, 2018

Jelajah Jogjakarta Bersama Skyscanner, Bisa Nggak Ya?

Edit Posted by with 28 comments
Wisata Pantai Drini, pic by Farida Asadi

Jogjakarta, satu tempat yang ingin selalu saya kunjungi saat hari libur tiba. Kenapa sih Jogjakarta selalu istimewa di benak saya? Karena menurut saya ada banyak alasan yang membuat Jogjakarta selalu istimewa seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata belanja.

Pertama kali ke Jogjakarta adalah saat saya masih kelas 6 SD tepatnya tahun 2008. Nah, waktu itu saya berwisata ke Jogjakarta tepatnya di Museum Dirgantara dan Pasar Marioboro. Yang membuat saya terkesan dengan Museum Dirgantara adalah saya bisa melihat langsung berbagai jenis pesawat terbang yang jumlanya banyak sekali. Pasar Marioboro juga membuat saya terpikat dengan berbagai macam pernak-pernik khas Jogjakarta. Waktu itu, saya membeli rok lilit batik yang ukurannya panjang dan harganya sangat terjangkau yaitu Rp.15.000.

Bulan Maret 2016, saya berkesempatan untuk berlibur ke Jogjakarta dalam rangka Family Gathering PT Fast Manufacturing Semarang. Ada banyak hal seru yang saya alami saat liburan karena tempat wisata yang saya kunjungi tersebut adalah Pantai Drini. Mungkin sobat masih asing dengan Pantai Drini. Kenapa demikian? Karena letak Pantai Drini lumayan jauh dari pusat kota Jogjakarta dan masih sedikit sekali pengunjung yang datang ke Pantai Drini sehingga Pantai Drini disebut juga dengan Pantai Perawan. Kenapa Pantai Drini disebut juga Pantai Perawan? Karena saat saya ke Pantai Drini, saya tidak menemukan sampah yang berserakan di pinggir Pantai dan pantainya memang bersih, air lautnya jernih, pasirnya pun berwarna putih. Udaranya juga sejuk dan saya sempat menangkap ikan dan kepiting kecil di pinggir Pantai.

Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang berpasir putih yang letaknya di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di pinggir Pantai Drini ada beberapa perahu nelayan, ada juga pasar ikan yang letaknya dekat dengan Pantai Drini sehingga para nelayan akan lebih mudah untuk menjual ikan hasil tangkapan nelayan tersebut. Perlu kalian ketahui juga sobat, Pantai Drini ini langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Saya baru tahu kalau Pantai Drini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia setelah membuka Buku Atlas & Maps.

Selain berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Pantai Drini juga berdekatan dengan Bukit Kosakora. Jadi, dengan berwisata ke Pantai Drini kita juga bisa sekaligus berkunjung ke Bukit Kosakora. Ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Ada cerita di balik nama Bukit Kosakora sobat, jadi ceritanya dulu ada sekumpulan anak muda yang mendaki Bukit Kosakora. Nah, saat sedang masih di atas Bukit itulah bekal persediaan mereka habis dan yang tersisa hanya selembar kertas. Maka, Bukit tersebut diberi nama Bukit "KOSAKORA" yang merupakan kependekan dari "Kertas Sak Lembar, Kopi Rak Ono" yang artinya Kertas Satu Lembar, Kopi Tidak Ada. Untuk mendaki Bukit Kosakora ini, lebih baik mendaki saat pagi hari karena semakin siang ombak laut makin besar.

Membahas Pantai, sepertinya saya belum pernah bosan saat berwisata ke Pantai. Mungkin karena sejak kecil, ibu saya memang memperkenalkan saya dengan Pantai & Laut. Jadinya sampai sekarang saya suka ke Pantai & ke Laut. Pantai-Pantai indah memang banyak sekali yang letaknya di Jogjakarta. Saya pun akhirnya ketagihan lagi ingin menjelajahi Pantai-Pantai yang ada di Jogjakarta selain Pantai Drini. Lalu Pantai mana sajakah yang ingin saya kunjungi bila saya sudah mempunyai kesempatan untuk berlibur ke Jogjakarta? Berikut saya jabarkan beberapa Pantai yang ingin saya kunjungi suatu hari nanti.


