Rabu, Maret 14, 2018

NASLORGET SO GOOD, Menu Gizi Seimbang untuk Orang Tersayang

Edit Posted by with 32 comments
Pic by Farida Asadi

Hobi masak? Itu bukan hobi saya. Hobi saya sejak kecil sampai saat ini adalah membaca. Misalnya membaca berita terbaru, membaca novel dan membaca artikel para blogger favorit saya. Namun sebagai seorang perempuan saya juga harus belajar memasak walaupun hobi saya bukan memasak. Sejak saya kecil sampai tahun 2015, saya hanya membantu ibu memasak di dapur. Namun, saat tahun 2016 saya dihadapkan pada kenyataan bahwa saya harus bisa memasak karena ibu saya tidak memungkinkan lagi untuk memasak di dapur karena beliau sering sakit-sakitan dan bolak-balik rumah sakit.

Mulai saat itu saya sering memasak di dapur walaupun masakan saya ala kadarnya dan rasanya kurang enak karena sering mendapatkan komentar buruk dari kakak-kakak saya. Tapi saya tidak pernah putus asa. Pokoknya saya harus bisa masak walapun cuma ayam goreng dan sayur lodeh plus sambal tomat. Saat memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta, saya juga harus memperhatikan apakah makanan tersebut sudah memenuhi gizi 4 sehat 5 sempurna.

Terkadang saat kita makan kita hanya makan makanan yang hanya mengandung karbohidrat saja, kadang hanya mengandung serat saja dan kadang hanya mengandung protein saja. Lalu apakah itu sudah termasuk makanan gizi seimbang yang bisa membuat kita sehat dan tetap semangat? Lalu sudah tahukah sobat apa itu menu gizi seimbang? Menurut saya, menu gizi seimbang yaitu menu makanan yang memenuhi gizi seimbang yang meliputi nasi (karbohidrat), lauk (protein), sayur dan buah. Lalu bagaimana pendapat sobat mengenai apa itu menu gizi seimbang?
Pic by Farida Asadi

Beberapa hari yang lalu, saya melihat iklan di televisi mengenai Kemasan terbaru dari So Good. Dan saya tertarik dengan iklan tersebut dan saya ingat kata-kata berikut saat melihat iklan So Good di televisi "So Good Lebih Baik, Lebih Baik So Good". Mulai saat itu saya jadi teringat dengan camilan favorit saya dari jaman dulu masih SD sampai sekarang yaitu sosis So Good. Ketika saya masih duduk di bangku SD kelas 4 kira-kira saat tahun 2006, saya mulai suka dengan sosis So Good. Mulai saat itu, ibu saya jadi sering membelikan saya sosis So Good.


Selain sosis, saya ingin mencoba produk So Good yang lainnya seperti So Good ayam potong, So Good nugget ayam, So Good daging ayam berbumbu, So Good pangsit udang kuah, So Good bakso sapi kuah dan sosis ayam. Lalu setelah memilah dan memilih akhirnya saya membeli So Good nugget ayam. Kenapa sih sebenarnya saya membeli So Good nugget ayam? Pertama, karena saya belum pernah makan So Good nugget ayam karena yang sering saya makan adalah sosis So Good siap makan. Kedua, karena saya ingin berkreasi membuat masakan sederhana dan tentunya sudah masuk kategori makanan menu seimbang. Lalu apa nih resep masakan yang akan saya masak?

Menurut info yang saya dapatkan dari So Good, Menu Piring Gizi Seimbang itu terdiri dari makanan yang mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35% sayur, dan 35% sumber karbohidrat. Maka dari itu saya akan memasak dengan resep masakan sederhana namun  sudah memenuhi Menu Piring Gizi Seimbang. NASLORGET SO GOOD (Nasi, Sayur Kelor, & Nugget Ayam So Good). Nah, Menu Piring Gizi Seimbang itulah yang akan saya buat. Lalu apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara pembuatannya? Pertama, kita siapkan dulu bahannya.

