Senin, Januari 08, 2018

Online Wedding - Vicantika || Biro Jodoh Yang Bikin Heboh

Edit Posted by with 9 comments

Sumber Foto : Screenshoot From Google Play Books

💕Identitas Buku💕

Judul Buku : Online Wedding

Penulis : Vicantika

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Tahun 2017

Jumlah Halaman : 269 Halaman

ISBN : 978-602-04-0051-8

Harga : Rp.54.800.

Rating : ♡♡♡♡

💕Sinopsis💕

Selamat datang di onlinewedding.com!

Sudah dikejar target menikah tetapi belum menemukan pasangan yang cocok?

Jangan khawatir, kami siap membantu anda untuk menemukan pasangan yang tepat.

Kami juga akan membantu anda dari perkenalan hingga prosesi pernikahan. Tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan onlinewedding.com dan temukan pengantinmu.

Kaynara adalah pemilik Wedding Organizer sekaligus biro jodoh di dunia maya bernama Online Wedding. Ironisnya, Nara adalah wanita lajang di usia 26 tahun. Ketika adiknya telah dilamar oleh kekasihnya, Nara mulai merasa tidak aman.

Tak lama kemudian dia mengenal Kanarya, pria tampan versi KW-nya Orlando Bloom yang mendaftar di biro jodohnya. Dan tiba-tiba orangtua Kanarya mengira Nara adalah pacarnya ketika mereka sedang makan siang bersama. Apakah ini pertanda baik atau buruk untuk Nara?

💕Kalimat Favorit💕

Aku percaya, hidup bahagia itu bukan hanya milik para Princess di Disney, tetapi milikku juga - Hal 184

Katanya, kamu akan sadar bahwa kamu benar-benar mencintai seseorang di saat dia telah pergi dari hidupmu - Hal 194

Kadang cinta memang harus egois - Hal 194

Apakah mencintai harus selalu satu paket dengan rasa sakit? Tidak bisakah aku mendapatkan cinta saja? - Hal 203


💕Review Buku💕

Kaynara Asheeva Risfandi itulah nama lengkapnya. Sedangkan nama panggilannya adalah Nara. Nara adalah perempuan yang berusia 26 tahun dan masih single. Nara adalah owner wedding organizer ternama di Jakarta sekaligus owner biro jodoh onlinewedding.com yang merupakan biro jodoh secara online.

Kesibukan Nara setiap hari adalah mengurus segala keperluan clientnya seperti memilih gedung untuk resepsi pernikahan hingga katering untuk resepsi pernikahan. Namun, Nara juga sibuk menjadi 'Mak Comblang' bagi para clientnya di onlinewedding.com yang merupakan biro jodoh online yang dirintis oleh Nara.

Namun, semua itu berbanding terbalik dengan kehidupan Nara yang datar dan tidak ada hal romantis seperti diajak dinner oleh pacar. Sampai saat ini, di saat umur Nara sudah 26 tahun. Nara belum pernah berpacaran ataupun menjalin hubungan dengan lelaki manapun. Padahal Nara ini cantik dan menarik, kariernya pun gemilang. Lantas apa yang membuat Nara masih menyandang status 'Single'?

Kanarya Arfando Auriga itulah nama lengkapnya. Sedangkan nama panggilannya adalah Arya. Arya adalah pria berusia 30 tahun yang merupakan Manajer R & D (Research & Development) PT Auriga Dairy Food. PT Auriga Dairy Food adalah perusahaan yang bergerak dalam industri pangan.

Di usianya yang sudah memasuki kepala tiga. Arya didesak untuk segera menikah agar hidup Arya makin tertata dan agar Arya tidak kesepian dan tidak hidup boros lagi. Arya adalah tipikal pria yang suka berbelanja barang mewah dan branded. Maka dari itu, orang tuanya khawatir kalau Arya akan menjadi pria yang konsumtif dan hidup boros. Tapi Arya belum ingin menikah karena saat ini status Arya masih single. Arya trauma dengan cinta dan perempuan. Sebab, dulu Arya pernah kecewa karena harus putus dengan pacar yang sangat dicintainya. Tapi apa jadinya jika orangtua Arya masih terus saja memaksa Arya untuk segera menikah?

Atas saran dari teman dekat sekaligus sahabat Arya, akhirnya Arya mendaftar di biro jodoh secara online yang bernama onlinewedding.com yang mana owner dari biro jodoh tersebut adalah seorang perempuan cantik yang bernama Nara. Arya berkesempatan untuk bertemu dengan Nara. Tanpa disengaja saat Arya dan Nara sedang makan siang bersama, tiba-tiba muncullah orang tua Arya dan mereka mengira kalau Arya dan Nara berpacaran. Lantas apa yang akan dilakukan Arya dan Nara? Apakah Arya dan Nara akan berpura-pura pacaran agar bisa membuat orang tua Arya bahagia? Ataukah Arya akan jujur kepada orang tuanya kalau Nara adalah bukan pacarnya?

Membaca novel Online Wedding karya kak Vicantika membuat aku tertawa ceria dengan tingkah Arya & Nara. Arya si laki-laki manja dan Nara si perempuan yang mandiri. Novel ini merupakan novel jebolan aplikasi Wattpad. Sebelum novel ini terbit dan dicetak, aku beberapa kali membaca part novel ini melalui aplikasi Wattpad.