1. Pantai Goa Cemara

Sebenarnya akhir tahun 2017 yang lalu saya sudah berencana berlibur ke Jogjakarta dan membeli tiket liburan ke Pantai Goa Cemara. Namun, karena ada hal yang amat sangat penting akhirnya saya membatalkan untuk liburan ke Pantai Goa Cemara. Sebenarnya sedih, tapi mau bagaimana lagi ya kan waktunya belum pas. Mungkin lain hari dan lain waktu saya bisa berlibur ke Pantai Goa Cemara.
Pantai Goa Cemara, pic by Leni Pujiyanti
Sobat sudah tahu belum dimana letak Pantai Goa Cemara? Kalau belum tahu, saya beritahu saja ya. Pantai Goa Cemara terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Menurut saya, nama Pantai ini termasuk unik dan ternyata nama Pantai tersebut bukan hanya sekedar nama karena nama Pantai Goa Cemara adalah karena di sekitar pantai ada Pohon Cemara yang berbentuk seperti Goa. Di sekitar pohon Cemara inilah kalian bisa berfoto dengan pemandangan yang unik. Bisa berfoto bersama pasangan, gebetan, teman, mantan dan juga keluarga tersayang.
Pantai Goa Cemara, pic by Martina Fika, edited by Farida Asadi
Pantai Goa Cemara tidak memiliki pasir putih melainkan memiliki pasir hitam. Tapi tetap saja Pantai Goa Cemara memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Pantai Goa Cemara juga bukan hanya sekedar tempat wisata saja, Pantai Goa Cemara menjadi tempat penangkaran Penyu yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Jenis Penyu tersebut ada berbagai macam seperti Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys imbiata), dan Penyu Hijau (Chelonia mydas).
Pantai Goa Cemara, pic by Martina Fika, edited by Farida Asadi

2. Pantai Nglambor

Kadang saya merasa aneh pada diri saya sendiri yang amat sangat mencintai wisata pantai. Namun, yang disayangkan adalah saya tidak bisa berenang sampai saat ini. Sejak SD-SMK, kalau ada praktik olahraga renang pasti saya akan remedi karena memang kelemahan saya tidak bisa berenang. Bicara olahraga renang, saya jadi teringat dengan Snorkeling di pantai yang sepertinya memang asik. Tapi, pantai mana ya yang bisa untuk kegiatan Snorkeling? Dan jawabannya adalah Pantai Nglambor. Sering sekali saya melihat postingan Instagram teman saya yang sudah pernah ke Pantai Nglambor. Ah, saya juga ingin merasakan sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor.

Lalu, apakah sobat sudah tahu dimana letak Pantai Nglambor? Pantai Nglambor terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan Pantai Nglambor bukan hanya sekedar sebagai tempat Snorkeling saja. Pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang jernih, dan batu karang yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nglambor ini.


3. Pantai Krakal

Krakal, satu kata yang mengingatkan saya dengan Jambu Krakal (Jambu Biji) yang ada di depan rumah saya. Ternyata di Jogjakarta ada sebuah pantai yang bernama Pantai Krakal. Pantai Krakal ini berlokasi di Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang menarik dari Pantai Krakal bukan hanya pasir putih dan air lautnya yang jernih. Namun, karang dan bebatuan yang ada juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Krakal ini. 

Itulah beberapa pantai yang ingin saya kunjungi apabila ada kesempatan untuk berlibur ke Jogjakarta. Tapi, ketika melakukan perjalanan ke Jogjakarta saya ingin melakukan perjalanan yang berbeda dengan naik pesawat terbang misalnya. Mengapa demikian? Sebab, jika saya berlibur ke Jogjakarta biasanya saya naik bus rombongan. Karena saya ingin merasakan pengalaman yang berbeda, maka saya mempunyai keinginan untuk naik pesawat terbang saat ada kesempatan untuk berlibur ke Jogjakarta.