Bahan :

1. Beras
2. Nugget Ayam So Good
3. Daun Kelor
4. Garam
5. Bawang Goreng
6. Air Secukupnya

Proses Memasak :

1. Pertama, kita harus menanak nasi terlebih dahulu. Sembari menunggu nasinya matang kita bisa melakukan proses selanjutnya.

2. Kedua, masak air sampai mendidih dan setelah mendidih masukkan sayur kelor yang sudah dipetik kecil dan dicuci. Tambahkan garam secukupnya dan tunggu sampai matang. Kalau sudah matang letakkan sayur daun kelor pada mangkok dan beri bawang goreng di atas sayur daun kelor tersebut.


3. Ketiga, kita buka dulu kemasan So Good nugget ayam yang kita ambil dari kulkas dan langsung goreng So Good nugget ayam tersebut ke minyak goreng panas dan tunggu sampai matang. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

4. Keempat Jika nasi sudah matang langsung saja cetak nasi dengan mangkok kecil dan letakkan pada piring yang akan dipakai. Setelah itu dalam piring tersebut tambahkan sayur daun kelor dan So Good nugget ayam yang sudah digoreng tadi. Tata dan atur piring agar terlihat menarik. Setelah itu, NASLORGET SO GOOD siap untuk dihidangkan.
NASLORGET SO GOOD, Pic by Farida Asadi

Itulah resep masakan sederhana yang saya buat untuk memenuhi menu makanan gizi seimbang keluarga saya. Lalu apa saja nih kandungan gizi yang terkandung dalam NASLORGET SO GOOD yang saya masak? Penasaran? Yuk mari disimak dulu tulisan di bawah ini,

1. Nasi putih

Nasi putih memang menjadi makanan sehari-hari di kampung saya karena sebagian warga di kampung saya adalah petani padi. Bicara tentang padi, saya menjadi teringat dengan masa kecil saya yang sering diajak ibu untuk mencari padi di sawah milik tetangga yang sedang panen. Kalau di kampung saya biasanya disebut "Thethek". Mulai saat itu saya sadar bahwa mencari sepiring nasi itu tak mudah dan butuh perjuangan.

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang berguna untuk membuat kita bertenaga, memiliki energi dan kuat dalam menjalani hari. Mengapa saya memilih nasi putih? Karena nasi putih di kampung saya mudah didapat dan harganya lebih bersahabat dibandingkan nasi merah. Maka dari itu sobat, jangan lupa konsumsi nasi putih agar kita kuat dan bertenaga untuk menjalani segala aktivitas ya. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat karena bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

2. Sayur Daun Kelor

Sebenarnya sayuran yang menjadi primadona di kampung saya adalah sayur Bayam. Namun, karena banjir yang sempat melanda beberapa waktu yang lalu akhirnya para warga di kampung saya gagal panen sayur Bayam dan kebun di belakang rumah saya pun tidak ditanami apa-apa karena efek cuaca dan banjir yang melanda.

Ketika ingin memasak sayur, saya jadi berfikir kalau tidak ada sayur Bayam, sayur daun Kelor pun jadi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari daun Kelor yang tumbuh dengan bebas pada pagar pembatas di kebun belakang rumah saya. Setelah mendapatkan satu ikat daun kelor sayapun langsung menuju ke rumah untuk memasak daun Kelor tersebut. Kenapa saya memilih daun Kelor sebagai sayur yang akan saya konsumsi? Karena saya bisa mendapatkan sayur daun Kelor ini secara gratis sehingga saya lebih hemat uang belanja. Selain itu, daun Kelor juga mempunyai banyak gizi yang bermanfaat untuk kita.
Pic by Farida Asadi

Daun Kelor (Moringa oleifera) bagus untuk kesehatan mata dan bisa juga untuk memperbaiki fungsi ginjal. Menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, badan kesehatan dunia WHO juga menyarankan daun Kelor untuk dikonsumsi batita dan anak-anak pada masa pertumbuhan. Sayur daun Kelor bisa dikonsumsi siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang lanjut usia. Daun Kelor mengandung 7 × Vitamin C lebih banyak dari buah Jeruk, 4 × Kalsium lebih banyak dari susu, 4 × Vitamin A lebih banyak dari Wortel, 2 × Protein lebih banyak dari susu, dan 3 × Potasium lebih banyak dari buah Pisang.