Novel ini menurut aku adalah novel kekinian dan novel jaman now banget. Kekinian sekali karena yang dibahas adalah biro jodoh online. Kecanggihan teknologi ternyata manfaatnya banyak sekali tidak hanya untuk belanja online, transportasi online dan yang lainnya. Bisa dijadikan contoh untuk generasi millenial untuk menggunakan kecanggihan teknologi dengan melakukan hal positif yang bisa menghasilkan uang.

Sosok Nara di dalam novel ini bisa sekali dijadikan panutan para perempuan muda masa kini yaitu lebih memikirkan karir terlebih dahulu dan memikirkan kisah cinta kemudian. Kegigihan Nara dalam menjalankan bisnis wedding organizer dan biro jodoh online bisa dijadikan contoh atau panutan.


Tokoh favorit aku di dalam cerita novel ini adalah Nara. Kenapa aku memilih Nara? Karena Nara itu sosok perempuan yang tegar dan kuat serta mandiri karena bisa mempertahankan usaha wedding organizer dan biro jodoh online di era jaman sekarang ini. Sedangkan tokoh yang tidak begitu aku suka adalah Arya. Kenapa aku tidak menyukai tokoh Arya di dalam cerita novel ini? Karena oh karena, si Arya itu bukan tipe pria idaman. Arya itu manja dan suka menghambur-hamburkan uang hanya untuk hal yang tidak penting seperti berbelanja barang-barang mahal & branded. Yang menarik adalah nama lengkap Nara & Arya hampir sama. Kata orang, kalau namanya mirip atau hampir sama itu katanya JODOH. Benarkah pendapat itu? Ataukah hanya opini saja?

Novel yang berjudul Online Wedding karya kak Vicantika ini cocok sekali antara judul dan jalan ceritanya. Cover novelnya pun menarik dengan gambar laptop dan background yang berwarna pink muda. Novel ini masuk lini Le Marriage karena yang banyak dibahas adalah kehidupan lika-liku menuju pernikahan. Jadi, aku merekomendasikan novel ini untuk dibaca para dewasa muda agar hanyut dalam kisah Nara & Arya. Walaupun masuk lini Le Marriage, novel ini tidak mengandung kata-kata yang terlalu dewasa atau kata-kata yang tidak pantas.

Kelebihan dari novel ini terletak pada POV yang digunakan yaitu POV Nara dan POV Arya. Keduanya sama kuatnya dalam menguatkan jalan cerita. Kekurangannya adalah pilihan kata di dalam novel ini kurang greget jadi aku kurang suka. Dan untuk penulis novel ini yaitu kak Vicantika, semoga akan tetap terus berkarya untuk menulis novel-novel romance lainnya yang lebih asik lagi untuk dibaca oleh para pembaca dimanapun pembaca berada.


💕Unsur Intrinsik💕

1. Tema : Biro Jodoh

2. Tokoh & Karakter :

a. Kanarya Arfando Auriga : Manja, Boros, Plin-Plan

b. Kaynara Asheeva Risfandi : Mandiri, Bertanggungjawab, Pekerja Keras, Penyayang

3. Alur Cerita : Maju

4. Latar :

a. Latar Tempat : Jakarta, Bogor, Jogjakarta, Berlin

b. Latar Waktu : Pagi Hari, Siang Hari, Sore Hari, Malam Hari

c. Latar Suasana : Gembira, Bahagia, Sengsara, Rindu, Cemburu

5. Bahasa : Indonesia & Inggris

6. Amanat : Sebagai seorang perempuan alangkah baiknya kita memikirkan pendidikan dan karier kita dulu baru kemudian memikirkan cinta dan pernikahan

💕Unsur Intrinsik💕

a. Nilai Pendidikan : Kita bisa mencontoh Nara yang tetap menempuh kuliah di luar negeri walaupun harus jeda sejenak meninggalkan karier dan keluarganya di Jakarta.

b. Nilai Sosial : Kita bisa mencontoh Nara yang selalu bersikap baik dan ramah kepada seluruh karyawannya.

💕Komentar💕

a. Kelebihan : Penyampaian cerita menarik karena menggunakan POV sehingga kita seperti sedang mendengarkan seseorang yang sedang bercerita tentang kehidupan asmaranya.

b. Kekurangan : Pilihan kata di dalam novel ini kurang begitu greget sehingga aku sebagai pembaca kurang begitu puas setelah selesai membaca novel ini.

9 komentar:

  1. Hohoho.. Unik jg ide ceritanya.
    Btw, nama kita mirip. Apakah kita berjodoh?😂

    BalasHapus
  2. Haiii. Terima kasih untuk reviewnya ya :)

    BalasHapus
  3. Nara sama Arya namanya miriip. Aku jadi penasaran ma ceritanya, idenya unik dan segarr. Malah bayangin kalo cerita ini dikomikkin hihii..

    BalasHapus
  4. Mulutku blibet, mbak, mengeja nama kedua tokoh. Wkwkwk. Ini kalau yang nggak bisa nyebut R, kasihan.

    BalasHapus
  5. aduuh novel romance :D bikin inget masa muda aja. #eaaeaa. Kalau baca sambil senyum2 sendiri dan penasaran. hihihi

    BalasHapus