Adik sepupu menyarankan saya untuk membeli Tiket Pesawat Garuda Indonesia. Adik sepupu saya mengatakan kalau naik Pesawat Terbang Garuda Indonesia banyak keuntungan yang didapat mulai dari kenyamanan para penumpangnya hingga bagasi yang mencapai 40 kg. Lalu bagaimana cara mencari Tiket Pesawat Garuda? Sebenarnya saya agak sedikit bingung dikarenakan saya belum pernah mencari Tiket Pesawat. Untunglah dengan adanya kecanggihan teknologi akhirnya saya mengetahui kalau Tiket Pesawat Garuda Indonesia bisa dicari melalui Skyscanner.
Pic by Skyscanner
Sobat sudah tahu belum apa itu Skyscanner? Skyscanner adalah situs online pencarian Tiket Pesawat untuk perjalanan atau untuk liburan baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri. Untuk itu jika sobat ingin mencari Tiket Pesawat, sobat bisa mengakses www.skyscanner.co.id yang bisa diakses melalui komputer, laptop, notebook dan juga smartphone. Apakah ada keunggulan dari Skyscanner yang bisa membuat para traveler merasa bahagia? Apa saja sih keunggulan dari Skyscanner? Berikut saya jabarkan keunggulan dari Skyscanner yang saya dapatkan dari situs web Skyscanner.


1. Tidak Hanya Sebagai Situs Pencarian Tiket Pesawat Terbang

Skyscanner, kata sky mengingatkan saya akan langit yang berwarna biru dan terbang tinggi. Pertama kali mengetahui Skyscanner saya langsung menebak kalau Skyscanner adalah tentang sesuatu yang berkaitan dengan langit, terbang, dan pesawat. Namun, ternyata Skyscanner juga tidak hanya bisa memudahkan sobat untuk mencari tiket pesawat. Skyscanner juga mencari tiket booking hotel dan juga jasa sewa mobil. Ternyata lengkap ya? Jadi ingin segera berlibur ke Jogjakarta ditemani Skyscanner dalam setiap perjalanan.
Pic by Skyscanner

2. Gratis Biaya Tambahan

Siapa yang suka gratisan?Sobat pasti juga gratisan juga kan sama dong seperti saya. Nah, untuk yang ingin mendapatkan gratisan sobat bisa melakukan perjalanan dengan mencari tiket pesawat melalui Skyscanner karena tidak ada biaya tambahan alias gratis biaya tambahan. Terkadang saat kita mencari sesuatu pasti akan dikenakan biaya tambahan. Berbeda sekali dengan Skyscanner yang menawarkan gratis biaya tambahan bagi para peggunanya.
Pic by Skyscanner

3. Mudah Diakses Kapan Saja & Dimana Saja

Sobat termasuk tipe orang sibuk banget atau sibuk aja? Untuk orang yang super sibuk dan sering melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri, Skyscanner memberikan kemudahan bagi para penggunanya karena www.skyscanner.co.id bisa diakses kapan saja dan dimana saja asalkan ada koneksi internet. Untuk ibu-ibu yang sedang sibuk mengurus buah hati yang masih kecil juga tidak repot lagi saat akan mencari tiket pesawat, booking hotel ataupun sewa mobil.
Pic by Skyscanner, edited by Farida Asadi

4. Hemat Waktu & Uang

Zaman now, mencari tiket pesawat tidak perlu capek-capek datang ke bandara dan menunggu antrian yang lama. Sekarang ini, mencari Tiket Pesawat bisa dilakukan secara online yaitu melalui Skyscanner. Dengan begitu, sobat bisa menghemat waktu. Setiap bulan juga ada promo dari Skyscanner, dengan begitu sobat bisa lebih menghemat uang karena bisa menentukan Tiket Pesawat yang paling murah melalui Skyscanner.