3. Buah Pisang

Buah Pisang adalah salah satu buah primadona di kampung saya karena hampir setiap warga memiliki pohon Pisang. Kebetulan kemarin ada tetangga yang sedang panen buah Pisang dan saya diberi buah Pisang tersebut. Buah Pisang memang bisa dimakan oleh siapa saja tanpa pandang bagi bayi, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil bahkan sampai orang tua dan lansia. Buah Pisang mengandung beberapa gizi yang berguna untuk tubuh kita seperti Riboflavin, Mangan, Vitamin A, Vitamin B6, Niacin, Serat, Vitamin C, Kalium, Potasium, Folat & Magnesium.


4. Nugget Ayam So Good
Pic by Farida Asadi

Nugget ayam yang saya pilih adalah So Good Chicken Nugget Alphabet karena praktis dan sudah siap untuk dimasak. So Good Chicken Nugget Alphabet adalah nugget yang terbuat dari daging ayam dan dibalut dengan tepung roti yang renyah dan krispi. So Good Chicken Nugget Alphabet ini mengandung protein hewani dari daging ayam yang bermanfaat untuk tubuh kita. So Good Chicken Nugget Alphabet berbentuk huruf alphabet sehingga cocok sebagai camilan atau lauk untuk anak-anak, orang dewasa pun banyak juga yang mengkonsumsi So Good Chicken Nugget Alphabet ini. Selain sebagai camilan dan lauk pauk yang enak, So Good Chicken Nugget Alphabet ini juga bisa dijadikan media belajar untuk mengenalkan huruf alphabet kepada anak-anak. Packaging dari So Good Chicken Nugget ini menarik karena ada gambar huruf alphabet di atas piring yang berisi So Good Chicken Nugget Alphabet yang sudah digoreng. Packagingnya juga lengkap sekali dengan keterangan produknya seperti komposisi, cara memasak, dan tanggal kadalursa dari So Good Chicken Nugget Alphabet. Untuk tanggal kadaluarsa bisa dilihat di packaging bagian belakang.

So Good Chicken Nugget Alphabet ini diproduksi oleh PT Cahaya Gunung Foods Boyolali dan distribusikan oleh PT So Good Food Jakarta. Sebagai konsumen, kita tidak perlu khawatir karena So Good Chicken Nugget Alphabet ini aman untuk dikonsumsi karena sudah terdaftar pada BPOM RI MD 239711005303. Karena aman untuk dikonsumsi, maka kita sebagai pembeli tidak perlu ragu lagi untuk membeli So Good Chicken Nugget Alphabet ini. Untuk para muslim dan muslimah juga tidak usah khawatir lagi karena So Good Chicken Nugget Alphabet ini sudah berlogo ุญู„ุงู„‎ dari Majelis Ulama Indonesia LPPOM MUI No. 00010007850398.
Pic by Farida Asadi


Tekstur dari So Good Chicken Nugget Alphabet ini renyah dan krispi rasanya pun gurih. Lalu dimana kita bisa membeli So Good Chicken Nugget Alphabet ini? So Good Chicken Nugget Alphabet bisa dibeli secara online dan offline. Untuk pembelian secara online bisa dibeli melalui e-commerce terkemuka yang ada di Indonesia. Untuk pembelian secara offline bisa dibeli di minimarket terdekat. Lalu harganya berapa? Harganya pun sepadan dengan rasa dan kualitasnya. Harga dari So Good Chicken Nugget Alphabet harganya Rp.39.000. Isi dari So Good Chicken Nugget Alphabet yaitu 400 gram. Cara penyimpanannya juga mudah cukup simpan beku pada suhu kurang dari -18 derajat Celcius. Berikut ini saya tuliskan beberapa keunggulan dari So Good Chicken Nugget Alphabet yaitu,

