Minggu, Januari 07, 2018

[Book Review] : Look At Me Please - Sofi Meloni

Edit Posted by with 2 comments
Pic by Farida Asadi

💕Identitas Buku💕

Judul Buku : Look At Me Please

Penulis : Sofi Meloni

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama,Tahun 2016

Jumlah Halaman : 295 Halaman

ISBN : 978-602-02-8629-7

Harga : Rp.59.800.

Rating : ♡♡♡♡

💕Sinopsis💕

Mencintai berarti merelakan orang yang kita cintai bahagia bersama orang lain?

Omong kosong!

Cinta itu tidak melulu soal merelakan namun juga soal perjuangan.

Bodoh namanya jika aku merelakan kamu yang jelas-jelas pernah mencintaiku demi wanita yang diam-diam sudah menusukku dari belakang.

Delapan tahun aku hidup dalam sebuah kebohongan yang mengatasnamakan persahabatan.

Aku bukan malaikat.

Aku juga bukan orang suci yang bisa pasrah dan menerima begitu saja apa yang telah terjadi sebelumnya.

Kini tiba saatnya untuk aku memperjuangkan kembali kelanjutan cerita di antara kita. Kamu harus sadar bahwa aku juga ada di sini, menunggumu menyadari bahwa ada akhir bahagia untuk cerita kita.

We can have our happy ending so look at me, please. Laras

💕Kalimat Favorit💕

Kita tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah menjalani semuanya seperti sebelumnya - Hal 21

Tidak ada orang bahagia dengan menghancurkan kebahagiaan orang lain - Hal 89

Terkadang kita terlalu larut dengan masalah kita sendiri sampai lupa bahwa masih banyak masalah besar yang dialami orang lain - Hal 161

Pengalaman mengajarkanku bahwa masa lalu sebaiknya tidak lebih dari kenangan dan juga pelajaran - Hal 264

Sedalam apa pun hubungan persahabatan,kebohongan tidak pernah dapat menjadi sebuah pilihan - Hal 280

Masa lalu memang sepatutnya tidak lebih dari pengalaman dan kenangan. Yang pasti,pengalaman mengajarkanku untuk menikmati apa yang ada dengan terus berpandangan ke depan - 295


💕Review Buku💕

Laras adalah seorang anak yatim piatu sejak masih duduk di bangku SMP. Untunglah ada keluarga yang berbaik hati yang mau mengasuh,merawat dan menyekolahkannya. Di keluarga baru tersebut akhirnya Laras bersahabat dengan Lily. Lily dan Laras selalu saja terlihat akur dan jarang bertengkar. Jika Lily cantik,anggun,kaya dan mempesona. Maka berbeda dengan Laras yang tomboi,cerdas dan selalu menarik. Jika Lily selalu bermimpi ingin mempunyai kekasih yang baik dan romantis maka Laras selalu mengedepankan sekolah dan kariernya di masa depan.

Ada salah satu teman cowok Laras yang bernama Gerry. Gerry menyukai Laras dan Laras juga menyukai Gerry. Namun ada Lily yang juga menyukai Gerry dan Lily pulalah yang menghalangi Gerry saat menyatakan perasaan suka Gerry kepada Laras. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah Lily tetap hidup bahagia dengan cinta dari Gerry? Lalu bagaimana dengan Laras? Unhtuk lebih lanjutnya silahkan baca novel yang berjudul Look At Me Please karya kak Sofi Meloni ini.

Remy Dwi Angkasa adalah rekan kerja Laras di kantor. Remy begitulah panggilan akrabnya. Remy dikenal sebagai playboy di kalangan para wanita di kantor tersebut. Lalu apa jadinya jika Remy tertarik pada Laras namun Remy tidak pernah mengatakan kalau Remy mencintai Laras. Masa lalu Remy yang ditinggalkan oleh mantan tunangannya membuat Remy sadar bahwa hidup Remy harus tetap berjalan terus ke depan. Laras adalah seseorang yang kembali menarik hati Remy yang telah patah karena mantan tunangannya tersebut. Lalu apa jadinya jika Laras hanya menganggap Remy hanya sebagai rekan kerja? Selain itu,usaha Remy untuk mendapatkan cinta dari Laras terhalang karena seorang pria dari kehidupan Laras yaitu Gerry. Sanggupkah Remy memenangkan hati Laras agar Remy & Laras bisa bahagia selamanya tanpa memikirkan masa lalu mereka masing-masing?