5. Tersedia Aplikasi Skyscanner

Selain bisa diakses melalui www.skyscanner.co.id ternyata Skyscanner sekarang sudah menyediakan aplikasi yang bisa didownload secara gratis melalui Google Play dan Apps Store. Saya juga sudah mendownload aplikasi Skyscanner pada smartphone saya dan kalau menurut saya lebih asik memakai aplikasi Skyscanner daripada mengunjungi situs webnya karena aplikasi Skyscanner lebih bagus tampilannya. Ternyata sudah ada 10 juta orang yang sudah mendownload aplikasi Skyscanner. Rating dari aplikasi Skyscanner juga bagus loh, 4,5 dari 5 bintang. Sobat ingin download aplikasi Skyscanner juga? Ayo download aplikasi Skyscanner sekarang juga karena ukurannya cuma 24 MB saja sehingga tidak boros kuota internet.
Pic by Skyscanner, edited by Farida Asadi
Sejak mengetahui adanya Skyscanner, saya jadi ingin sering melakukan perjalanan dan traveling. Kalau ingat liburan, seketika saya teringat dengan Skyscanner. Semoga saja impian saya untuk liburan ke Jogjakarta bisa segera terealisasikan. Itulah sedikit wisata impian yang ingin saya kunjungi saat ke Jogjakarta. Bagaimana dengan kalian sobat?
Pic by Skyscanner, edited by Farida Asadi

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner"

Daftar Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Drini [diakses pada tanggal 1 April 2018]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Goa_Cemara [diakses pada tanggal 1 April 2018]

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pantai_Nglambor [diakses pada tanggal 1 April 2018]

https://www.skyscanner.co.id/ [diakses pada tanggal 1 April 2018]

https://www.skyscanner.co.id/maskapai/maskapai-garuda-indonesia-ga.html [diakses pada tanggal 1 April 2018]

www.youtube.com/user/SkyscannerIndonesia [diakses pada tanggal 1 April 2018]

28 komentar:

  1. Saya ke Jogja baru 1 kali tahun 2017 lalu. Karena acara kampus jadi gak begitu bebas. Cuma nongkrong di Jalan Malioboro dan menunggu waktu pulang. Kepengen ke situ lagi. Kalau perginya pakai pesawat pasti lebih enak (kepengin ngerasain terbang).
    btw apakah di Skyscanner juga bisa pesan tiket pesawat utk ke luar negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Jogjakarta lagi. Wisata pantainya elok dan eksotis.

      Hapus
  2. wow, ternyata banyak pantai di jogja yg blm saya tahu. terimakasih infonya ya :)

    BalasHapus
  3. aku pernah ke pantai goa cemara..ih jd kangen ke jogja lagi :)

    BalasHapus
  4. Entah sudah berpa pukuh kali ke jogja. Tapibtetep nggak ada kata bosen. Jogja emang selalu ngangenin ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak Nunik. Semoga kita bisa liburan bareng ke Jogja ya mbak.

      Hapus
  5. Enakan ke pantai Nglambor atau Drini ya, aku rencana mau ke Jogja minggu ke 4 abis anak UN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke pantai Nglambor dulu lalu ke pantai Drini. Keduanya sama cantiknya mbak Wati.

      Hapus
  6. Yogyakarta memang pantainya indah-indah ya dan banyak ☺

    BalasHapus
  7. Hayuk, sini ke Jogja lagi, ntar mampir Magelang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah juga ke Magelang waktu masih kelas 6 SD. Pengen ke Candi Borobudur lagi.

      Hapus
  8. Beberapa kali ke Jogja, selalu ke Pantai Parangtritis mulu. Padahal banyak ya pantai di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah ke Pantai Parang Tritis.

      Hapus
  9. Ahhh pengen eksplor jogjaaa..kangeen..semoga menang shaay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja memang selalu asik untuk dikunjungi ya mbak Dew. Amiin..makasih do'anya mbak.

      Hapus
  10. Jogja memang istimewa, apalagi pantai2nya. Aaaah...jadi pengen mantai lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo main ke pantai-pantai di Jogja mbak Ika.

      Hapus
  11. jogja termasuk salah satu destinasi wisata favoritku...ternyata banyak juga yang belum aku eksplor

    BalasHapus
  12. Bisa dong! Jogja emang selalu istimewa

    BalasHapus
  13. Jogja memang istimewa...saya aja seneng banget jalan di sekitar malioboro dari ujung ke ujung merasakan suasana lalu lalang dan kesibukan di seputar situ... rasanya menennangkan jiwa :D Jogja is my hometown

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka ke Marioboro mbak. Koleksi batiknya banget soalnya.

      Hapus
  14. jogja memang banyak wisata baru yang asyik dan bikin betah

    BalasHapus