๐Ÿ’• Rasanya gurih, enak, renyah & krispi
๐Ÿ’• Praktis & mudah dimasak
๐Ÿ’• Aman dikonsumsi karena sudah terdaftar pada BPOM RI MD 239711005303
๐Ÿ’• Sudah berlogo ุญู„ุงู„‎ dari Majelis Ulama Indonesia LPPOM MUI No. 00010007850398
๐Ÿ’• Harganya sepadan dengan rasa dan kualitasnya
๐Ÿ’• Mudah dibeli secara online & offline
๐Ÿ’• Info packaging lengkap

Itulah resep masakan yang saya masak untuk memenuhi Menu Piring Gizi Seimbang yang saya buat untuk orang-orang tersayang yaitu keluarga saya tercinta. Bagaimana dengan kalian sobat? Yuk masak dan berkreasi dengan So Good !!!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu Piring Gizi Seimbang #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

32 komentar:

  1. Nampak enaaak..pengen beli nuget ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Dew, masak dan berkreasi dengan nugget ayam So Good.

      Hapus
  2. sayur daun kelor bagus buat ibu menyusui. Di makan sama so good tambah enak ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku malah baru tahu kalo daun Kelor bagus untuk ibu menyusui. Thanks infonya mbak.

      Hapus
  3. Wah asyik ya bisa menyajikan menu lengkap seimbang dari bahan sekitar. Kearifan lokal nih ceritanya๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  4. Nyam nyaaammm enaaakk, udah nuggetnya enak, ketambahan sayur favorit saya, kelor :D

    BalasHapus
  5. Super food dan nugget so good. Cocok ๐Ÿ’ช bikin sehat dan bergizi

    BalasHapus
  6. jadi penasaran pengen nyoba daun kelor hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak, masak daun Kelor. Enak dan menyehatkan lho.

      Hapus
  7. Wah saya belum pernah nih makan sayur kelor. Dipadukan dengan nugget So Good pastinya tambah enak ya. So Good alfabet memang idola anak2 deh ya, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak masak sayur daun Kelor dan nugget ayam So Good.

      Hapus
  8. So Good Chicken Nugget memang enak, nggak ribet, dan pastinya enakk :) Aku punya pohon kelor dibelakang rumahku yg dikampung, ga ada bosennya ma sayur kelor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kampungku juga lumayan banyak pohon Kelor mbak.

      Hapus
  9. daun kelor itu sama kek daun katuk ga mba Farida?klo sama dulu pas masa menyusui neyna aku dijejelin ini sampe pgn muntah hahahaha saking bosannya padahal khasiatnya banyak y. kreatif ni naslorget namanya ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  10. Pertama kali aku maem sayur daun kelor tuh pas jalan2 ke Madura. Jebul enak yaaa... mirip banget rasanya dengan daun katuk. Dijangan bening brambang kunci enak bingiiiitt... Apalagi lauknya So Good, yummii yummiiii...

    BalasHapus
  11. Daun kelor & nugget boleh juga nih dicoba. Kayaknya ada sensasi beda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Lintang, berkreasi dengan daun Kelor dan nugget.

      Hapus
  12. waaahhh nugget,aku malah lebih suka makan nugget mbak daripada sosis hihihi
    btw, jadi pengen nyoba masak sayur kelor.

    BalasHapus
  13. sayur daun kelor??? aku baru denger loh.. tp emang manfaatnya banyak bgt selain itu di aplikasikan dgn so good klop deh. dapet bgt y gizi ya

    BalasHapus
  14. So good emang alternatif prakris untuk pemenuhan protein ya mba. Btw daun kelor bentuknya mirip2 kayak daun katuk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun Kelor memang mirip dengan daun Katuk mbak.

      Hapus
  15. wah,, bagus buat busui dong mbak...ada daun kelornya

    BalasHapus
  16. daun kelor itu sayur andalan di daerah saya Mbaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama dong mbak. Di kampung saya juga mbak. Selain sayur bayam, sayur Kelor juga jadi andalan.

      Hapus