Look At Me Please adalah novel kedua karya kak Sofi Meloni yang saya baca setelah sebelumnya saya membaca novel Stay With Me Tonight yang juga merupakan novel karya kak Sofi Meloni. Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama sehingga saya sebagai pembaca seperti sedang membaca buku harian seseorang atau sedang mendengarkan seorang teman yang bercerita tentang kehidupan asmaranya.

Judul dari novel ini juga menarik sehingga saya sebagai pembaca merasa penasaran setelah mengetahui judulnya. Judul novel ini juga cocok atau sesuai dengan jalan ceritanya. Cover novel ini juga menarik dan yang suka membaca novel dengan latar tempat kota-kota besar maka cocok dan sesuai apabila membaca novel ini karena novel ini latar tempatnya di Jakarta,Bogor dan Bali.

Novel ini mengingatkan saya akan jalan cerita novel Stay With Me Tonight karena di dalam novel ini ada juga bagian yang menyebutkan salah satu tokoh utama di novel Stay With Me Tonight. Bagian yang kurang saya suka dari novel ini adalah terlalu sedikit bagian cerita yang membahas Remy. Padahal Remy adalah tokoh yang lumayan baik walaupun playboy. Bagian yang paling banyak dibahas atau diceritakan di dalam novel ini adalah kisah cinta segitiga antara Lily,Laras dan Gerryl. Lalu siapakah tokoh favorit saya di dalam novel ini?Tentu saja tokoh favorit saya adalah Remy dan Laras. Remy dengan segala tingkah usilnya yang menyenangkan walau terkadang menyebalkan. Laras dengan segala sikap percaya dirinya yang tangguh menghadapi kerasnya kehidupan.

Saya suka sekali ketika kak Sofi Meloni memberikan karakter Remy yang usil dengan kondisi apartemen yang amburadul seperti kapal pecah. Novel ini juga merupakan novel jebolan dari aplikasi Wattpad. Saya menyarankan kalian  yang suka novel lokal bergenre romance untuk membaca novel ini agar kita sama-sama hanyut dalam jalan cerita dan tentunya kita juga harus bisa move on dan melupakan masa lalu. Ada banyak amanat dan pelajaran yang ingin penulis sampaikan di dalam novel ini seperti kita harus tetap move on dan melupakan masa lalu ya walau kita tahu move on tidak semudah itu namun apabila kita mau berusaha maka kita pun bisa melakukannya.

Novel ini jalan ceritanya seperti kehidupan sehari-hari dan novel ini juga membuat saya sadar bahwasanya apabila kita ingin move on dari seseorang yang kita cintai tapi seseorang tersebut sudah tidak mencintai kita lagi maka cara terampuhnya adalah jatuh cinta lagi dengan orang lain yang mencintai kita dan mulai belajar menerima seseorang yang mencintai kita tersebut. Karena hidup adalah perjuangan maka berjuanglah untuk meraih cinta dan bahagia.

Menurut saya tema dari novel ini menarik karena tema-nya adalah cinta segitiga dengan tokoh Laras yang penyayang, tangguh, gigih, cerdas, percaya diri, dan kadang menjadi pembohong. Lalu ada Lily yang lemah lembut, penyayang, dan kadang juga menjadi pembohong sama seperti Laras. Ada juga Gery yang tidak tegas dan plinplan. Tidak ketinggalan pula ada Remy yang penyayang, usil, pekerja keras, dan suka menolong.

Nilai pendidikan yang bisa kita contoh setelah membaca novel ini yaitu kita bisa mencontoh sikap Laras saat SMA yang tidak mementingkan pacaran karena lebih fokus pada pelajaran dan ingin karier di masa depan cemerlang. Sedangkan nilai sosial dari novel ini yaitu kita bisa mencontoh sikap Meri,Lily,Gerry & Remy yang selalu menolong Laras saat Laras tertimpa musibah atau kesusahan.

2 komentar: