Wednesday, March 14, 2018

Naslorget So Good, Menu Gizi Seimbang untuk Orang Tersayang

Menu Gizi Seimbang
Pic by Farida Asadi
Proses Memasak

1. Pertama, kita harus menanak nasi terlebih dahulu. Sembari menunggu nasinya matang kita bisa melakukan proses selanjutnya.

2. Kedua, masak air sampai mendidih dan setelah mendidih masukkan sayur kelor yang sudah dipetik kecil dan dicuci. Tambahkan garam secukupnya dan tunggu sampai matang. Kalau sudah matang letakkan sayur daun kelor pada mangkok dan beri bawang goreng di atas sayur daun kelor tersebut.

3. Ketiga, kita buka dulu kemasan So Good nugget ayam yang kita ambil dari kulkas dan langsung goreng So Good nugget ayam tersebut ke minyak goreng panas dan tunggu sampai matang. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

4. Keempat, Jika nasi sudah matang langsung saja cetak nasi dengan mangkok kecil dan letakkan pada piring yang akan dipakai. Setelah itu dalam piring tersebut tambahkan sayur daun kelor dan So Good nugget ayam yang sudah digoreng tadi. Tata dan atur piring agar terlihat menarik. Setelah itu, NASLORGET SO GOOD siap untuk dihidangkan.

Itulah resep masakan sederhana yang saya buat untuk memenuhi menu makanan gizi seimbang keluarga saya. Lalu apa saja nih kandungan gizi yang terkandung dalam NASLORGET SO GOOD yang saya masak? Penasaran? Yuk mari disimak dulu tulisan di bawah ini,

1. Nasi Putih

Nasi putih memang menjadi makanan sehari-hari di kampung saya karena sebagian warga di kampung saya adalah petani padi. Bicara tentang padi, saya menjadi teringat dengan masa kecil saya yang sering diajak ibu untuk mencari padi di sawah milik tetangga yang sedang panen. Kalau di kampung saya biasanya disebut "Thethek". Mulai saat itu saya sadar bahwa mencari sepiring nasi itu tak mudah dan butuh perjuangan.

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang berguna untuk membuat kita bertenaga, memiliki energi dan kuat dalam menjalani hari. Mengapa saya memilih nasi putih? Karena nasi putih di kampung saya mudah didapat dan harganya lebih bersahabat dibandingkan nasi merah.

Maka dari itu sobat, jangan lupa konsumsi nasi putih agar kita kuat dan bertenaga untuk menjalani segala aktivitas ya. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat karena bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

2. Sayur Daun Kelor

Sebenarnya sayuran yang menjadi primadona di kampung saya adalah sayur Bayam. Namun, karena banjir yang sempat melanda beberapa waktu yang lalu akhirnya para warga di kampung saya gagal panen sayur Bayam dan kebun di belakang rumah saya pun tidak ditanami apa-apa karena efek cuaca dan banjir yang melanda.

Ketika ingin memasak sayur, saya jadi berfikir kalau tidak ada sayur Bayam, sayur daun Kelor pun jadi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari daun Kelor yang tumbuh dengan bebas pada pagar pembatas di kebun belakang rumah saya. Setelah mendapatkan satu ikat daun kelor sayapun langsung menuju ke rumah untuk memasak daun Kelor tersebut.

Kenapa saya memilih daun Kelor sebagai sayur yang akan saya konsumsi? Karena saya bisa mendapatkan sayur daun Kelor ini secara gratis sehingga saya lebih hemat uang belanja. Selain itu, daun Kelor juga mempunyai banyak gizi yang bermanfaat untuk kita.

Daun Kelor (Moringa oleifera) bagus untuk kesehatan mata dan bisa juga untuk memperbaiki fungsi ginjal. Menurut info yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, badan kesehatan dunia WHO juga menyarankan daun Kelor untuk dikonsumsi batita dan anak-anak pada masa pertumbuhan.

Sayur daun Kelor bisa dikonsumsi siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang lanjut usia. Daun Kelor mengandung 7 × Vitamin C lebih banyak dari buah Jeruk, 4 × Kalsium lebih banyak dari susu, 4 × Vitamin A lebih banyak dari Wortel, 2 × Protein lebih banyak dari susu, dan 3 × Potasium lebih banyak dari buah Pisang.

3. Buah Pisang

Buah Pisang adalah salah satu buah primadona di kampung saya karena hampir setiap warga memiliki pohon Pisang. Kebetulan kemarin ada tetangga yang sedang panen buah Pisang dan saya diberi buah Pisang tersebut.

Buah Pisang memang bisa dimakan oleh siapa saja tanpa pandang bagi bayi, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil bahkan sampai orang tua dan lansia. Buah Pisang mengandung beberapa gizi yang berguna untuk tubuh kita seperti Riboflavin, Mangan, Vitamin A, Vitamin B6, Niacin, Serat, Vitamin C, Kalium, Potasium, Folat & Magnesium.

4. Nugget Ayam So Good

Nugget ayam yang saya pilih adalah So Good Chicken Nugget Alphabet karena praktis dan sudah siap untuk dimasak. So Good Chicken Nugget Alphabet adalah nugget yang terbuat dari daging ayam dan dibalut dengan tepung roti yang renyah dan krispi.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu Piring Gizi Seimbang #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

No comments:

Post a Comment